Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Sholat Tarawih dan Witir Lengkap

Doa Sholat Tarawih dan Witir lengkap

Doa sholat tarawih dan witir adalah dua ibadah sunnah yang memiliki makna dan keutamaan yang tinggi dalam bulan ramadhan. Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat Islam di seluruh dunia.

Selama bulan suci ini, umat Islam berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala dan ampunan Allah SWT dengan melakukan ibadah, seperti puasa, membaca Al-Quran, dan melakukan sholat tarawih.

Sholat tarawih dan witir adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadan, dan dalam sholat tarawih, terdapat doa-doa penting yang dapat membantu umat Islam mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT.

Pada kesempatan kali ini, islamtwins.com akan membahas tentang doa sholat tarawih dan witir lengkap dengan arab, latin dan artinya.

Pentingnya Doa Sholat Tarawih dan Witir

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang doa sholat tarawih dan witir, mari kita pahami mengapa sholat tarawih begitu penting. Sholat tarawih adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam-malam bulan Ramadan setelah sholat Isya. Rasulullah SAW, dalam hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah RA, mengajarkan bahwa sholat tarawih adalah ibadah yang dianjurkan.

Sholat tarawih memberikan kesempatan kepada umat Islam untuk membaca dan merenungkan Al-Quran lebih intensif selama bulan Ramadan. Dengan demikian, sholat tarawih membantu meningkatkan pemahaman dan hubungan pribadi seseorang dengan kitab suci Allah. Selain itu, sholat tarawih juga merupakan waktu untuk memohon ampunan dan keberkahan Allah, serta kesempatan untuk merenungkan dosa-dosa yang telah dilakukan dan bertekad untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

Setelah sholat tarawih, umat Islam juga dianjurkan untuk melaksanakan sholat witir. Sholat witir adalah sholat wajib yang harus dilakukan setiap malam, meskipun bukan bagian dari sholat tarawih. Sholat witir adalah salah satu ibadah yang sangat penting, dan doa witir adalah momen yang penuh kekhusyukan untuk memohon ampunan dan keberkahan dari Allah SWT.

Doa Sholat Tarawih dan Witir Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Doa Sholat Tarawih

Doa Sholat Tarawih

Doa sholat tarawih adalah momen berharga dalam ibadah tarawih. Saat umat Islam berdiri di hadapan Allah, mereka memiliki kesempatan untuk berbicara langsung dengan-Nya, memohon ampunan, keberkahan, dan apa yang mereka butuhkan dalam kehidupan mereka.

Doa sholat tarawih adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mengekspresikan rasa tawadhu' serta ketergantungan kepada-Nya. Berikut ini adalah beberapa doa yang bisa dibaca dalam sholat tarawih:

1. Niat Sholat Tarawih

Sholat Tarawih bisa dikerjakan secara sendiri dan berjamaah, adapun niat sholat Tarawih berjamaah yaitu:

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ َارْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا/إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Arab latin: Ushalli sunnatat tarawiihi arba'ata rakaatin mustaqbilal qiblati adaan makmuman/imāman lillahi ta'ala

Artinya: "Saya berniat sholat sunnah tarawih empat rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai (makmum/imam) karena Allah SWT,"

Sementara itu, bacaan niat sholat Tarawih yang dikerjakan sendiri antara lain ialah:

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Arab latin: Ushalli sunnatat tarāwīhi rak'atayni mustaqbilal qiblati adāan lillāhi ta'ālā

Artinya: "Aku berniat salat sunah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah SWT,"

2. Doa saat Ruku' 3x

   "Subhana Rabbiyal Azim."

Saat melakukan ruku' dan sujud dalam sholat tarawih, umat Islam membaca doa ini sebagai tanda penghormatan kepada Allah yang Maha Agung.

3. Doa saat Sujud (Qunut)

Subhaana Rabbiyal A’laa (tiga kali)

Artinya: Maha suci Rabb-ku yang Maha Tinggi.

Subhaana Rabbiyal A’laa Wa Bihamdih (tiga kali)

4. Doa Setelah Sholat Tarawih

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لِوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَعَلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَبِحُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Arab latin: Allaahummaj'alnaa bil iimaani kaamiliin. Wa lil faraaidli muaddiin. Wa lish shalati haafidhiin. Wa liz zakaati faa'iliin. Wa lima 'indaka thaalibiin. Wa li afwika raajiin. Wa bil-hudaa mutamassikiin. Wa 'anil laghwi mu'ridliin. Wa fid-dunyaa zaahdiin. Wa fil 'aakhirati raaghibiin. Wa bil-qadlaa'i raadliin. Wa lin na'maa'i syaakiriin. Wa 'alal balaa'i shaabiriin. Wa tahta lawaa'i muhammadin shallallaahu 'alaihi wasallam yaumal qiyaamati saa'iriina wa ilal haudli waaridîn. Wa ilal jannati daakhiliin. Wa min sundusin wa istabraqîn wadiibaajin mutalabbisin. Wa min tha'aamil jannati aakiliin. Wa min labanin wa 'asalin mushaffan syaaribiin. Bi akwaabin wa abaariiqa wa ka'sin min ma'in. Ma'al ladziina an'amta 'alaihim minan nabiyyiina wash shiddiiqiina wasy syuhadaa'i wash shaalihiina wa hasuna ulaa'ika rafiiqan. Daalikal fadl-lu minallaahi wa kafaa billâhi 'aliiman. Allaahummaj'alnaa fii haadzihil lailatisy syahrisy syariifail mubaarakah minas su'adaa'il maqbuuliin. Wa laa taj'alnaa minal asyqiyaa'il marduudiin. Wa shallallaahu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa aalihi wa shahbihi ajma'iin. Birahmatika yaa arhamar raahimiin wal hamdulillaahi rabbil 'aalamiin.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang rida dengan ketentuan-Mu, yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah anugerah dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami ke dalam golongan orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Nabi Muhammad, serta seluruh keluarga dan sahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam,"

5. Doa Penutup

"Subhanaka Allahumma wa bihamdika, asyhadu alla ilaha illa Anta, astaghfiruka wa atubu ilayk."

