Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Alam Taro Arab Latin dan Artinya, Penggalan Surat Al Fil Ayat 1

Surat Alam Taro Arab

Islamtwins.com - Surat alam taro kaifa merupakan bagian dari Surat Al Fil ayat 1. Surat Al Fiil sendiri ialah surat ke-105 di dalam Alquran yang terdiri dari 5 ayat serta termasuk ke dalam jenis surat Makkiyah sebab turun di Kota Mekah.

Arti alam taro Kaifa dalam surat Al Fil ialah "Tidakkah engkau ( Muhammad ) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?". Surat Al Fil ialah surat yang menggambarkan tentang kekalahan dari Abrahah serta gerombolan gajahnya dalam upaya buat menghancurkan Ka’ bah.

Abrahah sendiri ialah gubernur dari Yaman yang gagal merebut Ka’bah di Mekah pada tahun 570 Masehi. Pada postingan ini hendak mangulas mengenai arti dari bacaan alam taro kaifa fa’ ala robbuka bi ashabil fil yang terdapat di dalam surat Al Fil. Selanjutnya bacaan dari surat alam taro kaifa yang merupakan bagian ayat 1 dari surat Al Fil.

Surat Al Fil Ayat 1- 5

Surat Alam Taro

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحٰبِ الْفِيْلِ ١

Alam taro kaifa fa’ala robbuka bi-ashhaabil fiil

1. Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu sudah bertindak kepada pasukan bergajah?


أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِى تَضْلِيْلٍ ٢

Alam yaj’al kaidahum fii tadhliil

2. Bukankah Dia sudah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?


وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيْلَ ٣

Wa arsala ‘alaihim thoiron abaabiil

3. Dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yg berbondong-bondong


تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍ ٤

Tarmiihim bihijaarotim min sijjiil

4. Yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yg dibakar


فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ٥

Faja’alahum ka’ashfim ma’kuul

5. Sehingga mereka dijadikan-Nya semacam daun-daun yg dimakan (ulat).


Sehabis membaca 5 ayat surat Al- Fil di atas maka bisa didapat kesimpulan kalau surat itu menarangkan tentang salah satu insiden besar dalam asal usul umat Islam ialah penyerangan yang dicoba oleh Raja Abrahah terhadap Kabah yang terletak di Kota Mekah.

Namun karena Kabah ialah kiblatnya pemeluk Islam sehingga Allah SWT tidak membiarkan perihal itu terjadi dengan mengirimkan burung - burung yang membawa batu kecil dari neraka serta setelah itu dilemparkannya ke gerombolan gajah Raja Abrahah, alhasil Raja Abrahah serta tentaranya terbunuh dengan sangat memprihatinkan.

Khasiat Membaca Surat Alam Taro ( Surat Al Fil Ayat 1 )

Salah satu khasiat membaca surat a lam tara kaifa fa’ ala rabbuka bi`aṣ-ḥābil- fīl ialah supaya orang yang memperoleh fitnah terbebas dari sanksi. Di dalam surat yang mulia ini mempunyai kandungan penampakan kekuasaan Allah dalam melindungi Baitullah, selaku wujud peringatan serta karunia. Selanjutnya Khasiat membaca surat alam taro yang merupakan bacaan dari surat al fil.

1. Orang yang membacanya hendak dibangkitkan di hari akhir zaman di atas kendaraan surga serta didudukkan di atas tempat duduk dari cahaya.

Abi Abdullah berkata,“ Barangsiapa yang bacaan paling banyaknya adalah Surat Al- Fil, maka Allah hendak membangkitkannya di hari akhir zaman di atas kendaraan dari kendaraan surga, sampai beliau duduk di atas tempat duduknya dari cahaya di hari akhir zaman.”( Tsawabul A’ mal: 165)

2. Memeroleh pahala semacam orang yang tawaf di Ka’bah dan itikaf di Masjidil Haram. Nabi Muhammad Saw. bersabda,“ Barangsiapa yang membaca surat ini( Surat Al- Fil), maka Allah memberikan karunia pahala semacam orang yang mengitari Ka’ bah( tawaf) serta itikaf di Masjidil- Haram. Dan bila dibacakan di atas makanan yang ditakuti, maka ia dapat jadi obat di dalamnya, sedangkan orang yang menyantapnya tidak akan tersakati selamanya.”( Tafsirul Burhan, Juz 8: 392)

3. Bila dibaca di dalam pertempuran, Insya Allah musuh hendak lari dengan sendirinya sebab dibayang- bayangi oleh perasaan khawatir yang mencekam. Lebih utama apabila pemimpin gerombolan tempur bersama - sama anak buahnya membaca surah ini.

4. Bila dibaca 20x selama 7 hari hendak disampaikan hajat yang pelik serta ganjil.

5. Bila dibaca 1. 000 kali selama 40 hari hendak dimurahkan rezeki serta disampaikan hajat.

Demikian ulasan mengenai apa arti alam taro kaifa fa’ ala robbuka bi ashabil fiil yang ada di dalam surat Al Fil yang dapat fakhri sampaikan. Mudah - mudahan bermanfaat. 

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Surat Alam Taro Arab Latin dan Artinya, Penggalan Surat Al Fil Ayat 1"