Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tulisan Salam yang Benar dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Tulisan Salam yang Benar

Islamtwins.com - Assalamualaikum kerap kali diucapkan untuk menyapa orang lain. Tapi sayangnya, masih banyak yang belum tau mengenai gimana tulisan salam yang benar.

Padahal, tulisan Arab assalamualaikum ialah doa yang wajib di tulis dengan benar. Bila harakat ataupun huruf hijaiyah yang ditulis salah, sehingga arti dari tulisan assalamualaikum itu dapat berubah. Karenanya, penting buat mengenali tulisan salam yang benar.

Ucapan salam nyatanya lebih panjang dari assalamualaikum. Tetapi dalam kehidupan sehari - hari, perkataan salam ini kerap disingkat untuk mengirit waktu serta mempermudah dalam pengucapannya.

Dikutip dari berbagai sumber, nyatanya tidak masalah memperpendek ucapan assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh namun tanpa mengganti arti serta maknanya. Tetapi doa yang disampaikan ini jadi tidak lengkap, sebab itu dianjurkan melafalkan salam dengan lengkap. 

Lalu, bagaimana tulisan salam yang benar? Berikut ini tulisan Arab assalamualaikum, arti, serta adab dalam mengucapkannya.

Tulisan Salam yang Benar

Tulisan Salam yang Benar

Dalam bahasa Indonesia, “ assalamualaikum ” mempunyai makna “ keselamatan untuk kalian semua ”. Dengan mengucap assalamualaikum, maksudnya kalian sudah mendoakan keselamatan buat orang yang diucapkan.

Dalam bahasa Arab sendiri, tulisan assalamualaikum dibagi jadi 3 kalimat, yakni:
  • Assalamu, yang ialah kalimah isim.
  • Alaa yang ialah kalimah huruf ( huruf jer ).
  • Kum yang ialah isim dhamir. 

Salam merupakan salah satu kalimat yang kerap kita dengar, terutama bila kita bersahabat dengan sesama muslim yakni kalimat Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Nah selanjutnya merupakan tulisan salam yang benar dalam bahasa Arab beserta artinya:

Tulisan Arab Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

السَّلَامُعَلَيْكُمْوَرَحْمَةُاللهِوَبَرَكَاتُهُ

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Artinya: "Semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat, dan keberkahan untukmu."

Tulisan Assalamualaikum Singkat

السَّلَامُعَلَيْكُمْ 

Assalamu'alaikum
Artinya: "Semoga keselamatan terlimpah untukmu."

Makna Salam

Kata salam mempunyai sumber kata yang serupa dengan Islam, yang dapat dimaksud dengan perilaku damai ataupun pasrah diri. Berikut ini terjemahan kata salam selengkapnya:

  • السَّلَامُ maksudnya keselamatan.
  • عَلَيْكُمْ maksudnya atas kalian ( kalian lebih dari 2 orang ).
  • وَرَحْمَةُاللهِ maksudnya serta kasih sayang Allah.
  • وَبَرَكَاتُهُ maksudnya serta keberhakanNya.

Secara keseluruhan, arti assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ialah” semoga keselamatan, kasih sayang, serta keberkahan dari Allah tercurah kepada kalian”.

Demikian pembahasan mengenai tulisan salam yang benar dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya yang dapat islamtwins.com sampaikan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tulisan Salam yang Benar dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya"