Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur

 Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur

Burung lovebird ialah salah satu tipe burung yang tidak sedikit diminati untuk dijadikan burung peliharaan. Namun tahukah anda, Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur?

Saat berada di alam liar, burung lovebird mudah sekali untuk bertelur serta juga mengeram. Hal tersebut mampu terjadi secara terus-menerus selagi indukan tetap produktif.

Tetapi kenapa ketika di dalam sangkar penangkaran, Burung lovebird kesulitan untuk bertelur bahkan sampai menetas? Untuk itu, kalian wajib mengetahui bagaimana cara agar lovebird cepat bertelur setelah menetas.

Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur

Sudah tidak bisa dipungkiri banyak sekali orang-orang yang berminat untuk merawat sepasang burung lovebird ini. Hal tersebut tidak lepas dari pesona keindahan burung ini. Mengapa sepasang? alasannya ialah lovebird ini merupakan burung cinta.

Terlebih lagi cara merawat burung lovebird termasuk mudah. Burung tipe ini suka dengan semua tipe cuaca, tetapi keadaan alam yang lebih disukai ialah lahan kering serta iklim yang panas.

Berikut Cara Membuat Lovebird Cepat Bertelur :

1. Pasang Glodok Atau Sarang Kotak

Sebelum memulai proses bertelur, alangkah baiknya kita sudah menyiapkan sarang untuknya bertelur. Sarang kotak atau yang biasa disebut dengan glodok ini ialah tempat lovebird untuk meletakkan telur serta juga mengeraminya. Oleh alasannya itu, kalian wajib perhatikan beberapa ukuran glodok serta juga tata letaknya supaya lovebird betina mampu cepat bertelur.

Glodok menjadi sangkar khusus digunakan dalam pemeliharaan lovebird. Sebab di tempat aslinya lovebird punya sifat alamiah untuk membentuk sarang sendiri serta juga mengerami telurnya. Seperti di lubang-lubang yang terdapat di pepohonan. Dengan begitu, glodok menjadi sangkar buatan yang dibangun menyerupai tempat asal alaminya burung lovebird.

Sebaiknya ukuran glodok tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Buat ukuran sesuai dengan ukuran burung lovebird. Lubang pintunya juga jangan terlalu besar, tetapi diadaptasi dengan ukuran tubuh burung lovebird yang mau bertelur ini.

Biasanya luas ukuran ruangan tempat mengeramnya memiliki ketebalan 2,5 cm alasannya yaitu lovebird umumnya akan menyusun sarangnya kembali.

2. Pilih Indukan Lovebird Yang Tepat

Setelah mempersiapkan tempat yang sesuai, langkah selanjutnya adalah memilih indukan betina serta juga jantan yang siap untuk dikembangbiakan. Dalam faktor ini, yang paling susah ialah membedakan antara lovebird jantan serta betina. Untuk pemula, sangat susah bahkan memerlukan latihan khusus cara untuk membedakan lovebird jantan dan betina.

Indukan yang keren serta berkualitas mampu membikin keturunan yang dihasilkannya bagus. Sebaiknya kalian pilih indukan yang sehat, aktif bergerak, nafsu makannya meningkat serta reproduksi yang dihasilkan terbilang bagus.

Jika kalian ingin menghasilkan telur dengan cepat dan banyak, kalian mampu memilih indukan lovebird yang telah siap dikawinkan. Dengan begitu, kalian tidak memerlukan waktu yang lama. Indukan lovebird yang siap dikawinkan biasanya mempunyai usia ideal 1 tahun.

3. Persiapan Perjodohan

Sebelum proses perkawinan serta perkembangbiakan burung lovebird dimulai, terlebih dahulu kalian wajib melakukan proses perjodohan. Proses ini ialah dimana kalian mengenalkan indukan jantan serta betina yang telah anda pilih. Dekatkan 2 indukan tersebut supaya lebih mengetahui satu sama lain.

Anda mampu menempatkan pasangan lovebird lain di dalam satu ruangan namun beda kandang. Cara ini terbilang efektif, alasannya bunyi lovebird betina yang sedang bertelur mampu memancing lovebird betina yang belum siap bertelur supaya segera kawin serta juga bertelur.