Doa penutup adalah pernyataan tentang kemuliaan Allah dan pengakuan dosa-dosa, serta permohonan ampunan kepada-Nya.

Tata Cara Mengerjakan Sholat Tarawih

  1. Mulai dengan membaca niat sholat Tarawih.
  2. Sertakan niat di dalam hati ketika mengucapkan takbiratul ihram.
  3. Sambil tetap memegang niat di dalam hati, ucapkan takbir saat takbiratul ihram.
  4. Baca ta'awudz dan surat Al Fatihah, lalu pilih salah satu surat pendek dari Al-Qur'an.
  5. Lanjutkan dengan rukuk.
  6. Kemudian, lakukan itidal.
  7. Sujud pertama.
  8. Duduk di antara dua sujud.
  9. Sujud kedua.
  10. Duduk sejenak sebelum melanjutkan rakaat kedua.
  11. Bangun dari duduk, dan ikuti gerakan yang sama dengan rakaat pertama saat menjalankan rakaat kedua.
  12. Akhiri sholat Tarawih dengan memberikan salam pada rakaat kedua.
  13. Disarankan untuk beristighfar dan membaca doa kamilin setelah menyelesaikan sholat Tarawih.

Doa Sholat Witir

Doa Sholat Witir

Doa sholat witir adalah ibadah wajib yang dilakukan setiap malam setelah sholat tarawih atau sholat Isya. Sholat witir terdiri dari jumlah rakaat yang ganjil, biasanya satu atau tiga rakaat. Doa witir adalah momen penting dalam sholat witir dan menjadi waktu untuk memohon ampunan, perlindungan, serta keberkahan.

Berikut ini adalah doa witir yang bisa dibaca:

1. Niat Sholat Witir

Mulailah sholat dengan niat (dalam hati) untuk melaksanakan Sholat Witir 3 rakaat.

اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلَاثَ رَكْعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal witri tsalâtsa raka'âtin mustaqbilal qiblati adâ'an lillâhi ta'âlâ

Artinya: Aku menyengaja salat sunnah salat witir tiga rakaat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.

Sedangkan untuk bacaan niat sholat witir 1 rakaat ialah

صَلِّى سُنَّةَ الوِتْرِ رَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَ

Ushalli sunnatal witri rak'atan mustaqbilal qiblati adā'an lillāhi ta'ālā.

Artinya: Aku niat salat sunnah witir satu rakaat karena Allah ta'ala.

2. Takbiratul Ihram

Setelah niat, angkat kedua tangan ke sejajar dengan telinga dan ucapkan Takbiratul Ihram, yaitu mengucapkan "Allahu Akbar" sambil meletakkan tangan di atas dada.

3. Membaca Surat Al-Fatihah

Bacalah Surat Al Fatihah seperti dalam sholat biasa, diikuti oleh surat-surat pendek pilihan dari Al-Qur'an. Bacaan sholat witir 3 rakaat bisa membaca Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq dan surat An-Naas.

4. Ruku dan Sujud

Lakukan ruku (membungkuk) dan sujud (bersujud) seperti dalam sholat biasa.

5. Tashahhud dan Salam

Setelah sujud kedua pada rakaat ketiga, lakukan Tashahhud (membaca doa penutup) dan akhiri sholat dengan Salam, yaitu mengucapkan "Assalamu'alaikum wa rahmatullah" ke kanan dan kiri.

6. Doa Penutup Witir

"Subhanal Malikil Quddus."

Doa penutup witir adalah pengakuan akan keagungan Allah yang Maha Raja, Maha Suci.

Keberkahan dalam Doa Sholat Tarawih dan Witir

Doa-doa dalam sholat tarawih dan witir adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam setiap doa, umat Islam memohon ampunan, petunjuk, perlindungan, dan keberkahan. Keberkahan yang dicari dalam sholat tarawih dan witir meliputi berbagai aspek kehidupan, seperti kesehatan, rezeki, ketentraman, dan keselamatan.

Selain itu, doa-doa ini juga menjadi wadah untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan dan bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut. Keberkahan datang dari Allah SWT, dan dengan berdoa, umat Islam menunjukkan ketergantungannya kepada-Nya dan keyakinan bahwa Allah adalah sumber segala kebaikan.

Sholat tarawih dan witir adalah ibadah yang sangat dianjurkan selama bulan Ramadan. Dalam sholat ini, doa-doa menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, memohon ampunan, petunjuk, perlindungan, dan keberkahan. Doa-doanya memiliki makna mendalam dan memberikan umat Islam kesempatan untuk merenungkan kehidupan dan hubungannya dengan Allah.

Dalam bulan Ramadan, marilah kita memahami betapa pentingnya sholat tarawih dan witir, serta doa-doanya. Semoga dengan melakukan ibadah ini dengan ikhlas dan tulus, kita bisa mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Doa Sholat Tarawih dan Witir Lengkap"