250x250

12+ Cara Merawat Kacer Mabung yang Benar

hpk
250x250
in artikel

 

Cara Merawat Kacer Mabung

Bagi Kalian yang mempunyai kacer yang lagi mabung, ada baiknya Kalian mengenal tutorial cara merawat kacer mabung yang benar supaya mempunyai bulu yang lebih indah. Ingat cara perawatan burung kacer mabung tidak sama dengan perawatan hariannya.

Baca Juga Cara Merawat Burung Lovebird Biar Gacor dan Juara Terlengkap

Apa itu Mabung? 

Mungkin bagi anda yang masih pemula, kata mabung ini terdengar asing. Pengertian mabung sendiri ialah proses dimana bulu - bulu burung akan menjatuhkan seluruhnya serta berganti menjadi bulu - bulu yang baru. Proses ini sangat penting bagi seekor burung.

Ciri Ciri Kacer Mau Mabung

  • Pada bagian bulu kacer akan tampak kusam.
  • Pada ekornya akan terkesan rusak, berantakan dan tak teratur.
  • Jika dilihat dari fisiknya, bagain bulu kacer akan tampak rontok dengan sendirinya dengan cara bertahap.
  • Burung kacer menjadi tak gacor ( malas bunyi ).
  • Kondisi fisik kacer terkesan lemas.
  • Ketika kacer mabung kalian trek, jadi hasilnya tak maksimal.

Lantas Berapa Lama Kacer Mabung?

Proses kacer mabung memerlukan waktu yang cukup lama yaitu antara 1 hingga 3 bulan tergantung pada perawatan yang anda lakukan. Jika cara merawat kacer dikala mabung dilakukan dengan baik dan benar, maka proses kacer mabung akan cepat selesai.

Baca Juga Cara Merawat Ciblek Gunung dari Lolohan hingga Dewasa

Sebelum itu, Kalian dihimbau untuk mengetahui tentang karakter kacer apabila sedang mabung. Kesalahan perawatan kacer mabung dapat berakibat fatal.

Agar tidak salah dalam menyikapinya, Perlu anda ketahui apa saja ciri-ciri kacer mau mabung. Diantaranya merupakan tidak bergairah (birahi), malas berkicau, mata sayu, bulu tampak tidak mengkilap, dan bertambah parah setiap harinya.

Jika kacer telah mengalami ciri-ciri tersebut, jadi cobalah tutorial cara memelihara kacer mabung dibawah ini :

Cara Merawat Kacer Mabung

  • Sebelum melakukan pengkrodongan, ada baiknya diberi makanan extra seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kroto kurang lebih 1 minggu penuh.
  • Setelah pemberian makanan extra, mulailah dengan cara rutin membersihkan sangkar setiap hari untuk membersihkan kutu, bulu, dan jamur yang telah berguguran.
  • Setelah itu lakukan pengkrodongan selama masa mabung si kacer.
  • Hentikan pemberian extra fooding selagi klimaks masa mabung. Hal tersebut dapat berakibat fatal pasca mabung.
  • Untuk menunjang gizi si kacer, berikanlah makan voer yang berkualitas.
  • Dalam masa mabung, Kalian dianjurkan untuk tetap rutin membersihkan sangkar secara berskala. Bersihkanlah sangkar sekali dalam 3 hari. Bersihkan sangkar hingga terlihat bersih sampai ke sela-sela terkecilpun.
  • Jangan lupa untuk memastikan air minum si kacer tetap terisi penuh. Berikanlah air mineral yang berkualitas semacam Ebod Vit dengan kandungan beberapa vitamin dan nicotinic acid. Hal ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh si kacer serta menambah nafsu makan.
  • Saat masa mabung telah selesai dan bulu yang timbul mulai nampak tebal dan berkilau, kini Kalian boleh memandikannya semacam biasa. Biasanya ditandai dengan bulu rapi dan kotorannya tidak berwarna putih semacam ketombe.
  • Ketika memandikannya pasca mabung, gunakanlah shampoo untuk membersihkan jamur dan kutu-kutu yang melekat pada bulu baru si kacer.
  • Saat seusai memandikan, lebih baik tidak dijemur, biarkan kering sendiri serta dikrodong dan diberikan 6 ekor jangkrik hingga besoknya lagi.
  • Hari berikutnya jemur kacer dibawah terik matahari pagi kurang lebih 3-4 jam. Setelah itu, mandikan si kacer seusai dijemur tadi. Gunanya untuk menambah birahi kacer yang tadinya pernah drop. Kalian dapat menerapkan langkah ini hingga kacer mulai aktif berkicau.
  • Tentunya jangan lupa untuk rutin memerhatikan makanan dan minuman si kacer. Ingat, pemberian makanan sebelum, masa mabung, pasca mabung sedikit tidak sama dari sebelumnya.

Penutup

Itulah tutorial cara merawat kacer mabung yang baik dan benar supaya dapat kembali semula. Pada dasarnya cara merawat kacer mabung hampir sama dengan perawatan tipe burung yang lainnya. Hanya saja ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam perawatan kacer mabung ini. Kita berjumpa lagi di trik serta tutorial perawatan kacer lainnya.

300x600

0 Response to "12+ Cara Merawat Kacer Mabung yang Benar"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 1X ] [ close ]