Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istighfar Setelah Sholat, Umat Muslim Wajib Baca Jika Melakukan Ini

Istighfar Setelah Sholat

Islamtwins.com - Membaca Istighfar setelah sholat merupakan perihal yang biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW semasa hidupnya.

Rasulullah selaku manusia yang mempunyai akhlak terpuji memberikan contoh pada semua umatnya buat memperbanyak beristighfar. Lebih - lebih beristighfar setelah menunaikan sholat.

Istighfar setelah sholat mempunyai keistimewaan yakni pahala yang amat besar, sebagaimana hadits mengenai istighfar setelah sholat dari Ibnu Hibban berikut ini:

Dari Jubair bin Nufair, bahwa Abdullah bin Umar melihat seorang pemuda sedang sholat  dengan lamanya dan berlebih-lebihan, maka dia bertanya, “Siapakah yang kenal dengan orang ini?" Seorang laki-laki berkata, “Aku." Abdullah bin Umar pun berkata, “Seandainya aku mengenalnya, tentu kusuruh dia memperlama ruku dan sujudnya, karena aku mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya seorang hamba apabila berdiri sholat, dosa-dosanya didatangkan lalu diletakkan di atas kepalanya atau bahunya. Setiap kali dia ruku atau sujud, dosa-dosanya berjatuhan (hilang) darinya.”

Baca Juga Istighfar Agar Dagangan Laris, Umat Muslim Wajib Tahu

Beristighfar setelah sholat yang diulang sebanyak 3 kali pula mempunyai keutamannya sendiri. Ada pula ajaran membaca istighfar setelah sholat dituturkan, Tsauban RA berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَإِذَا انْصَرَفَ مِنْ صَلَاتِهِ اسْتَغْفَرَ ثَلَاثًا وَقَالَ اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

“Apabila Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam selesai shalat (sesudah salam) beliau beristighfar tiga kali, dan berdoa: Allaahumma Antas Salaam wa minkas Salaam Tabaarakta Dzaljalaali wal ikraam (Ya Allah Engkau Maha Penyelamat dari Engkaulah keselamatan Engnkau Maha Baik wahai Dzat yang Agung dan Mulia).” (HR. Muslim)

Bacaan Istighfar Setelah Sholat

Istighfar Setelah Sholat

Istighfar artinya memohon ampunan. Seseorang yang istighfar artinya beliau tengah berharap ampun pada Allah Subhanahu Wa Ta’ ala atas kesalahan yang sudah diperbuatnya. Begitu juga kata Al- Auza’ I kalau kalimat istighfar berisi ucapan“ Astaghfirullah” artinya“ Aku memohon ampun kepada Allah.” Selanjutnya bacaan istighfar setelah sholat arab, latin serta artinya

Istighfar singkat:

أَسْتَغْفِرُ الله

Astaghfirullah

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah."

Istighfar penghapus dosa:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لاَ إِلهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَ أَتُوبُ إِلَيْه

Astaghfirullahal'adzim, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih.

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Maha hidup lagi Maha Berdiri Sendiri. Dan aku bertaubat kepada-Nya."

Alasan Membaca Istighfar Setelah Sholat

Kenapa kita dianjurkan buat membaca istighfar setelah shalat? Sebab dalam ibadah shalat yang kita jalani ini amat rentan dengan kekurangan. Oleh sebab itu kita membaca istighfar buat memohon ampun atas seluruh kekurangan yang kita jalani kala shalat.

Dalam sholat, idealnya sholat dilakukan secara khusyu alhasil muncul rasa tengah menghadap beribadah kepada Allah. kadang kala ketika melangsungkan sholat, terdapat bagian - bagian dari gerakan ataupun bacaan sholat yang tidak tersambung dengan Allah SWT.

Sehingga kala akan melengkapi bagian - bagian yang tidak tersambung itu kita perlu memohon ampunan pada Allah SWT yakni dengan membaca istighfar setelah sholat.

Dzikir dalam bentuk istighfar selepas sholat mempunyai hikmah buat menutupi keluputan serta kekurangan yang kita jalani dalam sholat. Semacam bacaan surah yang kurang, gerakan sholat yang bisa jadi belum sempurna, tu’maninah yang terabaikan ataupun terlebih lagi hati yang tidak khusyu.

Rasanya bakal merugi apabila sholat yang dilakukan masih jauh dari yang seharusnya, sebab itu penting sekali sehabis sholat buat basahi lisan dengan istighfar.

Demikian pembacahan mengenai bacaan istighfar setelah sholat yang dapat islamtwins.com sampaikan. Semoga bermanfaat.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Istighfar Setelah Sholat, Umat Muslim Wajib Baca Jika Melakukan Ini"