Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengejutkan! Ternyata Inilah Penyebab Ketindihan Saat tidur dalam Islam

cara mengatasi ketindihan

Temukan Solusi Jitu untuk Melawan Serangan Gaib di Tidurmu

Ketindihan adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami perasaan terjaga tetapi tidak dapat bergerak atau berbicara. Keadaan ini, sering kali disertai dengan perasaan panik dan gelisah.

Dalam tradisi Islam, orang yang mengalami ketindihan seringkali dianggap sebagai pengalaman yang berhubungan dengan dunia gaib atau makhluk-makhluk halus.

Kejadian ini tak jarang disertai dengan halusinasi aneh, terkadang timbul sesosok wujud yang menyeramkan, gangguan tidur ini kemudian diyakini terjadi sebab ditindih makhluk halus.

Dalam agama Islam, ketindihan sering kali dihubungkan dengan pengaruh jin atau setan. Jin adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah dari api, sedangkan setan adalah jin yang durhaka kepada Allah. Ada beberapa keyakinan dan penjelasan yang berkaitan dengan ketindihan dalam tradisi Islam.

Pada kesempatan kali ini Islamtwins akan membahas mengenai penyebab ketindihan menurut medis dan juga ketindihan saat tidur dalam islam. Simak pembahasan berikut ini agar anda dapat mengetahui apa saja penyebab ketindihan saat tidur dan cara mengatasinya menurut islam.

Penyebab Ketindihan Saat Tidur Menurut Islam

Ketindihan Hantu dalam Islam

Ketindihan kerap kali terjadi ketika anda sedang tertidur lelap. Beberapa orang akan mengira ketindihan atau Sleeping Paralysis ini hanya dari faktor medis saja, tetapi tahukah kalian, ketindihan juga bisa dikaitkan dengan adanya mahluk halus seperti jin dan setan.

Pastinya anda pernah mengalami ketindihan ini bukan? dimana anda tidak bisa bicara bahkan seluruh anggota badan anda tidak bisa digerakan.

Memang hal tersebut wajar terjadi, karena sebelum anda tertidur, pastinya anda melihat sesosok mahluk halus terlebih dahulu sebelum anda mengalami ketindihan.

Baca Juga 5 Doa Agar Tidak Mengalami Ketindihan

Biasanya sosok mahluk halus itu berwujud seperti seorang perempuan berambut panjang bahkan bisa juga seorang laki-laki yang berwajah menyeramkan.

Dan setelah anda bangun dari ketindihan tersebut, alangkah baiknya jangan tidur lagi dikarenakan mungkin anda bisa terkena ketindihan lagi atau mengalami sleep paralysis.

Lebih baik menunggu beberapa menit sebelum anda tidur. Lalu apa penyebab ketindihan tersebut? Yuk simak pembahasan berikut ini.

Berikut beberapa penyebab ketindihan saat tidur menurut islam beserta penjelasannya:

  • Pengaruh jin
  • Ruangan telah lama tidak dihuni
  • Tempat tidur bekas
  • Tidak membaca doa seelum masuk ke dalam rumah
  • Tidur dalam posisi telentang

1. Pengaruh Jin

cara mengatasi ketindihan

Dalam kepercayaan Islam, jin dianggap sebagai makhluk halus yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi kehidupan manusia. Ketindihan sering kali dianggap sebagai interaksi dengan jin yang mencoba mengganggu manusia saat tidur.

Jin ialah penyebab utamanya dapat membuat seseorang merasa tidak dapat bergerak, bernapas, bahkan berbicara. Dalam situasi ini, dianjurkan bagi kalian yang mengalami ketindihan untuk berusaha membaca ayat-ayat Al-Qur'an, berdoa, atau mengingat Allah untuk mengusir pengaruh jin tersebut.

2. Ruangan yang telah lama tidak Dihuni

ruangan angker penyebab ketindihan

Ruangan yang telah lama tidak dihuni kerapkali dikaitkan dengan hal hal mistis. Sebelum anda memutuskan untuk tidur, ada baiknya pastikan apakah ruangan tempat tidur tersebut tidak kosong atau tidak dihuni selama 3 bulan.

Menurut islam, jika ruangan tidak dihuni selama berbulan-bulan, maka pada malam hari ruangan tersebut akan dihuni oleh syaiton atau mahluk halus.

Dikarenakan setan dan jin ini suka sekali dengan ruangan yang kotor atau tidak terawat. Apalagi jika ruangan tersebut berada di bagian paling pojok belakang rumah. Tak heran jika anda berada di ruangan yang tidak dihuni berbulan-bulan, maka anda dapat merasakan hawa kehadirannya.

3. Tempat Tidur Bekas

Tempat tidur bekas yang dimaksud ialah kamar tidur yang berada di ruangan yang tidak dihuni, alasannya mudah. Tempat tidur tersebut telah menjadi tempat tinggal bagi beberapa jin dan mahluk halus.

Hal ini bisa dibuktikan bila anda membeli tempat tidur dari tempat yang tidak dihuni sampai bertahun-tahun. Terutama di bagian kolong tempat tidur, yang terbengkalai atau tidak dibersihkan (Kotor).

