Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Arti serta Makna Ar Rahman dalam Asmaul Husna

Ar Rahman artinya

Ar Rahman artinya adalah Yang Maha Pengasih. Ar Rahman termasuk ke dalam Asmaul Husna yakni nama nama baik yang dipunyai oleh Allah SWT.

Dalam bahasa Arab Ar Rahman ditulis الرحمن yang merupakan nama Dzat Allah yang mempunyai arti Dzat yang memberikan nikmat di dunia serta akhirat.

Ar rahman menjelaskan tentang Allah SWT yang memiliki kasih sayang yang amat besar, mencakup semua makhluk Nya dengan memberikan bermacam keringanan serta kenikmatan baik yang beriman maupun kafir, taat maupun maksiat, taqwa maupun durhaka di dunia.

Arti serta Makna Ar Rahman dalan Asmaul Husna

Ar Rahman (الرَّحْمَنُ) artinya Maha Pengasih. Sehingga arrahman artinya adalah Allah Subhanahu wa Ta’ala memiliki kasih sayang yang amat besar, mencakup semua makhluk Nya.

Nama baik Allah yang satu ini tidak boleh dipakai oleh seorang makhluk pun. Sebab tidak ada yang dapat mengasihi semua makhluk semacam Allah SWT. Baik yang beriman maupun kafir, semuanya memperoleh rezeki dari Allah.

Dalam perihal ini, apa yang Allah berikan pada hambanya akan jadi kepunyaan sang hamba. Sebagai contoh, Allah yang sudah memberikan kita kehidupan supaya bisa hidup serta beribadah kepadanya. Kemudian, nyawa itu menjadi milik kita hingga kematian datang.

Selain bermakna memberi, maksud dari Pengasih dalam Ar Rahman merujuk pada perasaan Allah SWT yang sayang maupun cinta pada semua makhluk ciptaannya. Sehingga, Ar Rahman bisa diartikan pula selaku sifat sayang atau cinta Allah SWT pada hambanya.

Perlu kamu ketahui Ar-Rahman pula merupakan salah satu surat ke 55 dalam Al Quran, tidak hanya itu kata Ar Rahman pula dituturkan sebanyak 57 kali dalam Al Quran. Semacam dalam surat Al Fatihah, Al Isra, Ar Rahman, serta masih banyak lagi. Selanjutnya tulisan ar rahman arab, latin serta artinya.

Ar Rahim Artinya

Yang Maha Pengasih

Sehabis mengenali arti Ar Rahman, walaupun kita tidak mungkin mempunyai sifat ini, seharusnya kita berupaya buat mengasihi serta mencintai sesama. Tidak perhitungan dalam menolong serta membantu orang lain. Begitu juga sabda Rasulullah shallallahu‘alaihi wa sallam:

الرَّاحِمُونَ يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمَنُ ارْحَمُوا أَهْلَ الأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِى السَّمَاءِ

Orang-orang yang penyayang niscaya akan disayangi pula oleh Yang Maha Pengasih. Maka sayangilah penduduk bumi niscaya Yang di atas langit pun akan menyayangi kalian. (HR. Abu Dawud; shahih)

Oleh sebab itu, sehabis mengenali kalau Allah Subhanahu wa Ta’ala memiliki sifat pengasih, maka kita selaku hamba Allah seharusnya mau mengasihi orang lain meskipun seseorang itu sudah melakukan dosa serta bermaksiat, tetap wajib kita kasihi dengan cara berdakwah kepadanya, mengingatkannya, berusaha mengembalikannya ke jalan yang benar.

Demikian Arti serta makna dari sifat Ar Rahman dalam Asmaul Husna serta cara meneladaninya yang dapat islamtwins.com sampaikan. Mudah - mudahan bermanfaat serta bisa diamalkan dalam kehidupan sehari hari.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Inilah Arti serta Makna Ar Rahman dalam Asmaul Husna"