Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Al Khaliq Artinya Allah Maha Pencipta dalam Asmaul Husna

Al Khaliq Artinya

Islamtwins.com - Asmaul Husna Al Khaliq Artinya Allah Maha Pencipta. Julukan al Khāliq ialah sebutan ke 12 dari Asmāul Ḥusnā.

Kata al-Khāliq berasal kata dari huruf kha’,lam, serta qaf berarti mengukur serta menghapus.

AlKhaliq artinya berhubungan dengan penciptaan yang sempurna. Al Quran menyebutkan Allah SWT selaku Pencipta langit serta bumi.

Dengan memahami Asmaul Husna Al Khaliq artinya ialah salah satu metode meyakini Allah SWT. Dia lah salah satunya yang bisa memastikan kapan, bagaimana, serta apa yang wajib dibuat serta melakukannya dari ketiadaan.

Maka dari itu artikel islamtwins.com akan memberikan sedikit pemahaman kepada kita semua terkait makna AlKhaliq artinya Allah Maha Pencipta dalam Asmaul Husna.

Makna Al Khaliq Artinya Yang Maha Pencipta

AlKhaliq Artinya

Selaku bahasa Asmaul Husna AlKhaliq berasal dari kata " khalaqa " yang artinya menciptakan suatu yang belum ada. Dalam Al Quran, khalaqa dipakai selaku diksi buat mengatakan penciptaan objek yang belum ada dari bahan yang telah ada.

Allah berfirman dalam QS Al Alaq ayat 2

خَلَقَ ٱلْإِنسَٰنَ مِنْ عَلَقٍ

Khalaqal-insāna min 'alaq

Artinya: Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.

Ini berarti Allah menciptakan manusia selaku suatu yang belum ada dari segumpal darah yaitu suatu yang telah ada. Makna ini setelah itu berkembang selaku menciptakan dari tiada, mengatur, menciptakan, serta lain semacamnya. Kata khalaqa menarangkan maksud mengenai kebesaran Allah SWT melalui seluruh ciptaan Nya.

Inilah Bukti Bahwa allah mempunyai sifat alkhaliq yakni Allah sudah menciptakan alam semesta termasuk manusia, binatang, tanaman serta ada banyak lagi macam nya.

Selaku pemeluk Islam, tentu diharuskan buat tetap mengimani sifat Allah SWT selaku Tuhan yang maha menciptakan seisi alam semesta. Sebagaimana tertuang dalam Surat al anam ayat 102 selaku selanjutnya.

ذَٰلِكُمُ ٱللَّهُ رَبُّكُمْ ۖ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ خَٰلِقُ كُلِّ شَىْءٍ فَٱعْبُدُوهُ ۚ وَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ وَكِيلٌ

żālikumullāhu rabbukum, lā ilāha illā huw, khāliqu kulli syai`in fa'budụh, wa huwa 'alā kulli syai`iw wakīl

Artinya: (Yang memiliki sifat-sifat yang) demikian itu ialah Allah Tuhan kamu; tidak ada Tuhan selain Dia; Pencipta segala sesuatu, maka sembahlah Dia; dan Dia adalah Pemelihara segala sesuatu.

Sedangkan makna dari sifat Allah Al Khaliq menurut al Ghazali yaitu jika Al Bari ialah padanan tutur Al Khalaq. Walaupun begitu, senantiasa ada perbedaannya. Keduanya berarti penciptaan objek dari tiada jadi ada, tetapi Al Bari tidak memutuskan ukurannya, sedangkan Al Khalaq tercantum memutuskan sistem serta ukuran yang ada dalam ciptaan.

Cara Meneladani Al Khaliq dalam Kehidupan Sehari Hari

Bagaimana cara kita meneladani al khaliq dalam kehidupan sehari hari? Selaku pemeluk Islam, pasti kita diwajibkan buat tetap meyakini sifat Allah SWT selaku Tuhan yang maha menciptakan seisi alam semesta. Selanjutnya beberapa hikmah meneladani nama Allah Al Khaliq, antara lain:

  • Mensyukuri atas seluruh kelebihan serta kekurangan fisik yang diserahkan oleh Allah SWT.
  • Tidak menyombongkan diri serta melakukan kerusakan di muka bumi meski kita merupakan insan ciptaan Nya yang sangat sempurna.
  • Tidak bersikap putus asa kala belum dikaruniai si buah hati.

Dalil Al Khaliq

Di dalam Alquran, pelafalan sifat Allah SWT selaku Dzat yang Maha Pencipta dituturkan sebanyak 8 kali. Salah satunya dalam surat Al Hasyr ayat 24.

هُوَ ٱللَّهُ ٱلْخَٰلِقُ ٱلْبَارِئُ ٱلْمُصَوِّرُ ۖ لَهُ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ ۚ يُسَبِّحُ لَهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۖ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ

Huwallāhul-khāliqul-bāri`ul-muṣawwiru lahul-asmā`ul-ḥusnā, yusabbiḥu lahụ mā fis-samāwāti wal-arḍ, wa huwal-'azīzul-ḥakīm

Artinya: Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Demikian pembahasan kami mengenai makna Al Khaliq Artinya Allah Maha Pencipta dalam Asmaul Husna yang dapat islamtwins.com sampaikan. Sekian dan Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Makna Al Khaliq Artinya Allah Maha Pencipta dalam Asmaul Husna"