Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna As Salam Artinya Allah Maha Memberi Kesejahteraan dalam Asmaul Husna

As Salam Artinya

Islamtwins.com - As Salam artinya allah Maha Memberi Kesejahteraan. As Salam ialah bagian dari 99 panggilan Allah yang baik ataupun Asmaul Husna.

Selaku pemeluk yang beriman, sudah seharusnya kita memahami panggilan serta sifat Allah, salah satunya yakni As Salam. Menyebut Allah selaku As-Salam artinya selaku bentuk pengagungan serta pujian untuk Tuhan Semesta Alam ini.

As Salam pula bisa diartikan selaku Maha Pemberi Keselamatan untuk makhluk Nya, begitu juga yang diambil dari buku 99 Kisah Asmaul Husna kreasi Syafiie el Bantanie, Allah selaku Dzat yang berikan ketenangan serta ketenteraman.

Allah SWT pula yang menjaga hamba Nya bagi yang senantiasa memohon perlindungan kepada Nya. Sehingga Allah bersifat As-Salam artinya ialah bukti Allah merupakan sumber segala ketenangan serta keselamatan.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwasannya As-Salam artinya mengandung perkataan doa buat keselamatan untuk pemeluk muslim yang membacanya. Oleh karena itu, selaku pemeluk muslim kita disarankan buat memberikan salam pada sesama muslim dengan melafalkan:

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

"Assalamua'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh"

Artinya: "Semoga keselamatan, rahmat Allah dan berkah-Nya tercurah padamu."

Arti As-Salam dan Contohnya

Kata salām berawal dari pokok 3 huruf sīn - lām - mīm, yang berarti tanpa kekurangan, terjamin, serta aman. Salam secara khusus bermakna ketenangan, kesehatan, keselamatan, serta keamanan.

Kata salam pula berhubungan dengan sullam yang berarti tangga. Ini berarti seluruh cara yang buat menolong kamu naik. Kaitannya di sini yakni kalau kala seorang hamba berada dalam kesusahan, mereka memakai cara memanjat buat keluar dari kesusahan itu, alhasil mereka bisa mendapatkan keselamatan.

Selaku bahasa, salaam berarti resistansi ataupun bebas dari sesuatu. Opini lain mengatakan As salam artinya kesejahteraan serta aman.

Contoh Allah bersifat As-Salam

  • Ia melindungi orang yang terkena bencana serta musibah
  • Ia melindungi orang yang lagi terkena mara bahaya
  • Allah SWT melindungi manusia dari kerusakan serta kehancuran masa jahiliyah dengan mengutus Nabi Muhammad SAW buat mengarahkan manusia mengenai agama Islam
  • Allah SWT melindungi manusia dikala dalam kesusahan
  • Tidak Mencela ataupun Menghina Orang. 

Sebagaimana yang disebut dalam Al Quran serta hadits, selanjutnya adalah dalil- dalil yang mengatakan asmaul husna As-Salam.

Dalil As-Salam dalam Asmaul Husna

As Salam Artinya

Dalil dari Allah bersifat As-Salam artinya Maha pemberi kesejahteraan ialah Allah SWT pemberi keslamatan bagi hamba-hamba-Nya. Allah SWT berfirman,

سَلَٰمٌ عَلَىٰٓ إِبْرَٰهِيمَ

Salāmun 'alā ibrāhīm

Artinya: (yaitu)"Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim".

Allah SWT juga berfirman,

سَلَٰمٌ عَلَىٰٓ إِلْ يَاسِينَ

Salāmun 'alā ilyāsīn

Artinya: (yaitu): "Kesejahteraan dilimpahkan atas Ilyas?"

Dari penjelasan dalil di atas, menunjukkan bahwa Allah bersifat As-Salam artinya Maha pemberi kesejahteraan ialah Allah SWT memberikan surga kepada hamba-hambanya.

Oleh sebab itu surga disebut dengan Dar As-Salam( rumah kesejahteraan), karena orang yang masuk surga hendak sejahtera dari segala kekurangan, semacam sedih, marah, kesal, dengki, cemas serta semisalnya.

Uraian terpaut As-Salam pula searah dengan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Masud RA, dikatakan olehnya kalau Rasulullah SAW sempat bersabda terpaut arti As-Salam. Ibnu Masud mengatakan:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ : كُنَّا إِذَا كُنَّا مَعَ النَّبِيِّ فِي الصَّلَاةِ قُلْنَا السَّلَامُ عَلَى اللَّهِ مِنْ عِبَادِهِ السَّلَامُ عَلَى فُلَانٍ وَفُلَانٍ فَقَالَ النَّبِيُّ لَا تَقُولُوا السَّلَامُ عَلَى اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ هُوَ السَّلَامُ وَلَكِنْ قُولُوا التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ

Dahulu, jika kami shalat bersama Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, kami mengucapkan: "As-Salâm (keselamatan) bagi Allah dari hamba-hamba-Nya, dan as-salâm atas Fulan dan si Fulan," maka Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Janganlah kalian mengucapkan as-Salâm atas Allah, karena sesungguhnya Allah itu as-Salâm, akan tetapi ucapkanlah: 'At-Tahiyât (ucapan selamat), ash-Shalawat (ibadah) dan ath-Thayyibât (pujian) bagi Allah. Salam (keselamatan) serta rahmat Allah, dan keberkahan-Nya atas anda, wahai Nabi. Dan salam atas kita dan hamba-hamba Allah yang shâlih'." (HR. Bukhari).

Demikian pembahasan mengenai makna As Salam artinya Allah Maha Memberi Kesejahteraan dalam Asmaul Husna yang dapat fakhri sampaikan. Semoga bermanfaat.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Makna As Salam Artinya Allah Maha Memberi Kesejahteraan dalam Asmaul Husna"