Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Sesudah Wudhu dan Doa Sebelum Berwudhu

Doa sebelum wudhu

Sholat ialah ibadah yang paling penting serta utama yang dilaksanakan oleh umat islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sebelum melakukan ibadah sholat, kita diharuskan untuk melakukan doa sesudah wudhu, baik itu untuk sholat wajib maupun sunnah, untuk membersihkan diri dari hadast kecil.

Sedangkan untuk membersihkan dari hadast besar, kita diwajibkan untuk mandi wajib (Junub). Kita juga dianjurkan (Disunnahkan) untuk membaca doa, baik itu sebelum wudhu maupun sesudah wudhu agar sholat yang kita kerjakan ini jadi lebih sempurna.

Doa Sebelum Wudhu

Sebelum kita berwudhu, dianjurkan untuk membaca basmallah tersebih dahulu, kemudian diikuti dengan bacaan niat berwudhu dengan suara yang fasih. Meskipun, niat berwudhu ini tidak termasuk dalam rukun wudhu, membaca doa merupakan sebuah ibadah yang mulia, yang memiliki beberapa keutamaan yang menyebabkan kita disunnahkan untuk mengamalkan doa-doa tersebut.

Berikut bacaan Doa Sebelum Berwudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa”

Yang Artinya :

“Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta’ala”

Berikut bacaan Doa Sesudah Berwudhu

اَشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَاالتَّوَّابِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِىْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

“Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu . Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min ‘ibadatishalihin.”

Yang Artinya :

“Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang esa , tiada sekutu bagi-Nya . Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya . Ya Allah jadikanlah saya orang yang ahli taubat , dan jadikanlah saya orang yang suci , dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.”

Tak hanya itu saja, IslamTwins juga akan memberikan tentang bagaimana tata cara berwudhu menurut sunnah Rossul yang bisa anda ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

Tata Cara Berwudhu sesuai Sunnah Rossul

Di dalam berwudhu juga terdapat urutan tata cara yang benar sesuai sunnah rossul. Dimulai dari niat, tertib dan sesuai rukun-rukun berwudhu, sebab rukun ini menjadi langkah-langkah tata cara berwudhu. Berikut ulasan serta penjelasan mengenai rukun-rukun wudhu.

1.  Membaca Niat

Rukun wudhu yang pertama ialah membaca niat. Niat ini dilakukan sebelum wudhu serta diniati dalam hati, sebelum diucapkan dengan lisan. Karena dalam Islam setiap kebaikan atau ibadah hendaklah diawali dengan membaca niat dari dalam hati sebelum melakukan ibadah apapun.

Dengan hanya niat saja, kita sudah mendapatkan pahalanya. Kemudian disusul dengan membaca niat berwudhu. Rosulullah saw sendiri dalam sabdanya membahas bahwa tindakan seseorang itu tergantung pada niatnya, serta akan memperoleh balasan sesuai dengan apa yang sudah diniatkannya.

2. Membasuh Wajah

Setelah membaca niat wudhu, kemudian dilanjutkan dengan membilas wajah serta air dan mengenai semua area wajah. Area wajah yang dibasuh dengan air, dimulai dari kening hingga dagu, serta kedua pipi hingga dengan pinggir telinga.

Khusus untuk laki-laki yang mempunyai jenggot panjang, disunnahkan untuk membasahi jenggotnya dengan menekan-nekan jenggot tersebut supaya air dapat menyerap hingga ke kulit yang tertutup jenggot tersebut.

3. Membasuh Kedua Tangan Hingga Mencapai Siku

Langkah berikutnya merupakan membilas kedua tangan hingga mencapai siku. Hal ini sesuai dengan yang difirmankan oleh Allah dalam Al Qur’an surat Al Maaidah ayat 6 yg artinya merupakan “Dan basuhlah tangan-tanganmu hingga siku”.

4. Mengusap Sebagian Kepala

Langkah berikutnya merupakan mengusap sebagian kepala. Mengusap kepala ini tak sama dengan membilas muka. Mengusap sebagian kepala ini untuk mengenai air ke rambut. Walaupun tak membilas semua rambut, lumayan rambut tahap depan saja.

5. Membasuh Kedua Kaki Hingga Mencapai Mata Kaki

Langkah selanjutnya merupakan membilas kedua kaki hingga mata kaki. Hal ini sesuai dengan yg difirmankan oleh Allah dalam Al Qur’an surat Al Maaidah ayat 6 yang artinya merupakan “Basuhlah kaki anda hingga kedua mata kaki”.

Rasulullah saw mengusulkan supaya berhati-hati saat membilas kaki, pastikan air membasahi kedua mata kaki. Untuk menghindari air tak membasahi mata kaki yaitu dengan membilas kaki hingga dengan betis sehingga air akan mengenai mata kaki.

6. Tertib

Tertib disini adalah kita diwajibkan melakukan langkah-langkah dalam berwudhu diatas sesuai dengan urutannya. Jika urutannya tak urut jadi wudhu kita tak sah.

Untuk itu tidak hanya memahami serta menghafal doa sebelum wudhu serta doa sesudah wudhu, pastikan pahami juga urutan rukun-rukun wudhu ini supaya wudhu kita sah serta sempurna.

Demikian informasi yang dapat Islantwins bagikan kepada anda tentang doa sesudah wudhu, doa sebelum wudhu serta tata cara berwudhu sesuai anjuran rosullulah. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Doa Sesudah Wudhu dan Doa Sebelum Berwudhu"