Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Doa Agar Tidak Mengalami Ketindihan

Mungkin banyak diantara kalian disini yang tidak mengetahui tentang doa agar tidak mengalami ketindihan.

Ketindihan secara medis diartikan sebagai Sleeping Paralysis atau yang sering dikenal dengan kelumpuhan dikala tidur.

Namun pastinya kamu pernah mengalami ketindihan bukan? ketika sebelum kalian mengalami ketindihan, anda melihat sesosok perempuan yang menyeramkan dan setelah kalian melihatnya seketika itu pula anda akan dibawa ke suasana dimana seluruh tubuh tidak bisa bergerak serta tidak bisa berbicara.

Sedangkan ketindihan menurut islam ialah salah satu mimpi buruk yang dapat dirasakan oleh siapa saja. Dalam agama Islam, tiap mimpi buruk ialah bagian dari rencana setan serta jin buat mengganggu manusia. 

Alangkah baiknya berwudhu terlebih dahulu sebelum anda membaca doa untuk melindungi anda dari gangguan syetan serta mahluk halus lainnya. Tahukah anda, bahwa ada doa agar anda terhindar dari ketindihan ini loh. Mau tau doa nya? Berikut Doa Agar Tidak Mengalami Ketindihan :

Hal ini berdasarkan hadits Al Baro’ bin ‘Azib, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الأَيْمَنِ

“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)

Sehingga penyebab ketindihan menurut hadist diatas disebabkan oleh mimpi buruk dari setan dan jin. 

Doa Agar Tidak Mengalami Ketindihan

Doa Agar Tidak Ketindihan

Berikut Urutan Doa Agar Tidak Mengalami Ketindihan

1. Surah Al Fatihah

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

bismillāhir-raḥmānir-raḥīm

"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang."

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ

al-ḥamdu lillāhi rabbil-'ālamīn

"Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam,"

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ

ar-raḥmānir-raḥīm

"Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,"

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ

māliki yaumid-dīn

"Pemilik hari pembalasan."

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ

iyyāka na'budu wa iyyāka nasta'īn

"Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan."

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ ۙ

ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm

"Tunjukilah kami jalan yang lurus,"

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ

ṣirāṭallażīna an'amta 'alaihim gairil-magḍụbi 'alaihim wa laḍ-ḍāllīn

"(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat."

2. Doa Sebelum Tidur dan Sesudah Anda Bangun Tidur

Membaca doa sebelum melakukan sesuatu sangat diwajibkan di dalam islam, terutama ketika anda mau tidur. hal tersebut agar pada saat anda tidur tidak diganggu oleh mahluk halus.

Berikut ialah bacaan doa sebelum tidur:

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut”.

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Dari Hudzaifah, ia berkata

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ قَالَ « بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا » . وَإِذَا اسْتَيْقَظَ مِنْ مَنَامِهِ قَالَ « الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا ، وَإِلَيْهِ النُّشُورُ »

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari no. 6324)

Baca Juga 3 Penyebab Ketindihan Mahluk Halus

2. Surah An Nas

بسم الله الرحمن الرحيم

Bismillahirrahmaanirrahiim

 قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ

qul a'ụżu birabbin-nās

Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,

مَلِكِ النَّاسِۙ

malikin-nās

Raja manusia,

اِلٰهِ النَّاسِۙ

ilāhin-nās

Sembahan manusia,

مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ

min syarril-waswāsil-khannās

Dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi,

الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ

allażī yuwaswisu fī ṣudụrin-nās

Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,

مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

minal-jinnati wan-nās

Dari (golongan) jin dan manusia.”

3. Surat Al Ikhlas

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmanirrahim

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ

Qul huwallahu ahad

Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.

اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ

Allahu somad

Allah tempat meminta segala sesuatu.

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ

lam yalid wa lam yụlad

(Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.

وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ

wa lam yakul lahụ kufuwan ahad

Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia

4. Ayat Kursi

Serta ada baiknya anda juga membaca Ayat Kursi sebelum tidur dikarenakan ayat tersebut mampu menjaga anda dari gangguan syetan.

Bacaan Ayat Kursi

,للَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

(Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata,

وَكَّلَنِى رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – بِحِفْظِ زَكَاةِ رَمَضَانَ ، فَأَتَانِى آتٍ ، فَجَعَلَ يَحْثُو مِنَ الطَّعَامِ ، فَأَخَذْتُهُ فَقُلْتُ لأَرْفَعَنَّكَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – . فَذَكَرَ الْحَدِيثَ فَقَالَ إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِىِّ لَنْ يَزَالَ عَلَيْكَ مِنَ اللَّهِ حَافِظٌ ، وَلاَ يَقْرَبُكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ . فَقَالَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – « صَدَقَكَ وَهْوَ كَذُوبٌ ، ذَاكَ شَيْطَانٌ »

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menugaskan aku menjaga harta zakat Ramadhan kemudian ada orang yang datang mencuri makanan namun aku merebutnya kembali, lalu aku katakan, “Aku pasti akan mengadukan kamu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam“. Lalu Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menceritakan suatu hadits berkenaan masalah ini. Selanjutnya orang yang datang kepadanya tadi berkata, “Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi“. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Benar apa yang dikatakannya padahal dia itu pendusta. Dia itu syetan“. (HR. Bukhari no. 3275)

Baca Juga 12 Khasiat Membaca Ayat Kursi Setiap Hari

Bacalah 5 Surah ini minimal 3x dan kemudian dilanjut dengan istigfar kepada allah, insya allah kamu akan terlindungi dari para syaiton ini.

Bagaimana Cara Bangun dari Sleep Paralysis atau Mimpi Ketindihan?

Untuk secara teknisnya cara bangun dari sleep paralysis atau mimpi ketindihan cukup dengan "Jangan Panik" atau bersikap tenang, karena hal tersebut dapat mengurangi hal-hal negatif yang akan muncul pada diri kita serta syaiton ini akan menyukai bila anda takut kepadanya dan bukan Allah subhanahu wa ta'ala.

Untuk Doa nya sendiri anda hanya cukup dengan melafalkan surah al ikhlas, istigfar dan ayat kursi (bila hafal). Pastinya akan susah untuk tidak panik, karena pada saat di posisi ketindih anda tidak bisa bergerak dan juga berbicara.

Bila anda tidak bisa bersikap tenang, mungkin anda cukup memikirkan bahwa yang menindihi diri kalian ini ialah hewan manis peliharaanmu seperti kucing anggora, kucing persia, dll.

Insya Allah anda akan terhindar dari yang namanya Ketindihan oleh mahluk halus.Semoga Doa Agar Tidak Mengalami Ketindihan ini dapat bermanfaat, Jangan lupa untuk share kepada teman-teman anda, terutama yang belum mengetahui tentang doa ini.

Posting Komentar untuk "5 Doa Agar Tidak Mengalami Ketindihan"