Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Assalamualaikum yang Benar, Wa'alaikum Salam atau Wa'alaikumussalam?

Jawaban Assalamualaikum yang Benar

Semua pemeluk muslim pasti sudah mengenali jawaban assalamualaikum, Tetapi masih banyak yang belum tau tentang jawaban mana yang sangat benar antara waalaikum salam atau waalaikumussalam.

Mengucap salam serta menjawabnya ialah salah satu anjuran untuk pemeluk Islam kala berjumpa orang lain. Salam merupakan ucapan sapaan yang memiliki doa keselamatan di dalamnya.

Orang yang mengucap " Assalamu 'alaikum " memperoleh banyak keistimewaan. Sebaliknya yang mendengar perkataan itu wajib memberi jawaban assalamualaikum yang benar.

Kerapkali, kita mendengar orang menanggapi salam dengan kalimat Waalaikumussalam. Ada pula yang memakai jawaban Waalaikum salam. Sekilas, waalaikum salam dan waalaikumussalam tidak mempunyai perbedaan dalam pelafalan. Namun, nyatanya keduanya mempunyai perbedaan mendasar.

Lantas, jawaban assalamualaikum yang benar yang mana? waalaikum salam atau waalaikumussalam yang lebih baik dipakai buat menjawab salam? Buat memahaminya, ikuti penjelasan islamtwins.com dari Dai Kondang Ustad Abdul Somad yang sudah dirangkum dari bermacam sumber berikut ini.

Jawaban Assalamualaikum yang Benar 

Jawaban Assalamualaikum yang Benar

Dalam suatu video cuplikan dari Ustad Abdul Somad dalam kajiannya yang disiarkan oleh salah satu saluran YouTube mengatakan, jawaban assalamualaikum yang benar yakni waalaikumus salam.

" Mana jawaban yang benar, waalaikum salam atau waalaikumus salam? " ucap Ustad Abdul Somad kala membacakan persoalan dari salah satu jamaah, sebagaimana diambil dari cuplikan YouTube dakwah_milenial66.

" waalaikumussalam " sambung UAS menanggapi persoalan itu.

Kata salam dalam kalimat as salamu alaikum memakai al marifat. Alhasil, sebaiknya perkataan itu dijawab dengan sepadan.

Sedangkan jawaban yang sepadan ialah waalaikumussalam, bukan waalaikum salam. Karena, kata salam di waalaikumussalam juga memakai isim ( kata benda ) marifat dengan al, berbeda dengan salam di waalaikum salam yang ialah isim nakirah, alhasil tanpa memakai al.


Kala salam memakai isim marifat, diisyarati dengan al, artinya salam ( keselamatan ) yang disampaikan berasal dari Allah. Namun, bila salam diucapkan dalam bentuk isim nakirah, tanpa adanya al, artinya bersifat biasa serta tidak berasal dari Allah.

Alhasil, jawaban assalamualaikum yang benar yaitu waalaikumus salam bukan waalaikum salam karena tidak pas serta tidak sesuai dengan syariat.

Demikian pembahasan mengenai mana jawaban assalamualaikum yang benar, waalaikumsalam atau waalaikumussalam, kala menjawab salam dalam agama Islam. Semoga pembahasan dari islamtwins.com ini dapat membantu agar tidak keliru dalam menjawab salam. 

Posting Komentar untuk "Jawaban Assalamualaikum yang Benar, Wa'alaikum Salam atau Wa'alaikumussalam?"