Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11+ Cara Mengatasi Sinyal HP Android Hilang

Islamtwins.com - Ketika sinyal device tiba-tiba hilang, Kalian tidak mampu menggunakannya untuk berkomunikasi alias terhubung dengan internet.

Tapi tidak usah khawatir alasannya ialah postingan ini akan mengulas tutorial cara mengatasi sinyal HP Android hilang.

Permasalahan semacam ini terbukti kerap dialami oleh para pemakai Android. Hal ini sangat mengganggu, khususnya ketika kita ingin memakai HP Android untuk berkomunikasi.

Namun, sebelum mengulas mengenai bagaimana tutorial mengatasinya, Kalian butuh tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Perhatikan penjelasan di bawah ini untuk mengenal info lebih lengkapnya.

Penyebab Sinyal HP Android Hilang

1. Di Luar Jaringan

Faktor lokasi menjadi penyebab hp tidak keluar sinyal serta mengapa sinyal Android tiba-tiba menghilang. Ketika posisi Kalian berada di luar cakupan area provider, sinyal pun akan menghilang.

Hal ini biasanya terjadi ketika Kalian berangkat ke wilayah pelosok alias kawasan terluar. Karena umumnya, wilayah tersebut tetap belum murah dengan jaringan provider.

Ketika berada di dalam gedung yang sangat tertutup juga sinyal mampu hilang. Hal ini dikarenakan alasannya merupakan tidak sedikit penghalang jadi sinyal tidak mampu diterima dengan baik oleh Android.

2. Cuaca yang Tidak Mendukung

Cuaca merupakan faktor penyebab sinyal hp samsung hilang kedua yang membikin sinyal menghilang. Biasanya, manfaat menara pemancar sinyal provider akan terganggu ketika terjadi hujan disertai dengan petir.

Namun, faktor ini tidak rutin terjadi, alasannya merupakan berbagai provider tetap mempunyai sinyal yang baik walau cuaca sedang buruk. Jadi, penyebab ini tidak rutin terjadi untuk provider yang mempunyai sinyal kuat.

3. Perbaikan Jaringan

Pada berbagai waktu tertentu, provider melakukan maintenance alias pembetulan jaringan. Tujuannya merupakan untuk menambah nilai layanan.

Namun ketika maintenance jaringan berlangsung, umumnya jaringan alias sinyal justru akan terganggu. Sinyal mampu saja hilang serta timbul alias sama sekali tidak muncul.

Namun tidak butuh khawatir alasannya merupakan biasanya provider akan mengirimkan pengumuman sebelum melakukan maintenance supaya Kalian bersiap.

4. Kerusakan Hardware

Sinyal hilang di Android bisa dikarenakan oleh kerusakan pada salah satu komponen alias hardware. Komponen yang paling berperan di sini merupakan signal receiver alias antena.

Ketika antena bermasalah, jadi Android tidak mampu mendapatkan sinyal sama sekali. Jadi, walau kalian mengganti provider yang lain, persoalan ini tetap terjadi.

Dan jika ada komponen yang rusak, Kalian butuh memperbaikinya alias membeli suatu HP baru. Namun untuk penyebab hp samsung hilang sinyal ini, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan service center.

5. Software Bermasalah

Tak cuma hardware, aplikasi yang bermasalah juga mampu membikin sinyal menghilang dari HP Android Anda. Namun, permasalahan semacam ini sangat jarang terjadi.

Cara Mengatasi Sinyal HP Android Hilang

Cara Mengatasi Sinyal HP Android Hilang

1. Mode Pesawat

Cara mengatasi sinyal hp yang suka hilang yang pertama dan yang paling mudah ialah dengan menerapkan mode pesawat. Pertama, aktifkan mode pesawat dengan menekan ikon yang ada di control center.

Lalu tunggu berbagai saat, kemudian matikan mode tersebut dengan menekan ikon yang sama. Ketika mode pesawat nonaktif, Android akan kembali melakukan pencarian sinyal.

Cara mengatasi sinyal hilang pada hp vivo ini terbilang manjur untuk memperbaiki permasalahan sinyal yang error. Karena mode pesawat mampu menyegarkan kembali sinyal dari provider yang kalian gunakan.

2. Restart Smartphone

Jika tidak sukses memakai mode pesawat, Kalian mampu mencoba restart HP. Caranya juga mudah serta Kalian pasti telah biasa melakukannya, bukan?

