Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istighfar Agar Dagangan Laris, Umat Muslim Wajib Tahu

Istighfar Agar Dagangan Laris

Bacaan istighfar agar dagangan laris, perlu dibaca tiap muslim yang tengah menjalankan usaha dagangnya.

Tidak hanya buat memohon ampunan pada Allah SWT, membaca istighfar pula bisa membuat hati serta pikiran seseorang jadi lebih damai, tak lain disaat berdagang.

Mengutip dari NU Online, membaca istighfar merupakan amalan baik yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Perihal ini selaku wujud permohonan yang ditujukan pada Allah SWT supaya tetap diberi kemaslahatan, perlindungan, serta kelancaran rezeki.

Tidak hanya membaca istighfar agar dagangan laris banyak pembeli, berdoa pula jadi salah satu usaha yang dapat dilakukan. Perihal ini dikarenakan Allah SWT ialah Sang Maha Pemberi Rezeki. Allah SWT berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Wa qāla rabbukumud'ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna 'an 'ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina". ( QS. Al Mukmin: 60 )

Baca Juga Doa Agar Dagangan Laris dan Berkah Sesuai Sunnah Rasul

Rasulullah SAW sendiri menyarankan supaya pemeluk muslim berbisnis dengan cara yang jujur. Tidak hanya itu, pedagang wajib membuat konsumen ataupun pelanggan bisa merasa puas. Perihal ini sebagaimana yang sudah dituturkan dalam salah satu hadits, yang artinya:

" Berdaganglah kamu dengan jujur serta amanat, tentu orang - orang yang jujur serta orang - orang yang mati syahid hendak bersama dengan Nabi" ( HR. Al Hakim dan Tirmidzi ).

Istighfar ialah salah satu upaya buat melapangkan seluruh bentuk kesulitan serta mendatangkan rezeki yang banyak.

Rasullah SAW bersabda:” Barang siapa memperbanyak istigfar, tentu Allah memberikan jalan keluar untuk tiap kesedihannya, kelapanagan buat tiap kesempitannya. Serta rezeki dari arah yang tidak disangka - sangka.” ( HR. Ahmad dan Al Hakim ).

Baca Juga Istighfar Setelah Sholat, Umat Muslim Wajib Baca Jika Melakukan Ini

Bahwasanya membaca istighfar agar dagangan laris banyak pembeli mampu membuka segala pintu rezeki serta memberikan keberkahan. Allah SWT berfirman dalam Al Quran surah Nuh ayat 10 - 12:

(10) فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

fa qultustagfirụ rabbakum innahụ kāna gaffārā

(11) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا

yursilis-samā`a 'alaikum midrārā

(12) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

wa yumdidkum bi`amwāliw wa banīna wa yaj'al lakum jannātiw wa yaj'al lakum an-hārā

Artinya: maka aku berkata (kepada mereka), "Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu."

Supaya dagangan bisa lancar serta berkah, terdapat becaan istighfar agar dagangan laris serta doa penglaris dagangan yang patut diamalkan para pedagang Muslim. Selanjutnya beberapa doa serta istighfar penglaris dagangan yang dikutip dari berbagai sumber:

Bacaan Istighfar Agar Dagangan Laris

Istighfar Agar Dagangan Laris

Dalam berbisnis, pasti tidak cuma semata - mata mencari keuntungan saja. Kita selaku mukmin pula wajib bersikap jujur dalam menjual suatu barang. Kejujuran ialah kunci penting dalam berbisnis. Perihal itu supaya konsumen dapat meyakini secara penuh pada barang yang akan dibelinya.

Sehingga itu, kala akan berbisnis hendaknya membaca istighfar agar dagangan laris. Selanjutnya ini bacaan istighfar: 

Istighfar singkat:

أَسْتَغْفِرُ الله

Astaghfirullah

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah."

Istighfar penghapus dosa:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لاَ إِلهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَ أَتُوبُ إِلَيْه

Astaghfirullahal'adzim, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih.

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Mahahidup lagi Maha Berdiri Sendiri. Dan aku bertaubat kepada-Nya."

Tata Cara Istighfar agar Dagangan Laris

Setiap hari, pastikan Kamu baca istighfar sebanyak 1000 kali. Entah itu Kamu baca sehabis solat wajib, masing masing 200 kali tiap solat. Ataupun langsung dibaca 1000 kali sehabis solat subuh.

Niatkan supaya Kamu menemukan keberkahan kala bedagang, kala mencari rezeki yang halal berkah. Kala Kamu akan berangkat berjualan, dapat baca doa selanjutnya sebanyak 11 kali:

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan

Artinya: Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya.” (HR. Ibnu As Sunni dalam ‘Amal Al-Yaum wa Al-Lailah no. 46, An-Nasa’i dalam Al-Kubra 381: 570, Al-Bazzar dalam musnadnya 4/ 25/ 3107, Al-Hakim 1: 545. Sanad hadits ini hasan sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah no. 227).

Ketika sudah sampai di tempat usahamu, baca lagi doa itu sebanyak 3 kali. Kemudian tiupkan ke barang dagangan Kamu. Niatkan supaya jualan hari ini laris manis, banyak diserbu pembeli.

Insya Allah bila senantiasa Kamu amalkan istighfar agar dagangan laris banyak pembeli, sehingga hendak mendatangkan keberkahan pada dagangan ataupun jualan Kamu. Membawa kesuksesan serta pelarisan halal dan berkah.

Demikian pembahasan kami mengenai istighfar agar dagangan laris banyak pembeli, Mudah - mudahan usaha kita mendapat berkah serta rahmat yang berlimpah, aamiin.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Istighfar Agar Dagangan Laris, Umat Muslim Wajib Tahu"