Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Al Quddus Artinya Yang Maha Suci Serta Dalilnya di dalam Al Quran

Al Quddus Artinya

Al Quddus artinya Yang Maha Suci. Al Quddus artinya sifat Allah SWT bebas dari ketidaksempurnaan, tidak mempunyai kekurangan, serta tidak terdapat kejahatan dari Nya.

Diambil dari buku Rahasia Keajaiban Asmaul Husna, secara bahasa arab (الْقُدُّوسُ) Al Quddus artinya Mahasuci, murni, serta penuh keberkahan. Yakni, Allah Mahasuci dari seluruh sesuatu yang bersifat kurang serta cacat.

Al Quddus Asmaul Husna yang ke empat ini mempunyai arti kesempurnaan serta terpuji dengan seluruh kebaikan serta keistimewaan. Penafsiran ini dituturkan lewat firman Nya dalam QS. Al Hasyr ayat 23.

هُوَ ٱللَّهُ ٱلَّذِى لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْمَلِكُ ٱلْقُدُّوسُ ٱلسَّلَٰمُ ٱلْمُؤْمِنُ ٱلْمُهَيْمِنُ ٱلْعَزِيزُ ٱلْجَبَّارُ ٱلْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَٰنَ ٱللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Huwallāhullażī lā ilāha illā huw, al-malikul-quddụsus-salāmul-mu`minul-muhaiminul-'azīzul-jabbārul-mutakabbir, sub-ḥānallāhi 'ammā yusyrikụn

Artinya: Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Al Quddus Artinya Allah Maha Suci

Al Quddus ialah salah satu dari 99 nama - nama baik serta indah kepunyaan Allah SWT dalam Asmaul Husna. Asmaul husna Al-Quddus berasal dari pokok kata q - d - s dalam bahasa Arab klasik yang berarti: yang suci, bersih, tanpa noda yang jauh dari seluruh wujud kotoran ataupun ketidaksempurnaan menjadi suci, keramat, sakral.

Kesucian Allah SWT dijelaskan dalam firmannya pada QS. Al Jumuah ayat 1 selaku selanjutnya:

يُسَبِّحُ لِلَّهِ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ٱلْمَلِكِ ٱلْقُدُّوسِ ٱلْعَزِيزِ ٱلْحَكِيمِ

Yusabbiḥu lillāhi mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍil-malikil-quddụsil-'azīzil-ḥakīm

Artinya: Senantiasa bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Lalu bagaimana tulisan arab al quddus? berikut tulisan al quddus dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya

Tulisan al Quddus Arab, Latin dan Terjemahan

Al Quddus Artinya

الْقُدُّوسُ

al quddus

Yang Maha Suci

Khasiat Membaca Ya Quddus

Khasiat dari berzikir dengan asmaul husna Al Quddus artinya Maha Suci, dapat melepaskan manusia dari pikiran yang sulit, takut, serta penuh derita. Misalnya semacam iri, dengki, sombong, serakah, serta sifat - sifat terburuk yang lain.

Dalam buku bertajuk 99 Langkah Menuju Berkah oleh Febriana Arisha, ditegaskan asmaul husna Al Quddus artinya Yang Maha Suci dapat dijadikan selaku wirid buat mengobati penyakit. Di antara lain cemburu, benci, sombong, serakah, serta bermacam sifat jelek yang lain yang dikarenakan oleh bujukan setan.

Beberapa opini menyatakan, membaca ya Quddus sebanyak 100 kali sehari hendak membebaskan hati dari seluruh pikiran serta perhatian yang menimbulkan kecemasan, kegelisahan, serta penderitaan.

Demikian pembahasan mengenai Al Quddus artinya Yang Maha Suci serta dalilnya di dalam Al Quran yang dapat islamtwins.com sampaikan. Semoga bermanfaat.

Wallahu alam. 

Posting Komentar untuk "Al Quddus Artinya Yang Maha Suci Serta Dalilnya di dalam Al Quran"