Walaupun memang tempat tidur yang anda beli ini terlihat nyaman, tetapi apakah tempat tidur tersebut tidak ada penghuninya? Tak heran,beberapa orang akan merasakan hawa keberadaan mahluk astral tersebut.

4. Tidak Membaca Doa sebelum masuk ke Rumah

Ketika kita tidak membaca doa, maka diibaratkan kita ini mengijinkan setan dan jin tersebut untuk memasuki rumah anda. Lalu apa yang akan terjadi? Tidak menutup kemungkinan ia akan tinggal di tempat tidur anda.

5. Tidur dalam posisi telentang

Tahukah kamu, tidur dalam posisi telentang dapat menyebabkan seseorang mengalami ketindihan? Pada posisi telentang tidak secara langsung dapat menyebabkan ketindihan atau sleep paralysis, tetapi posisi tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya kondisi yang dikenal sebagai sleep apnea atau gangguan pernapasan saat tidur.

Cara Mengatasi Ketindihan saat tidur dalam islam

Apa yang harus dilakukan saat ketindihan? Berikut beberapa hal yang wajib kamu lakukan agar tidak ketindihan saat tidur beserta penjelasannya:

  • Berwudhu sebelum tidur
  • Membaca doa sebelum tidur
  • Pastikan ada orang di rumah
  • Tetap tenang

1. Berwudhu sebelum Tidur

Salah satu cara mengatasi ketindihan saat tidur yang pertama ialah tidurlah kalian dalam keadaan berwudhu. Hal ini berdasarkan hadits Al Baro’ bin ‘Azib, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الأَيْمَنِ

“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)

2. Membaca Doa Sebelum Tidur

Cara mengatasi rep repan yang berikutnya ialah membaca doa sebelum melakukan sesuatu sangat diwajibkan di dalam islam, terutama ketika anda mau tidur. hal tersebut agar pada saat anda tidur tidak diganggu oleh mahluk halus. Berikut Doa Agar Tidak Ketindihan.

Dari Hudzaifah, ia berkata,

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ قَالَ « بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا » . وَإِذَا اسْتَيْقَظَ مِنْ مَنَامِهِ قَالَ « الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا ، وَإِلَيْهِ النُّشُورُ »

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari no. 6324)

Serta ada baiknya anda juga membaca Ayat Kursi sebelum tidur dikarenakan ayat tersebut mampu menjaga anda dari gangguan syetan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata,

وَكَّلَنِى رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – بِحِفْظِ زَكَاةِ رَمَضَانَ ، فَأَتَانِى آتٍ ، فَجَعَلَ يَحْثُو مِنَ الطَّعَامِ ، فَأَخَذْتُهُ فَقُلْتُ لأَرْفَعَنَّكَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – . فَذَكَرَ الْحَدِيثَ فَقَالَ إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِىِّ لَنْ يَزَالَ عَلَيْكَ مِنَ اللَّهِ حَافِظٌ ، وَلاَ يَقْرَبُكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ . فَقَالَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – « صَدَقَكَ وَهْوَ كَذُوبٌ ، ذَاكَ شَيْطَانٌ »

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menugaskan aku menjaga harta zakat Ramadhan kemudian ada orang yang datang mencuri makanan namun aku merebutnya kembali, lalu aku katakan, “Aku pasti akan mengadukan kamu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam“. Lalu Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menceritakan suatu hadits berkenaan masalah ini. Selanjutnya orang yang datang kepadanya tadi berkata, “Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi“. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Benar apa yang dikatakannya padahal dia itu pendusta. Dia itu syetan“. (HR. Bukhari no. 3275)

3. Pastikan Ada Orang di Rumah tersebut

Cara menghilangkan rep repan selanjutnya ialah pastikan dirumah kalian ada seseorang. Hal ini bertujuan agar orang tersebut dapat membangunkanmu ketika mengalami ketindihan tersebut. Namun bagaimana jika anda tidur di kost-kosan? silahkan anda baca cara mengatasi ketindihan selanjutnya.

4. Tetap Tenang

Jika anda sudah terlanjur mengalami ketindihan, maka cara mengatasi rep repan saat tidur yang harus anda lakukan adalah tetap tenang dan tidak tidur kembali, alasannya yakni jika anda tidur kembali, ada kemungkinan anda akan mengalami rep repan lagi.

Ada baiknya 30 menit sebelum tidur, anda berwudhu serta membaca surat Al Ikhlas dan Ayat Kursi. Walaupun memang anda tidak bisa berbicara ketika ketindihan ini, anda bisa membacanya di dalam hati.

Demikian yang bisa Islamtwins insurance bagikan tentang Penyebab Ketindihan saat tidur dalam Islam. Semoga pembahasan ini dapat menambah ilmu kalian. Tetap tenang dan selalu berdoa agar mendapat perlindungannya. insurance quotes

Posting Komentar untuk "Mengejutkan! Ternyata Inilah Penyebab Ketindihan Saat tidur dalam Islam"