Makna Al Malik Artinya Yang Maha Merajai dalam Asmaul Husna

Al Malik Artinya

Al Malik artinya adalah Yang Maha Merajai. Maknanya ialah Allah SWT mempunyai sifat pemimpin yang memiliki kewenangan paling tinggi buat mengatur segala suatu baik yang terdapat di bumi maupun di langit.

Tidak hanya itu, nama Al Malik artinya Allah maha Menguasai yang menunjukkan kalau tidak ada yang lebih tinggi lagi dari Allah SWT selaku Tuhan yang Maha Esa.

Al Malik pula berarti tidak dikecam atas seluruh perbuatan serta kebijaksanaan Nya. Perihal ini tertuang dalam firmannya pada QS. Ali‘ Imran 3: Ayat 189, QS. Al Baqarah 2: Ayat 284 serta QS Al Hasyr ayat 23 selaku selanjutnya.

QS. Ali‘ Imran 3: Ayat 189

وَلِلّٰهِ مُلۡكُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ؕ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ قَدِيۡرٌ

Wa lillaahi mulkus samaawaati wal ard; wallaahu 'alaa kulli shai'in Qadiir

Dan milik Allah-lah kerajaan langit dan bumi; dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

QS. Al Baqarah 2: Ayat 284

لِّلَّهِ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ وَإِن تُبْدُوا۟ مَا فِىٓ أَنفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوهُ يُحَاسِبْكُم بِهِ ٱللَّهُ ۖ فَيَغْفِرُ لِمَن يَشَآءُ وَيُعَذِّبُ مَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Lillāhi mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, wa in tubdụ mā fī anfusikum au tukhfụhu yuḥāsibkum bihillāh, fa yagfiru limay yasyā`u wa yu'ażżibu may yasyā`, wallāhu 'alā kulli syai`ing qadīr

Artinya: Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikan, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehendaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

QS Al Hasyr ayat 23

هُوَ ٱللَّهُ ٱلَّذِى لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْمَلِكُ ٱلْقُدُّوسُ ٱلسَّلَٰمُ ٱلْمُؤْمِنُ ٱلْمُهَيْمِنُ ٱلْعَزِيزُ ٱلْجَبَّارُ ٱلْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَٰنَ ٱللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Huwallāhullażī lā ilāha illā huw, al-malikul-quddụsus-salāmul-mu`minul-muhaiminul-'azīzul-jabbārul-mutakabbir, sub-ḥānallāhi 'ammā yusyrikụn

Artinya: Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Al Malik Artinya Yang Maha Merajai atau Menguasai

Al Malik Artinya

Memahami Al-Malik artinya Allah Maha Kuasa atas segala suatu dalam Asmaul Husna. Al Malik artinya Yang Maha Kuasa. Al Malik artinya sifat pemimpin yang memiliki kewenangan ataupun otoritas paling tinggi buat mengatur segala suatu.

 meyakini dan berzikir asmaul husna Al Malik artinya menjadikan Allah SWT selaku satu- satunya yang dapat memastikan siapa saja yang berkuasa menerima kuasa, rahmat yang mutlak serta menegaskan kalau Allah SWT harus ditaati sebab kuasanya.

Sehingga Al Malik adalah sifat Allah SWT selaku pemimpin yang memiliki kewenangan ataupun kekuasaan paling tinggi buat mengatur segala suatu dan tidak ada yang bisa mengalahkan Allah SWT serta cuma Ia yang mempunyai segalanya.

Tulisan Al Malik Arab, Latin serta Artinya

المَلِكُ

Al-Malik

( yang menguasai dan merajai )

Contoh Al Malik dalam kehidupan sehari hari

Allah SWT ialah pencipta alam semesta bersama semua isinya. Seluruh yang terdapat di bumi ini ialah ciptaan Allah SWT termasuk manusia, binatang, tanaman, serta lain sejenisnya. Di antara makhluk ciptaan Allah SWT, manusia ialah ciptaan Allah SWT yang sangat sempurna sebab dikasihkan akal, pikiran, cipta, rasa, serta karsa yang berlainan dengan ciptaan Allah SWT yang lainnya.

Oleh sebab itu, kita wajib senantiasa beriman pada Allah SWT. Selanjutnya contoh Al Malik dalam kehidupan sehari hari selaku salah satu Asmaul Husna ialah selaku berikutnya:

  • Menjadi seorang atasan yang berwibawa serta bijak.
  • Senantiasa berbuat baik serta tidak semena- mena kepada rekan kerja serta anak buah kita.
  • Memimpin dengan baik serta benar sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian pembahasan mengenai makna Al Malik artinya Yang Maha Merajai serta contoh al malik dalam kehidupan sehari hari yang dapat islamtwins.com berikan. Semoga bermanfaat.

wallahu a'lam bishawab

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url