Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Ad Dhuha Arab, Latin Lengkap

Doa Ad Dhuha

Doa Ad Dhuha

Islamtwins.comDoa Ad Dhuha adalah salah satu doa yang memiliki keutamaan istimewa dalam agama Islam. Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya sebagai bentuk ibadah dan penghambaan kepada Allah SWT.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi makna mendalam dari Doa Ad Dhuha, keutamaan yang terkandung di dalamnya, serta inspirasi dan pesan yang dapat diambil untuk kehidupan masa kini.

Asal Usul Doa Ad Dhuha

Doa Ad Dhuha adalah salah satu doa yang memiliki makna dan keutamaan istimewa dalam agama Islam. Doa ini termasuk dalam kumpulan doa-doa sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Ad Dhuha sendiri memiliki arti "waktu matahari sepenggalahan naik."

Baca Juga Arti Surat Ad Dhuha Ayat 1-11 Lengkap dengan Ashbabun Nuzulnya

Doa ini terdapat dalam Surah Ad Dhuha yang merupakan surah ke-93 dalam Al-Quran. Surah ini terdiri dari 11 ayat yang diturunkan di Mekah pada masa awal kenabian. Nabi Muhammad SAW mendapat wahyu dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril yang menyampaikan ayat-ayat Al-Quran.

Doa surat ad dhuha terkenal dengan keutamaan dan manfaatnya bagi kehidupan seorang muslim. Meskipun merupakan doa yang singkat, ia membawa pesan yang dalam dan mengandung harapan serta kedekatan dengan Allah SWT. Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk ibadah dan bentuk syukur atas nikmat yang diberikan Allah kepada hamba-Nya.

Doa Ad Dhuha Arab dan Terjemahannya

bacaan surat dhuha arab dan latin

Doa surah ad dhuha, meskipun terdiri dari beberapa kalimat sederhana, memiliki makna yang mendalam dan hikmah yang mengandung pelajaran berharga bagi setiap muslim. Mari kita menjelajahi makna dan hikmah dari setiap kalimat dalam doa Ad Dhuha.


وَٱلضُّحَىٰ - وَٱللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ - مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰ

"Demikianlah matahari terbit, dan waktu siang ketika ia terang benderang. Dan (demikianlah) malam tatkala telah hening (gelap). Tuhanmu tidak meninggalkanmu dan tidak pula membenci (dirimu)."

Doa Ad Dhuha dimulai dengan mengingatkan akan ciptaan Allah yang luar biasa, yaitu matahari yang terbit di pagi hari dan menghiasi dunia dengan cahaya-Nya. Begitu pula dengan malam yang datang setelahnya dengan keheningan dan ketenangan. Makna dari kalimat ini adalah mengajak kita untuk mengamati dan menghargai kebesaran Allah dalam segala aspek kehidupan, baik siang maupun malam.


"وَٱلءَاخِرَةُ خَيْرٌۭ لَّكَ مِنَ ٱلْأُولَىٰ - وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَىٰٓ - أَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيمًۭا فَـَٔاوَىٰ - وَوَجَدَكَ ضَآلاًۭ فَهَدَىٰ - وَوَجَدَكَ عَآئِلًۭا فَأَغْنَىٰ - فَأَمَّا ٱلْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ - وَأَمَّا ٱلسَّآئِلَ فَلَا تَنْهَرْ - وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ*

"Dan sesungguhnya kesudahan (yang menanti) bagimu adalah lebih baik daripada permulaannya. Dan sesungguhnya kelak Tuhanmu pasti memberikan (kenikmatan) kepadamu, lalu kamu akan puas. Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang anak yatim lalu Dia memberi tempat (berlindung), dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang hilang lalu Dia memberi petunjuk, dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan lalu Dia mencukupkan. Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang, dan terhadap orang yang meminta-minta janganlah engkau menghardiknya, dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau menyebut-nyebut (kepada orang lain)."

Bagian ini mengandung hikmah tentang kebijaksanaan Allah dalam memberikan nikmat dan bimbingan-Nya kepada hamba-Nya. Allah mengingatkan kita tentang bagaimana Dia telah memberikan pertolongan kepada Nabi Muhammad SAW dalam berbagai situasi kehidupannya, baik ketika beliau menjadi yatim piatu, tersesat, atau menghadapi kesulitan ekonomi. Dari sini, kita diajarkan untuk selalu bersyukur atas nikmat dan bimbingan-Nya, serta berbagi kebaikan dengan sesama.


فَأَمَّا ٱلزَّكَوٰةُ فَكَفَّيْ

"Adapun sedekah, maka janganlah engkau meminta-minta (karena Allah itu Maha Kaya)."

Pada bagian terakhir doa Ad Dhuha, Allah mengajarkan tentang pentingnya bersedekah dan berinfak. Allah adalah Maha Kaya dan tidak memerlukan apa pun dari hamba-Nya. Oleh karena itu, kita harus mengeluarkan sebagian harta kita untuk berinfak dan membantu sesama yang membutuhkan. Dengan berbuat baik kepada orang lain, Allah akan melipatgandakan keberkahan dan rizki-Nya kepada kita.

Kesimpulan

Makna dan hikmah dari doa Ad Dhuha memberikan pengertian tentang pentingnya bersyukur, berbuat baik kepada sesama, dan bersedekah sebagai bentuk ibadah dan pengabdian kepada Allah.

Semoga setiap kali kita melafalkan doa Ad Dhuha, kita dapat merenungkan makna dan hikmah di baliknya, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

Posting Komentar untuk "Doa Ad Dhuha Arab, Latin Lengkap"