Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Keistimewaan Bulan Ramadhan dibanding Dengan Bulan Lain?

Apakah Keistimewaan Bulan Ramadhan

Islamtwins.com - Datangnya bulan suci Ramadhan 2023 pastinya sudah sangat ditunggu-tunggu oleh para umat muslimin.

Selama berproses menjalankan ibadah, pastinya ada saja rintangan serta ujiannya. Sebagai umat Islam, Kita harus mengenal berbagai keistimewaan bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya yakni sebagai berikut ini.

Keistimewaan Bulan Ramadhan

1. Pahala Amal Perbuatan akan Dilipatgandakan

Setiap amal tindakan baik yang dikerjakan sempurna akan diganjar pahala oleh Allah. Nah, dalam bulan Ramadhan ini, seluruh amalan serta ibadah yang kamu kerjakan akan dilipatgandakan pahalanya.

Apalagi pada bulan Ramadhan ini adalah bulan yang tidak sedikit amal ibadah istimewa semacam sholat tarawih, zakat fitrah, serta sedekah makan orang-orang yang berbuka puasa. Sehingga amal serta ibadah yg kamu kerjakan dapat bertambah pahala berlipat-lipat.

2. Dibukanya Pintu Kebaikan

Dalam riwayat hadits Bukhari serta Muslim, apalagi bulan Ramadhan datang, seluruh pintu-pintu langit dibuka, pintu-pintu neraka ditutup rapat, serta setan dibelenggu. Dengan begitu, keistimewaan bulan Ramadhan sebagai momentum menggandakan amal kebaikan serta ibadah seluas-luasnya.

3. Bulan Pengampunan Dosa

Setiap hambaNya yang sungguh-sungguh bertaubat serta menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan ikhlas, sempurna Allah akan membuka pintu ampunan seluas-luasnya atas dosa-dosa yg lalu. Sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya, "Barang siapa berpuasa Ramadhan sebab iman serta mengharap pahala, makan akan diampuni dosa-dosanya yang sudah lalu."

4. Malam Lailatul Qadar

Keistimewaan bulan Ramadhan berikutnya ialah tentang adanya malam Lailatul Qadar yg nilainya lebih baik dari 1000 bulan. Malam yang juga disebut dengan malam seribu bulan ini ialah malam yang mulia.

Hiasi malam-malam terutama 10 hari terbaru pada bulan Ramadhan dengan lebih tidak sedikit amal serta ibadah supaya mendapat pahala malam Lailatul Qadar ini.

Malam Lailatul Qadar sudah dijelaskan dalam surah Al Qadar ayat 1-5 yang artinya :

  • (1) Sesungguhnya kami Allah sudah menurunkan Al Qur'an pada malam kemuliaan.
  • (2) Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
  • (3) Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan
  • (4) Pada malam itu turun malaikat-malaikat serta malaikat Jibril dengan izin Allah untuk mengatur segala urusan
  • (5) Malam itu penuh keselamatan hingga terbit fajar."

5. Al Qur'an Diturunkan oleh Allah

Ramadhan ialah bulan yang penuh berkat serta mulia. Pada bulan ini kitab suci Al Qur'an diturunkan. Seperti pengertian serta makna dalam Surah Al Baqarah ayat 185 yang berbunyi, "Bulan Ramadhan ialah bulan yg di dalamnya diturunkan Al Qur'an sebagai petunjuk  manusia, penjelasan dari petunjuk, serta pembeda (antara yang benar serta yg batil)."

Itulah berbagai keistimewaan bulan Ramadhan yang harus diketahui serta dimaknai oleh setiap umat Islam. Semoga berguna serta menjadi berkah.

Posting Komentar untuk "Apakah Keistimewaan Bulan Ramadhan dibanding Dengan Bulan Lain?"