Anda mampu melakukan penjemuran indukan lovebird jantan serta betina bersamaan. Dikarenakan proses ini mampu mempercepat perjodohan. Tapi sebaiknya sebelum melakukan proses ini, kalian tidak mencampur semua burung lovebird dalam satu kandang. Hal ini mampu memicu perkelahian. Burung lovebird umumnya suka menyerang bagian kaki sehingga dapat menimbulkan kecacatan.

4. Menghangatkan Kandang Dengan Lampu

Fungsi lampu disini ialah untuk menghangatkan indukan lovebird yang sedang dalam masa bertelur. Lampu yang digunakan ialah lampu full spektrum, alasannya lampu ini dipercaya mampu menolong lovebird untuk merasa hangat serta mempunyai warna cahaya yang mirip dengan sinar matahari.

Lampu ini sangat baik untuk kesehatan semua tipe burung termasuk juga burung lovebird. Kalian mampu menempatkannya dibagian atas sangkar serta mengatur kapan lampu tersebut dinyalakan. Sebaiknya lampu dimatikan pada waktu malam hari supaya burung merasa dirinya berada di alam liar.

5. Ganti Pakan Dan Minum Lovebird

Lovebird betina yang tidak juga bertelur mampu disiasati dengan merubah menu pakannya. Contohnya ialah dengan makanan yang mampu memicu hormon dari lovebird betina. Agar Lovebird betina cepat bertelur ada beberapa makanan yang disarankan semacam biji kuaci, tulang sotong, kangkung serta tauge.

Berikut Makanan Agar Lovebird Cepat Bertelur :

Tulang sotong  diperlukan untuk lovebird betina supaya mempunyai persediaan yang dibutuhkan. Pemberian satu sendok kuaci setiap dua kali sehari sekali untuk lovebird yang sedang Atau belum bertelur. 

Untuk minumnya juga wajib anda perhatikan. Sebaiknya minuman lovebird setiap hari diganti dengan yang baru. Disamping itu, bersihkan juga tempat minumnya dengan digosok memakai sikat gigi. Kemudian dibilas dengan air bersih serta disemprot memakai sprayer.

Jika dirasa sudah bersih, lalu beri minum berupa air sumur yang tidak berbau logam alias air yang berlumpur. Bila air sumur nya kotor, kalian mampu memakai air galon isi ulang untuk mengisi minumnya.

6. Beri Suplemen Tambahan Untuk Lovebird

Untuk merangsang birahi burung lovebird, anda dapat memberikan suplemen tambahan. Kalian mampu menunjukkan suplemen berupa ebod breeding yang mampu merangsang birahi serta mampu membenahi nilai telur.

Dengan menunjukkan suplemen ebod breeding, hal ini dapat menambah birahi dari lovebird jantan serta lovebird betina. Selain itu juga akan menambah nilai telurnya. Kesehatan anakan lovebird yang baru menetas juga akan terjaga dengan pemberian suplemen ini.

Di samping memakai ebod breeding, kalian juga mampu memakai Bird Mature yang dipercaya mampu menambah birahi dari burung lovebird jantan serta betina. Bahkan semenjak awal perjodohan hingga lovebird bertelur.

Disamping itu, dengan suplemen ini juga mampu menambah persentase telur fertil atau meningkatnya daya tetas telur lovebird. Suplemen ini juga mampu menolong menjaga kesehatan anakan lovebird yang baru saja menetas.

7. Jauhkan Lovebird Dari Gangguan Hewan Lain

Saat kalian melakukan cara ternak lovebird agar cepat bertelur ini, sebaiknya suasana sarang lovebird wajib aman dari gangguan fauna lain. Adapun gangguan fauna lain semacam tikus, tokek, cicak, cicak, anjing, kucing serta lainnya. Bila kalian ingin mendapatkan suasana lingkungan yang cocok untuk ternak lovebird, kalian wajib membebaskannya dari hewan-hewan tersebut.

Penutup

Sebenarnya cara agar lovebird cepat bertelur dan menetas itu gampang-gampang susah, namun bagi orang yang masih awam, tentunya hal ini terbilang sulit. Bagaimana tutorial cara agar lovebird cepat bertelur ini? mudah bukan? sekian dari saya, semoga artikel ini bisa membantu agar burung lovebird kesayangan anda cepat bertelur.

Posting Komentar untuk "7+ Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur"