250x250

12 Khasiat Membaca Ayat Kursi Setiap hari, Manfaat No 11 Masyaallah

hpk
250x250
in artikel
12 Khasiat Ayat Kursi
Pixabay

Sebagai orang yang beriman, kita diwajibkan untuk bertaqwa serta berdzikir hanya kepada allah ta'ala. Ayat Kursi merupakan dzikir yang wajib anda baca ketika sesudah menunaikan ibadah sholat dan juga sebelum tidur.

Membaca ayat kursi setiap hari mampu melindungi kita dari marabahaya yang datang menghampiri serta menjauhkan kita dari terjerumusnya kemaksiatan. Dengan membaca Ayat Kursi ini, erat kaitannya dengan sebuah perlindungan yang Allah subhanahu wa ta'ala berikan.

Nabi Muhammad SAW sempat berkata bahwa ayat ini adalah ayat yang terpenting di dalam Alquran. Bahkan, Ayat Kursi ini adalah salah satu dari empat bagian Alquran yang melekat pada Arsh (Tahta Allah).

Di dalam sebuah hadits yang telah diriwayatkan oleh Ubay bin Ka'ab, Ayat Kursi adalah ayat yang paling utama di dalam Alquran. Pada bacaan Ayat Kursi berisi tentang keesaan Allah serta kekuasaannya yang paten atau mutlak.

Dengan mencerna isi atau kandungan dari ayat kursi inipun kita tahu bahwa allah subhanahu wa ta'ala adalah tuhan yang esa serta tidak ada tuhan yang berhak disembah melainkan dia, yang mengatur alam semesta, baik itu yang ada di langit maupun di bumi.

Disamping itu, pastinya anda akan tertarik bukan tentang bagaimana ayat kursi ini diturunkan ke bumi? berikut proses turunnya Ayat Kursi ke Bumi : 

Sejarah Turunnya Ayat Kursi

Ketika Ayat Kursi ini akan diturunkan oleh allah subhanahu wa ta'ala kepada Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam di bumi, Ayat Kursi ini dibawa langsung oleh malaikat Jibril yang disertai juga dengan 70 ribu malaikat. Seluruh alam semesta dan isinya tak terkecuali langit dan bumi turut menyambut ayat tersebut dengan penuh kehormatan.

Syaiton yang merasakannya pun berlarian kesana-kemari karena ke agungan ayat kursi ini. Sembari melaporkan kepada Raja Iblis yang juga gemetar serta ketakutan, Raja Iblis ini menyuruh tentara syaiton untuk mencari asal dari sumber yang membuatnya ketakutan.

Sesampainya disana, tentara iblis ini melihat bahwa ternyata Ayat Kursi ini diberikan langsung oleh malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam dengan disertai 70 ribu malaikat yang mendampinginya. Tentara Iblispun semakin ketakutan akan hal tersebut.

Sehingga kita sebagai kaum yang beriman tak ada salahnya untuk mengamalkan Ayat Kursi ini dan pastinya dengan mengamalkan ayat kursi tersebut, kita dijauhkan dari marabahaya dan menghalangi niat syaiton menuju ke arah jalan yang sesat.

Berikut Bacaan Ayat Kursi beserta artinya :

Bacaan Ayat Kursi

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Bacaan Ayat Kursi Latin

(Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim)

Berikut Artinya

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Khasiat dan Manfaat Membaca Ayat Kursi dalam Kehidupan Sehari-hari

Banyak sekali khasiat yang akan kita dapatkan ketika kita mengamalkan ayat kursi ini, Mulai dari perlindungan yang allah subhanahu wa ta'ala berikan, Jodoh, Rezeki bahkan balasan masuk ke dalam surganya.

Dan salah satu cara berdzikir kepada allah subhanahu wa ta'ala ialah dengan membaca ayat kursi yang memiliki banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan. Berikut manfaat membaca Ayat Kursi.

1. Mendapat Perlindungan dari Allah subhanahu wa ta'ala

Manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita mengamalkan serta membacanya setiap hari adalah mendapatkan perlindungan darinya. Tentunya kita tahu bahwa tidak ada perlindungan yang sempurna selain dari Allah subhanahu wa ta'ala.

