Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Al Mutakabbir Artinya dalam Asmaul Husna

Al Mutakabbir Artinya

Islamtwins.com - Al Mutakabbir artinya ialah Yang Maha Megah. Al Mutakabbir merupakan salah satu dari Asmaul Husna yang bermakna Yang Mempunyai Seluruh Keagungan.

Selaku bahasa Al Mutakabbir diartikan selaku Yang memiliki kesombongan. Perihal itu beralasan dari asal tutur “ al kibr ” yang berarti sombong. Sehingga

Al Mutakabbir atinya ialah sifat Allah SWT selaku Dzat yang bisa sombong dan juga mengatasi seluruh sifat yang terdapat pada makhluk.

Walaupun sombong identik dengan sifat negatif, tetapi bila watak sombong disandingkan dengan Allah, maka watak itu sama sekali tidak mengandung faktor negatif.

Sebab Allah merupakan Yang Mahakuasa, Yang Mahabesar, Yang Maha memiliki, Yang Mahakaya, serta pencipta semua alam semesta ini, sehingga watak kesombongan yang dimiliki Nya berada pada tempatnya.

Maka dari itu artikel fakhri akan memberikan sedikit pemahaman kepada kita semua terkait makna Al Mutakabbir.

Makna Al Mutakabbir

Al Mutakabbir

Al Mutakabbir ialah salah satu dari Asmaul Husna yang dipunyai oleh Allah SWT. Asmaul Husna Al- Mutakabbir mempunyai makna Yang Maha Megah.

Dalam bahasa Arab, Al Mutakabbir terbentuk dari kata kerja takabbara - yatakabbaru (تكبر) serta berawal dari kata kabura (كبر). Kata Al Mutakabbir terbentuk dari wazan“ takabbara - yatakabbaru”, yang berawal dari kata“ kabura”. Kata itu berawal dari kata“ al kibru” yang mempunyai maksud besarnya sesuatu.

Sebagaimana yang dirangkum dari bermacam sumber, lafaz Al Mutakabbir artinya ialah Zat yang tidak tersentuh oleh kezaliman hamba Nya sebab Ia Maha Agung lagi Maha Besar.

Cara Meneladani Sifat Allah Al Mutakabbir

Bagaimana cara meneladani sifat Allah Al Mutakabbir? Konsekuensi keimanan pada nama Allah Al Mutakabbir ini wajib membuat seorang mukmin merendahkan dirinya serta tawaduk di hadapan Allah SWT. Ia wajib memangkas sifat sombongnya sebab cuma Allah Zat yang Maha Tinggi serta mempunyai seluruh keagungan.

Karena hanya Allah saja yang boleh sombong, kita tidak. Jika kita sombong, apa yang ingin kita sombongkan? kinerja? Harta? Kedudukan? Bukankah itu hanya titipan yang hakikatnya kepunyaan Allah.

Meneladani sifat Asmaul Husna Al Mutakabbir dalam diri seorang mukmin bisa direalisasikan dengan mengaplikasikan sifat rendah diri serta tidak sombong ( takabur ) pada orang lain.

Zikkir Yaa Mutakabbir

Mutakabbir selaku nama baik Allah SWT bisa dijadikan bacaan doa tiap hari untuk orang islam. Bacaan yang dilafalkan merupakan selaku selanjutnya:

المُتَكَبِّرُ

Yaa Mutakabbir

Dzikir Mutakabbir dapat dibaca tiap hari dengan memohon supaya dikaruniai kemampuan buat menghindari perbuatan dzalim sekalian keringanan dalam mengalami permasalahan.

" Membaca yaa Mutakabbir sebanyak 662 kali tiap hari, insyaa Allah musuh hendak menjadi tunduk. Serta Allah hendak mengaruniakan keagungan serta kemuliaan,".

Tidak hanya itu, seorang mukmin hendaknya cuma berharap bantuan pada Allah SWT, mengamalkan sifat tawadu, menolong yang lemah, tidak merendahkan orang lain, serta mudah memaafkan kesalahan orang lain.

Seperti itu uraian mengenai Asmaul Husna Al Mutakabbir artinya Allah SWT yang Maha Megah, beserta cara meneladani sifat Allah Al Mutakabbir yang dapat fakhri berikan. Mudah - mudahan uraian tersebut menjadi faedah untuk siapa pun yang membacanya 

Posting Komentar untuk "Makna Al Mutakabbir Artinya dalam Asmaul Husna"