250x250

Ulat Kandang, Pakan Bernutrisi Bagi Setiap Burung Kicau

hpk
250x250
in artikel

Ulat Kandang

Ulat Kandang - Berbicara tentang ulat yang satu ini, mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta burung kicau. Ulat Kandang dipercaya memiliki banyak sekali manfaatnya, terutama untuk pertumbuhan sang burung.

Banyak yang menduga apabila ulat ini bernama ulat Hongkong. Namun, ulat berwarna kecoklatan serta mengkilat ini nyatanya tidak sama jenisnya.

Ulat kandang terbukti kerap kali dibudidayakan. Selain gampang, ulat ini juga tidak sedikit peminatnya. Bahkan, tidak jarang dijadikan suplemen bagi burung untuk memantapkan kicauannya. Berikut berbagai manfaat ulat kandang yang harus kalian ketahui.

Manfaat Ulat Kandang Bagi Burung Kicauan

Ulat kandang terbukti kurang terkenal jika dibandingkan dengan ulat hongkong, Namun berbagai penelitian atas kandungannya, Ulat kandang terbukti mempunyai manfaat yang lebih jika dibandingkan dengan ulat hongkong. Berikut Manfaat Ulat Kandang Bagi Burung Kicau :

1. Lebih Mudah Dicerna

Ulat kandang memiliki ukurang yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan ulat hongkong, sehingga ulat kandang  ini, lebih mudah untuk dimakan oleh burung peliharaan anda.

2. Lebih Agresif

Perlu anda ketahui, selain memiliki ukuran yang lebih kecil, ulat kandang juga memiliki pergerakan yang lebih agresif, sehingga menimbulkan ketertarikan pada burung kicauan.

3. Penambah Stamina

Nyatanya ulat kandang ini memang pakan burung terbaik yang bisa anda berikan, Pemberian ulat kandang tidak akan mengubah burung kicauan kesayangan anda menjadi gemuk, Bahkan beberapa penelitian mengatakan, Dengan konsumsi ulat kandang secara teratur dapat  membuat burung kicauan tidak mudah loyo serta menjaga agar bulu tidak rontok.

4. Mudah Didapatkan dan Hemat Biaya

Ternyata untuk mendapatkan ulat kandang ini cukup mudah lho. Ulat kandang ini banyak dijumpai pada kotoran ayam yang sudah difermentasi, sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk membelinya.

Kandungan ulat kandang lumayan lengkap. Antara lain :

  • 48% protein kasar
  • 40% lemak kasar
  • Kadar abu hanya 3%
  • Kandungan air sampai 57 %
  • Ekstrak non nitrogen setara 8%

Cara Ternak Ulat Kandang Bagi Pemula

Untuk cara beternak ulat kandang pastinya memperlukan kesabaran. Tak mungkin segalanya mampu anda dapatkan dengan cara instan. Melalui rahasia cara ternak ulat kandang ini barangkali mampu dijadikan kesempatan bisnis, Berikut cara ternak ulat kandang :

  • Cari bibit ulat Lesser melewati petugas kandang
  • Sediakan box atau kotak dari bahan triplek. Idealnya mempunyai ukuran 1×1 meter. Dalam satu box kuantitas normal mampu mencapai 1 kilogram bibit ulat. Bisa juga sesuaikan dengan ukuran kotak
  • Rekatkan pinggiran box memakai lakban, supaya ulat tidak mampu bergerak naik
  • Taburi sentrat khusus ayam pedaging yang sudah di selip
  • Jangan lupa, lengkapi box dengan tumpukan jerami dengan susunan diatas sentrat. Ada pula dengan penyisipan janggel jagung maupun polar Gandum. Agar siklus si ulat balap lebih mantap
  • Letakkan bibit kepik atau bibit ulat di dalamnya. Kalian juga mampu menyiapkan kalender untuk penanda. Sekaligus mampu menentukan waktu panen serta mampu mencapai target.
  • Semprot wadah semaian ulat dengan air, selalu pagi juga sore. Hal ini bermanfaat sebagai asupan air bagi si calon ulat Lesser. Selain menjaga asupan minum ulat, air juga bertujuan menjaga kelembaban udara di box budidaya

Perlu anda ketahui, Pilihlah indukan ulat kandang yang terbaik. Pasalnya, dengan indukan yang baik, maka hasil ulat kandang nya juga akan lebih bagus lagi manfaatnya. Berikut Ciri Ciri Indukan Ulat Kandang yang Baik :

  • Indukan kepik dalam kondisi sehat serta baik
  • Memiliki ukuran seragam serta besar, tidak hanya itu mengatakan si kepik lumayan aktif
  • Mempunyai warna kulit mengilap serta segar atau tidak kusam
  • Cek, indukan harus siap bertelur. Sehingga, mengenai waktu antara budidaya serta panen lebih cepat.

Setelah anda memahami cara budidaya ulat kandang untuk pakan burung diatas, lantas pastinya kalian bingung tentang cara panen ulat kandang tersebut bukan? Terdapat teknik khusus yang bisa anda coba untuk memanen ulat kandang ini, Yaitu sebagai berikut :

Cara Panen Ulat Kandang Yang Baik

Bagi kalian yang hendak membudidayakan ulat kandang, mudah kok caranya. Apalagi, anda juga dapat mencarinya di internet, Namun kami akan membagikan anda tips mudah cara panen ulat kandang yang baik dan benar. Berikut rinciannya :

  • Ambil jerami, kibas-kibaskan jerami maka ulat terpisah
  • Sediakan alat ayakan dengan diameter celah sedikit lebar. Sehingga ulat sanggup melewatinya dengan mudah
  • Sediakan pula ayakan dengan celah kecil yang dapat digunakan untuk menyaring kopi. Ayakan ini bermanfaat untuk memisahkan sentrat sisa yang sudah terpengaruhi oleh ulat
  • Pindahkan yang akan terjadi ayakan yang berupa ulat maupun kepik ini kedalam daerah yang disediakan.
  • Nah, ulat siap digunakan.

Tips Perawatan Ulat Kandang Sebelum Diberikan Burung Kicauan

Merawat ulat kandang terbukti mampu dikatakan tak jauh dengan tutorial cara memelihara ulat hongkong yang akan dijadikan sebagai pakan burung kicauan. Supaya mampu menjaga agar ulat sangkar tersebut masih segar serta sehat, jadi pemberian pakan sebaiknya diutamakan.

Sedangkan untuk tutorial yang mampu kalian perbuat untuk memelihara ulat kandang yaitu dengan cara menaburi voer halus pada kawasan menyimpan ulat sangkar tersebut.

Anda juga mampu menunjukkan pakan semacam halnya sayuran semacam irisan kentang, wortel, maupun tipe sayuran yang lainnya. 

Kesimpulan

Jika anda menanyakan Perbedaan ulat kandang dan ulat hongkong, mana yang lebih baik? kami akan menjawabnya sesuai dengan yang diatas, yakni Ulat kandang.

Jika anda melihat Manfaat ulat kandang yang sudah ditulis diatas, maka anda akan menyadarinya berbagai macam manfaat yang bisa anda dapatkan dari ulat kandang yang satu ini.

Sekian semoga bermanfaat.

300x600

0 Response to "Ulat Kandang, Pakan Bernutrisi Bagi Setiap Burung Kicau"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 1X ] [ close ]