-->

Iklan Atas

Mengapa Bulan Ramadhan Disebut Bulan Yang Penuh Berkah?

hpk
Mengapa Bulan Ramadhan Disebut Bulan Yang Penuh Berkah?

Islamtwins.com - Sebagai umat muslim, sudah seharusnya kita menyadari betapa pentingnya melakukan perbuatan baik di bulan ramadhan. Berlipat-lipat pahala yang akan kita dapatkan ketika melakukan perbuatan baik.

Bulan suci Ramadhan ialah peluang bagi setiap hamba Allah untuk lebih menambah ketakwaan, disebabkan bulan ini mempunyai beberapa keutamaan alias fungsi semacam berikut ini:

Mengapa Bulan Ramadhan Disebut Bulan Yang Penuh Berkah?

Pastinya kalian akan bertanya-tanya tentang Mengapa Bulan Ramadhan Disebut Bulan Yang Penuh Berkah?. Bulan suci ramadhan ialah bulan yang penuh keberkahan, dimana pada bulan ramadhan banyak sekali kejadian-kejadian penting bagi umat islam. Diantaranya :

Ramadhan Bulan Diturunkannya Al-Qur’an

Ramadhan ialah syahrul Quran (bulan Al-Quran). Diturunkannya Al-Quran pada bulan Ramadhan menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan. Allah Swt berfirman yang artinya :

“Bulan Ramadhan ialah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi insan dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185).

Di ayat lain Allah Swt berfirman yang artinya: “Sesungguhnya Kami sudah menurunkannya (Al-Quran) pada malam qadar” (QS. Al-Qadar: 1). Dan tak sedikit ayat lainnya yang menerangkan bahwa Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan. Itu sebabnya bulan Ramadhan dijuluki dengan nama syahrul quran (bulanAl-Quran).

Bulan Penuh Keberkahan

Bulan ini disebut juga dengan bulan syahrun mubarak. Hal ini ialah berdasarkan pada dalil hadist Nabi Rasulullah SAW yang artinya :”Sungguh sudah datang terhadap anda bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa terhadap kalian..” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi). Dan juga bahwa setiap ibadah yg dilakukan pada bulan Ramadhan, jadi Allah akan melipat gandakan pahalanya.

Dan di dalam bulan penuh kemuliaan dan keberkahan ini jadi tak hanya keberkahan di dalam menuai pahala, tetapi tak sedikit keberkahan lainnya. Puasa ditinjau dari sudut ekonomi, jadi Ramadhan memberi keberkahan ekonomi bagi para pedagang dan lainnya.

Bagi fakir miskin, Ramadhan mengangkat keberkahan tersendiri. Pada bulan ini seorang muslim sangat digalakkan dan disunnah untuk berinfaq dan bersedekah pada bulan ramadhan terhadap mereka. Bahkan diwajibkan membayar zakat fitrah untuk mereka.

Malam Lailatul Qodar

Kemuliaan bulan ramadhan salah satunya ialah dengan hadirnya malam penuh kemuliaan dan keberkahan di salah satu malam pada malam-malam terbaru dan ganjil pada bulan ramadhan yaitu malam lailatul qodar. Pada bulan ramadhan tersedia sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu lailatul qadar (malam kemuliaan). Pada malam inilah yaitu 10 hari terbaru pada bulan Ramadhan ialah ketika diturunkannyaAlQur’anul Karim.

Allah Ta’ala berfirman yang artinya :”Sesungguhnya Kami sudah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”(QS.AlQadr:1-3).

Bulan Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa Maghfirah

Allah Ta’ala menyediakan Ramadhan sebagai fasilitas penghapusan dosa selagi kita menjauhi dosa besar. Nabi saw bersabda yang artinya: ”Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selagi dosa-dosa besar dijauhi”. (HR. Muslim).

Melalui beberapa aktifitas ibadah pada bulan Ramadhan Allah Swt menghapuskan dosa kita. Di antaranya ialah puasa Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi Saw yang artinya : “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan sebab penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, jadi diampuni dosa-dosanya yang sudah lalu”.(HR.Bukhari dan Muslim).

Begitu pula dengan melakukan shalat malam (tarawih, witir dan tahajud) pada bulan Ramadhan bisa menghilangkan dosa yang sudah lalu, sebagaimana sabda Nabi SAW yang artinya : “Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan qiyam Ramadhan (shalat malam) dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, niscaya diampuni dosa-dosanya yang sudah lalu.”(HR.BukharidanMuslim).

Ramadhan Pintu Surga Dibuka Pintu Neraka Ditutup

Keberkahan kemuliaan di dalam bulan Ramadhan ialah bahwa pintu-pintu surga terbuka dan pintu-pintu neraka tertutup dan syaithan-syaithan diikat. Dengan demikian, Allah Ta’ala sudah memberi peluang terhadap hamba-Nya untuk masuk surga dengan ibadah dan amal shalih yang mereka lakukan pada bulan Ramadhan.

Mengingat beberapa keutamaan Ramadhan tersebut di atas, jadi sangat disayangkan jikalau Ramadhan datang dan berlalu meninggalkan kita begitu saja, tanpa ada perjuangan maksimal dari kita untuk meraihnya dengan melakukan beberapa ibadah dan amal shalih. Semoga ramadhan tahun ini akan lebih baik dalam faktor amalan ibadah daripada tahun-tahun sebelumnya.

cheap home insurance

0 Response to "Mengapa Bulan Ramadhan Disebut Bulan Yang Penuh Berkah?"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 1X ] [ close ]