Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ar Rahim Artinya Allah Maha Penyayang, Inilah Maksud Sifat Penyayang Allah SWT

Ar Rahim Artinya

Asmaul husna ar rahim artinya Allah Maha Penyayang. Ar Rahim merupakan salah satu dari 99 Asmaul Husna yang wajib kalian pahami maknanya.

Sifat Allah SW yang satu ini bermakna bahwa Ia merupakan Tuhan yang mencintai hamba Nya yang beriman serta bertakwa kepada Nya. Sifat yang ke 2 ini pula mengisyaratkan kalau Allah SWT merupakan satu - satunya yang sangat mencintai hamba Nya tanpa diminta.

Memahami serta menghafalkan 99 Asmaul Husna dan artinya mempunyai banyak sekali keutamaan, salah satunya yakni masuk surga. Semacam yang terdapat dalam hadis Bukhari dan Muslim:

“ Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu, barangsiapa yang memahaminya hendak masuk surga.” ( HR Bukhari serta Muslim).

Tidak hanya itu, orang - orang yang mengingat Allah serta berdzikir menyebut asma Allah, maka hendak memperoleh ketenangan hati. Perihal itu tertuang dalam surat Ar Rad ayat 28, Allah SWT berfirman, yang artinya:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Allażīna āmanụ wa taṭma`innu qulụbuhum biżikrillāh, alā biżikrillāhi taṭma`innul-qulụb

Artinya: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

Selanjutnya penjelasan lebih lengkapnya tentang asmaul husna ar rahim artinya Allah Maha Penyayang.

Pengertian Ar Rahim Artinya Yang Maha Penyayang

Ar Rahim Artinya

Ar Rahim artinya kerap kali disandingkan dengan Ar-Rahman. Lantas apa perbedaan ar rahman dan ar rahim? Perlu kamu tahu bahwasannya Ar Rahim artinya Allah SWT Maha Penyayang ataupun Yang Maha Penyayang. Sedangkan itu, Ar-Rahman artinya Yang Maha Pengasih.

Walaupun mempunyai arti yang serupa, pemahaman Ar Rahim berbeda dengan Ar Rahman. Perbedaannya terdapat pada subjek yang diartikan. Maksudnya, Ar Rahman tertuju pada semua makhluk Allah SWT tanpa memandang keimanannya.

Sedangkan, Ar Rahim ini hanya tertuju untuk orang - orang yang beriman kepadaNya. Karena itu, orang yang beriman hendak menemukan limpahan berupa sifat Ar Rahman dan Ar Rahim dariNya.

Perihal ini tentu sudah nampak dari bermacam nikmat rezeki, berkah, serta anugerah yang Allah SWT berikan pada hamba Nya yang berserah. Ar Rahim artinya Yang Maha Pemurah kerap kali kalian dengarkan terdapat di ayat - ayat Al Qur’an, salah satunya yang terdapat pada Surat Al A’raf ayat 151.

قَالَ رَبِّ ٱغْفِرْ لِى وَلِأَخِى وَأَدْخِلْنَا فِى رَحْمَتِكَ ۖ وَأَنتَ أَرْحَمُ ٱلرَّٰحِمِينَ

Qāla rabbigfir lī wa li`akhī wa adkhilnā fī raḥmatika wa anta ar-ḥamur-rāḥimīn

Artinya: Musa berdoa: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan saudaraku dan masukkanlah kami ke dalam rahmat Engkau, dan Engkau adalah Maha Penyayang di antara para penyayang".

Asmaul husna Ar Rahman berasal dari kata ar rahmah. Karena itu, kedua kata ini cenderung diucap secara bergandengan berbarengan dalam satu ayat Al Quran. Dengan memercayai serta meyakini arti asmaul husna Ar Rahman, mudah - mudahan Allah Azza Wa Jalla senantiasa mencintai kita serta menyayangi kita, Aamiin.

Demikian pembahasan perihal asmaul husna ar rahim artinya Yang Maha Penyayang yang dapat islamtwins.com sampaikan. Semoga bermanfaat.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Ar Rahim Artinya Allah Maha Penyayang, Inilah Maksud Sifat Penyayang Allah SWT"