Cukup tekan tombol power selagi berbagai detik hingga timbul menu. Pilih restart, kemudian tunggu berbagai dikala hingga handphone mati serta menyala dengan sendirinya.

Lalu, periksa apakah kini sinyal telah muncul atau belum. Jika belum, kalian mampu mencoba cara mengatasi hp vivo hilang sinyal berikutnya di bawah ini.

3. Periksa Kartu SIM

Cara mengatasi sinyal hilang hp jadul yang ketiga ialah dengan memeriksa Kartu SIM Card. Baru ganti kartu SIM serta sinyal tidak muncul? Cobalah periksa apakah Kalian telah memasang kartu tersebut dengan benar?

Buka SIM tray serta pastikan apakah posisi kartu SIM telah benar. Pastikan posisinya tidak terbalik supaya chip pada SIM card mampu dibaca oleh sensor handphone Android.

Tahukah Kalian bahwa memasang kartu SIM dengan posisi yang salah juga berpotensi merusak HP? Tak cuma itu, kartu SIM pun mampu rusak chipnya alasannya merupakan kesalahan pemasangan.

Oleh alasannya merupakan itu, Kalian sebaiknya berhati-hati ketika sedang memasukkan kartu SIM ke HP. Kalian wajib memastikan kartu SIM telah terpasang dengan benar.

4. Cek Jaringan pada SIM Card Secara Manual

Cara menanggulangi sinyal HP Android hilang yang keempat yaitu memakai pemeriksaan jaringan dengan cara manual. Caranya lumayan mudah serta tidak sesulit yang Kalian bayangkan.

Ikuti langkah-langkah cara mengatasi hp tidak keluar sinyal 4g di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Settings.
  • Kemudian tekan pada menu Network.
  • Pilih Connections lalu Mobile Network.
  • Tekan menu Operator kemudian matikan pilihan Select Automatically.
  • HP Android akan mulai mencari jaringan dengan cara manual.
  • Jika telah timbul daftar jaringan, pilih salah satu provider yang sesuai.
  • Tunggu hingga Kalian terdaftar di jaringan tersebut.

Dengan melakukan panduan diatas, jadi sinyal dari provider yang kalian gunakan akan memuat ulang ke pengaturan manual.

5. Perbaiki Pancaran Sinar Radio

Ketika HP Android tidak memancarkan radio dengan baik, penerimaan sinyal juga akan terganggu. Untuk menanggulangi permasalahan ini sebetulnya tidak begitu sulit, melainkan tidak tidak sedikit orang-orang yang mengenal caranya.

Berikut tutorial cara memperbaiki hp android sinyal hilang:

  • Pertama buka menu Panggilan.
  • Ketik kode berikut ini *#*#4636#*#*
  • Tanpa butuh menekan tombol dial, Kalian akan diarahkan ke desain menu dengan cara otomatis.
  • Kemudian pilih menu Phone Information.
  • Jika sudah, tekan tombol Run Ping Test.
  • Gulir ke tahap bawah serta ubah preferred network type menjadi LTE/GSM auto (PRL).
  • Sekarang klik pada button Turn Off Radio.

Apakah seusai merubah berbagai pengaturan tersebut, HP Android Kalian mampu mendapatkan sinyal dengan baik? Pasalnya, tutorial ini sebetulnya lumayan manjur untuk menanggulangi sinyal HP android yang tiba-tiba hilang.

6. Pindahkan SIM Card ke Smartphone Lain

Apabila tetap belum memperoleh sinyal, coba pindahkan SIM ke HP lain. Cara ini dilakukan untuk memastikan apa yang bermasalah, apakah SIM card tidak terbaca alias alasannya merupakan persoalan dari ponsel.

Apabila seusai dipindahkan ke handphone lain, SIM mampu mendapatkan sinyal, artinya handphone Kalian yang bermasalah. Untuk memperbaikinya, silahkan kunjungi service center terdekat.

Sebaiknya Kalian mengunjungi service center resmi yang lebih terpercaya. Sehingga kalian tidak butuh khawatir alasannya merupakan HP Android mampu diperbaiki oleh orang-orang yang memahami persoalan ini.

Kesimpulan yang mampu diambil dari penjelasan di atas merupakan sinyal hilang mampu dikarenakan oleh tidak sedikit faktor. Cara menanggulangi sinyal HP Android hilang juga diubahsuaikan dengan penyebab hilangnya sinyal tersebut.

Posting Komentar untuk "11+ Cara Mengatasi Sinyal HP Android Hilang"