Cara Perawatan Lovebird Pada Saat Bertelur

Cara Perawatan Burung Lovebird

Cara perawatan lovebird pada saat bertelur memang penting untuk anda ketahui, khususnya para peternak burung jenis ini.

Umumnya ketika memelihara lovebird yang sedang bertelur, kita harus memperhatikan makanan pokok agar nantinya mereka mau memakan pakan tersebut. Selanjutnya untuk makanan tambahannya anda bisa memberinya jagung yang masih muda setiap hari serta sayuran sawi putih selam dua hari sekali .

Cara Perawatan Lovebird Pada Saat Bertelur

Tujuan dalam pemberian pakan tambahan semacam halnya jagung belia yaitu sebagai tambahan protein supaya telur yang dihasilkannya mampu menjadi embrio.

Memang tak sedikit telur yang dihasilkan tak hingga menjadi embri, yang setelahnya tak mampu menetas. pada umumnya seusai masa kawin burung lovebird ini 7 hari hingga dengan 11 hari selanjutnya akan bertelur.

Setelah indukan betina telah mulai mengerami, kita hentikan dulu makanan tambahan semacam jagung muda. Jadi lumayan berbagi milet putih dan kanari set dengan takaran dua banding satu. Hal ini juga mampu berfungsi mencegah timbunan lemak dibagian dada atau kegemukan pada lovebird.

Setelah indukan lovebird mengerami selama 21 hari jadi telur akan segera menetas. Burung lovebird ini punya keunikan, yaitu untuk telurnya tak selamanya menetas secara bersamaan. Ada yang ketika usia 22 hari dierami kemudian baru menetas dan juga ada yang lebih dari 30 tidak kunjung menetas.

Bahkan mampu juga pada ketika usia 25 hari disusul telur lain yang menetas. Banyak ahli lovebird yang mengungkapkan apabila lovebird mengerami telurnya selagi 21 hari hingga dengan 27 hari.

Pakan Lovebird Saat Bertelur

Cara perawatan lovebird pada saat bertelur harus diperhatikan terutama pada pakannya. Pakan paling baik bagi lovebird yang sedang bertelur yaitu makanan yang berkualitas yang mengandung banyak protein.

Tujuan pakan yang baik itu supaya telurnya mampu menjadi embrio serta menetas semua. Sesudah lovebird kawin, jadi dalam satu minggu selanjutnya, lovebird betina akan bertelur.

Siklus bertelur lovebird yaitu dua hari sekali. Jumlah telur yang dihasilkan sesuai dengan keturunan indukan dan hal pakan yang diberikan.

Berikut Pakan untuk Lovebird yang sedang Bertelur :

1. Canary Seed

Pakan untuk lovebird bertelur

Canary seed merupakan pakan yang baik untuk lovebird bertelur. Canary seed juga mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi dari pada dengan makanan utama lovebird semacam milet putih. Makanan tersebut mengandung tak sedikit karbohidrat yang baik untuk kesehatan lovebird.

Perlu anda ingat, jangan memberikannya secara berlebihan. Berikanlah makanan dengan cara bervariasi alias dengan dicampurkan.

Sesudah indukan kawin, berikanlah porsi canary seed ini lebih banyak dibandingkan dengan milet putih. Perbandingannya ialah 2 banding 1, 2 untuk canary seed dan 1 untuk milet putih.

2. Jagung Muda

Perawatan lovebird pada masa bertelur juga bisa diberikan makanan yang berupa jagung muda. Kandungan protein pada jagung belia juga begitu tinggi. Jagung belia juga tergolong pakan yang harus ada ketika indukan sedang meloloh anaknya.

Perlu anda ingat, hentikan pemberian pakan jagung muda, ketika indukannya telah nampak mengerami.

Kesimpulan

Sebenarnya cara perawatan lovebird gampang-gampang susah, tinggal kitanya saja. Dengan perawatan lovebird pada masa bertelur yang cocok dan pemberian makanan yang tepat, jadi indukan akan mampu menghasilkan telur yang berkualitas tinggi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url