Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Amalan Terbaik di hari Jumat

amalan terbaik di hari jumat

Islamtwins.com - Amalan terbaik di hari Jumat adalah amalan yang mempunyai keutamaan tersendiri, tidak sedikit riwayat dikatakan mengenai keutamaan hari Jumat ini.

Pada hari Jum’at, seluruh umat muslim laki-laki diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat Jumat di Masjid.

Tidak hanya shalat Jumat yang wajib dilakukan, Namun ada juga amalan - amalan terbaik di hari Jumat yang sebaiknya dilakukan.

Amalan-amalan yang dilakukan pada hari Jumat bernilai tinggi di segi Allah SWT.

Amalan Sunnah Yang Dilakukan Rasulullah Di Hari Jumat

amalan terbaik di hari jumat

Allah SWT sangat memuliakan umat Nabi Muhammad SAW dengan hari Jumat. Bahkan kemuliaan tersebut berlaku di zaman modern ini, tidak hanya itu Rasulullah melakukan beberapa amalan sunnah di hari Jumat.

Pastinya, amalan terbaik di hari jumat yang dilakukan Rasulullah sangat berarti serta manfaatnya luar biasa. 

Berikut Amalan Terbaik di Hari Jumat, yang Dapat anda Kerjakan, Diantaranya :

1. Membaca Surat Al-Kahfi

Amalan Di Hari Jumat yang terbaik pertama ialah dengan membaca Surat Al Kahfi. Membaca Surat Al-Kahfi merupakan salah satu amalan sunnah di hari Jumat yang sangat luar biasa.

"Barangsiapa yang membaca serta mengamalkan surah Al-Kahfi pada malam Jumat, dirinya akan disinari cahaya antara dirinya serta Kabah.” (HR. Ad-Darimi)

Dalam riwayat lain juga dikatakan, bahwa pahala menyimak surat Al Kahfi akan disinari oleh cahaya (mendapatkan kebaikan) di antara dua Jum'at.

2. Membaca Surat As-Sajadah dan Surat Al-Insan

Rasulullah SAW biasa membaca surat-surat tertentu pada hari Jum'at. Di antaranya artinya adalah surat A-Sajadah dan juga surat Al-Insan.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menyimak pada sholat Subuh pada hari Jum’at “Alam Tanzil …” (surat As-Sajdah) pada raka’at pertama serta “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro” (surat Al-Insan) pada raka’at kedua” (HR.Muslim no 880).

3. Memperbanyak Dzikir serta Doa

Dzikir di hari jumat merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengingat Allah, serta kita diperintahkan untuk banyak-banyak mengingat Allah dengan berdzikir kepada-Nya di hari Jum’at.

"Wahai orang yang beriman, apabila anda diseru untuk sholat pada hari Jum’at, jadi bersegeralah mengingat Allah SWT". (QS.Al-Jumu’ah: 9).

Berikut bacaan dzikir yang dibaca di hari jumat:

(Astaghfirullahalladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atubu ilaihi).

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah, dzat yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Tegak.

Seperti dalam hadits dari Abu Hurairah radiyallahu anhu, Nabi Muhammad SAW juga menyebut hari Jum’at kemudian berkata,

“Di hari Jum’at tersedia satu waktu yang apabila seorang muslim melakukan sholat di dalamnya serta memohon sesuatu terhadap Allah SWT niscaya permintaannya akan dikabulkan".

Lalu beliau memperlihatkan isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikit waktu itu. (HR.Bukhari serta Muslim).

Sedikit waktu yang dimaksud dalam hadits tersebut artinya detik terbaru di hari Jum’at, yaitu menjelang Maghrib.

4. Memperbanyak Sholawat Nabi

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga bersabda, "Sesungguhnya hari yang paling mutlak bagi anda artinya hari Jum’at. Maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, sebab shalawat nabi anda akan disampaikan kepadaku. Kemudian para teman berkata,

“Bagaiamana ditunjukkan kepadamu sedekahkan engkau sudah menjadi tanah?". Lalu Nabi bersabda, "Sesungguhnya Allah SWT mengharumkan bumi untuk memakan jasad para Nabi." (HR.Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa-i). Sholawat hari Jumat.

5. Mandi serta Membersihkan Diri di Hari Jumat

Meskipun setiap hari kita dianjurkan untuk mandi, tetapi di hari Jumat ada sunnah untuk mandi sebelum Jumat. Seperti dalam hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at jadi ia mandi semacam mandi janabah.“ (HR.Bukhari serta Muslim).

6. Memakai Pakaian Terbaik serta Wewangian

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

”Wajib bagi anda untuk membeli 2 buah pakaian untuk sholat Jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja. “(HR.Abu Dawud serta Ibnu Majah dinilai shahih oleh Al Albani).

Sementara anjuran untuk memakai wewangian, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Barang siapa yang mandi pada hari Jum’at serta bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut alias minyak wangi lalu pergi ke masjid serta tak memisahkan antara dua orang, lalu sholat sesuai dengan performa dirinya, serta saat imam mengawali khutbah, ia membisu serta mendengarkannya jadi akan diampuni dosanya mulai Jum’at hingga Jum’at berikutnya“. (HR. Bukhari serta Muslim).

7. Menyegarakan Pergi ke Masjid

Selain berbagai amalan sunnah di hari Jumat semacam yang sudah disebutkan di atas, ada salah satu amalan lain yang tak kalah pentingnya. Yaitu menyegerakan untuk datang ke masjid. Anas bin Malik berkata, "Kami berpagi-pagi menuju shalat Jumat serta tidur siang seusai shalat Jumat". (HR. Bukhari).

Sejatinya, amalan sunnah yang dilakukan Rasulullah SAW tetap banyak. Sebagai umat muslim, melakukan amalan sunnah merupakan kebahagiaan dunia serta akherat. Kalian dapat mempraktekan amalan sunnah diatas sebagaimana Nabi Muhammad SAW melakukannya sepenuh hati.

Demikian amalan terbaik di hari jumat yang dapat fahri berikan, semoga dengan adanya postingan ini, kamu dapat menambah pahala berlimpah pada hari jumat.

Posting Komentar untuk "7 Amalan Terbaik di hari Jumat"