Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Fakta Menarik Tentang Gunung Gede Pangrango yang Nampak dari Kemayoran, Jakarta Pusat

Gunung Gede Pangrango

islamtwins.com - Sebuah gambar pemandangan Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat yang terkesan dari Kemayoran, Jakarta Pusat menjadi viral di media sosial. Bahkan, gambar itu menjadi polemik lantaran dipertanyakan publik tentang keasliannya.

Hal tersebut terungkap melewati gambar yang diunggah oleh seorang pemakai Instagram yang bernama Ari Wibisono lewat akunnya @wibisono.ari. Gambar ini ia ambil pada pagi hari dari jembatan Kemayoran arah Gunung Sahari.

Gunung Gede Pangrango merupakan gunung di Pulau Jawa, tepatnya di Provinsi Jawa Barat yang masuk dalam daerah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Gunung tersebut adalah salah satu yang kerap dikunjungi para pendaki yang hendak berkemah sambil melepas penat dari hiruk-pikuk perkotaan.

Tidak hanya menjadi salah satu gunung yang kerap didaki, Gunung Gede Pangrango juga mempunyai sejumlah fakta luar biasa, yaitu sebagai berikut ini:

Fakta Menarik Gunung Gede Pangrango

1. Tempat rehabilitasi Owa Jawa

TNGGP artinya tempat pelestarian Owa Jawa, salah satu satwa endemik Indonesia yang terancam punah dampak banyaknya eksploitasi untuk dijadikan peliharaan, dan perusakan hutan.

Dikutip dari website resmi TNGGP, mereka bekerja sama dengan Yayasan Owa Jawa, Conservation International Indonesia, dan Universitas Indonesia untuk menyelamatkan dan merehabilitasi Owa Jawa semenjak 2006. Pada 3 Februari, TNGGP memberitahukan berita gembira yakni lahirnya bayi Owa Jawa betina dari pasangan Owa Jawa bernama Jolly dan Boby di sentra penyelamatan dan rehabilitasi Owa Jawa Javan Gibbon Center (JGC) di Resort PTN Wilayah Bodogol TNGGP.

2. Pemandangannya terkesan dari Bukit Aurora

Bukit Aurora artinya salah satu tempat wisata di Sukabumi yang memperkenalkan pemandangan Gunung Gede Pangrango walau jaraknya artinya 58,2 kilometer alias kurang lebih 2 jam 20 menit memakai mobil. Situs resmi TNGGP menyebutkan, tempat wisata tersebut menyediakan suatu gardu pandang dengan pemandangan perbukitan, pepohonan, dan Gunung Gede Pangrango di kejauhan.

Walaupun gunung tersebut terbilang lumayan jauh, tetapi gagahnya Gunung Gede Pangrango tetap bisa membikin orang-orang yang melihatnya dari Bukit Aurora terpukau.

3. Menjadi jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara

TNGGP mempunyai suatu jembatan gantung bernama Situ Gunung Suspension Bridge yang diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Maret 2019. Lihat Foto Wisatawan melintasi Suspesion Bridge yang terletak di daerah wisata Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (13/1/2019). 

4. Jalur pendakian Gunung Pangrango tetap ditutup

Saat ini, jalur pendakian Gunung Gede Pangrango tetap ditutup semenjak 1 Februari 2021. Rencananya, jalur akan dibuka pada 28 Februari. Lihat Foto Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Jawa Barat. Namun menurut akun Instagram @tn_gedepangrango, apabila pada 1 Maret cuaca dalam kondisi kurang baik berdasarkan prakiraan Stasiun Meteorologi BMKG Citeko Bogor, jadi jalur pendakian akan ditutup sampai info lebih lanjut.

5. Menjadi Peringkat pertama yang paling tak sedikit dikunjungi

Gunung Gede Pangrango, dalam faktor ini seluruh daerah TNGGP, sukses menduduki peringkat pertama dalam daftar 10 TN yang paling tak sedikit dikunjungi sepanjang 2020. Informasi tersebut diunggah oleh akun Instagram @ayoketamannasional yang dikelola Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Posisi yang diraih TNGGP sukses mengalahkan berbagai TN ternama semacam TN Bantimurung Bulusaraung, TN Bromo Tengger Semeru, TN Alas Purwo, bahkan TN Komodo.

6. Adanya curug yang diberi nama petugas

Sebagai suatu TN, TNGGP tak hanya memperkenalkan panorama Gunung Gede Pangrango tetapi juga berbagai tempat wisata berbasis alam tergolong Curug Andamas. Menurut website resminya, curug alias air terjun yang berlokasi di Resort PTN Goalpara tersebut diberi nama “Andamas” seusai nama para petugas yang berjaga di resor tersebut pada 2016.

Pada dikala itu, mereka bertiga tengah melakukan pemeriksaan ke lokasi curug yang belum diketahui namanya. Alhasil, para petugas tersebut berinisiatif menyematkan “Andamas” sebagai nama curug yang dikelilingi oleh pepohonan rindang dan tanaman rambat yang indah.

Jembatan tersebut digadang-gadang sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Sebab, panjangnya artinya 243 meter dengan lebar 1,2 meter dan berada pada ketinggian 107 meter dari dasar tanah.

Demikian 6 Fakta Menarik tentang gunung gede pangrango yang bisa disampaikan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang Jalur pendakian gunung gede pangrango.

Posting Komentar untuk "6+ Fakta Menarik Tentang Gunung Gede Pangrango yang Nampak dari Kemayoran, Jakarta Pusat"