Dengan izinnya kita juga akan terhindar dari godaan syaiton, Kejahatan manusia serta dari hal-hal negatif yang akan menghampiri kita.

2. Dijaga dari Syaitan dan juga Kejahatan Pembesar

Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda "Umatku yang membaca ayat kursi sebanyak 12 kali pada pagi hari di hari jumat kemudian berwudhu dan shalat sunah dua rakaat, Allah akan memeliharanya dari kejahatan syaiton dan kejahatan pembesar.

3. Dibukakannya Pintu Rezeki dan Hikmah yang luas

Melansir dari Kitab "Asraaul Mufidah" Barang siapa yang membacanya setiap hari sebanyak 18 kali, maka allah akan membukakan pintu rezeki kepadanya, dibukakan dadanya dengan penuh berbagai hikmah, dinaikan derajatnya sehingga orang-orang disekitarnya akan menghormatinya.

4. Mencerdaskan Akal Pikirannya

Menurut Syeikh Abu Abbas, barang siapa yang membacanya sebanyak 50 kali kemudian ditiupkannya ke air hujan lalu diminumnya, Insya allah, Allah akan memudahkannya dalam menerima ilmu pengetahuan.

5. Di hilangkannya Kefakiran Pada Dirinya

Nabi Muhammad SAW bersabda “barang siapa yang pulang kerumahnya dan membaca ayat kursi, Allah akan menghilangkan segala kefakiran di depan matanya”

6. Akan Dicintai Oleh Allah

Orang yang selalu membaca dan juga mengamalkannya akan dicintai dan juga akan dipelihara Allah subhanahu wa ta'ala sebagaimana DIA memelihara Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam.

7. Dilindungi oleh 2 Malaikat

Anda pasti pernah mengalami Ketindihan oleh Mahluk Halus bukan? dengan membaca Ayat Kursi ini, kita akan dilindungi oleh 2 malaikat. "Barang siapa yang membaca ayat kursi sebelum ia berbaring ke tempat tidur maka allah akan memerintahkan 2 malaikat untuk menjaganya selama ia tidur hingga subuh"

8. Penyambung Masuk Ke Surga

Barang siapa yang membaca ayat kursi di tiap akhir sholatnya, maka tidak ada yang menghalangi ia dan syurga kecuali maut. Dan barang siapa yang membacanya sebelum tidur maka Allah akan menjaganya ke atas rumahnya, rumah jirannya dan ahli rumah-rumah sekitarnya.

9. Akan Terhindar dari Para Pencuri

Dengan izin Allah, Orang yang mengamalkan ayat kursi akan terhindar dari pencerobohan. Ayat Kursi akan menjadi benteng kokoh yang membatasi ruang lingkup pencuri yang akan memasuki rumah.

10. Mengusir Syaitan dan Jin yang Tinggal di Rumah Baru yang akan Ditempati

Bagi anda yang baru saja pindah ke rumah baru, alangkah baiknya membacakan ayat kursi sebanyak 100 kali di dalam rumah tersebut. Dengan izin allah, keluargamu akan terjaga dari gangguan lahir dan batin.

11. Memudahkan Pengambilan Rohnya

Barang siapa yang membaca Ayat Kursi di akhir shalatnya, Allah azza wajalla akan mengendalikan pengambilan rohnya serta akan seperti wafatnya orang yang berperang bersama nabi Allah sehingga mati syahid.

12. Diberikan Pertolongan Oleh Allah

Dari Abdullah bin 'Amr r.a "Barang siapa yang membaca ayat kursi dalam kesempitan, niscaya Allah akan memberikan pertolongan kepadanya, menunaikan segala hajat yang ia punya, dan diberikan apa yang ia tuntut kepadanya(yang ia doa kan)

Itu dia khasiat dan manfaat membaca ayat kursi setiap hari yang akan kita dapatkan. Tentunya mendapat perlindungan dari Allah adalah hal yang sangat kita butuhkan untuk terhindar dari godaan syaitan. Semoga ilmu yang dibahas ini menjadi berkah dan dapat diamalkan serta bermanfaat.


300x600

0 Response to "12 Khasiat Membaca Ayat Kursi Setiap hari, Manfaat No 11 Masyaallah"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 1X ] [ close ]