Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Islamtwins.com - Hadirnya pesan tak terduga seperti “Tidak Ada Layanan” tak jarang membikin sebagian penggunanya merasa bingung. Tak heran apabila tak sedikit yang mencari tutorial cara mengatasi kartu SIM tak ada layanan.

Masalah ini kerap kali terjadi ketika Kalian memasukkan kartu SIM ke perangkat smartphone, tetapi justru timbul pesan tak ada layanan. Kebanyakan orang akan langsung panik apabila persoalan ini terjadi.

Pasalnya apabila kartu SIM tak ada layanan, pemakai jadi tak dapat melakukan panggilan, SMS, serta mengaktifkan jaringan seluler. Mungkin Kalian pernah melepas lalu memasang kartu SIM tersebut kembali, tetapi nyatanya tetap sama saja.

Yang butuh kalian perbuat merupakan mengenal apa penyebabnya terlebih dahulu. Kemudian kalian dapat mencari solusi jadi dapat membenahi SIM tak ada layanan dengan mudah.

Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan di HP

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Pada dasarnya, penyebab kartu SIM tak ada layanan lumayan beragam. Kalian dapat mengenali beberapa penyebabnya berikut ini:

  • Kendala sistem pada HP (error alias bug)
  • Kartu SIM telah rusak
  • Terdapat gangguan jaringan
  • Komponen HP tertentu yang rusak

Masalah ini tak kenal apa merek device tersebut, baik itu Xiaomi, OPPO, Samsung, Realme, Vivo, ASUS, serta yang lainnya sangat mungkin terjadi.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Mengatasi SIM tak ada layanan pada dasarnya tak terlalu sulit. Kalian dapat mencoba beberapa tutorial di bawah ini supaya persoalan ini dapat teratasi.

Adapun beberapa tutorial yang dapat dilakukan untuk membenahi SIM dapat kembali terbaca di HP merupakan sebagai berikut:

1. Lepas dan Pasang Kartu SIM

Terkadang pemakai HP tak menyadari bahwa kartu SIM yang dipasang nyatanya tak lebih pas alias longgar. Beberapa sumber berkata metode ini berpengaruh jadi kartu SIM tak terbaca.

Secara logika, kartu SIM yang tak terpasang dengan benar terbukti dapat menimbulkan masalah. Oleh sebab itu, Kalian dapat memeriksa kartu SIM supaya sinyal dapat timbul serta normal kembali. Cobalah untuk melepas kartu SIM di HP lalu pasang kembali dengan tepat, ya.

2. Restart HP

Mungkin tutorial mengatasi SIM tak ada layanan yang satu ini kerap kali disepelekan. Padahal melakukan restart HP menjadi solusi termudah serta tak jarang berpengaruh, lho.

Apalagi apabila HP yang dipakai lumayan jarang di restart. Apabila menemui kendala apapun pada HP, melakukan restart dapat menjadi alternatif utama.

Terlebih apabila HP Kalian telah terlalu lama tak di-restart. Tentunya, tak butuh repot-repot mencari solusi yang pertama kali dilakukan. Tak terkecuali ketika HP tak dapat mendeteksi kartu SIM. Maka silahkan saja langsung melakukan restart sebagai metode pertama yang dapat dicoba.

Opsi lain yang dapat dicoba merupakan dengan mematikan HP lalu melepas baterai. Setelah itu, tunggu beberapa hari lalu nyalakan kembali serta periksa apakah SIM terbaca alias tidak.

3. Menyalakan Mode Pesawat

Cara membenahi sim tak ada layanan selanjutnya ketika kartu SIM tak terbaca merupakan dengan menyalakan mode pesawat. Fungsinya sederhana, yaitu untuk me-refresh sinyal yang tak ditemukan. Dengan demikian, jaringan pada HP dapat normal kembali.

Peringatan tak ada layanan akan timbul ketika sinyal menghilang. Setelah mengaktifkan mode pesawat, biasanya sinyal akan normal kembali. Mengingat kinerja HP yang akan dengan cara otomatis mencari sinyal ketika mode pesawat dinonaktifkan.

4. Mengecek Setting APN

Pada dasarnya APN berfungsi sebagai konfigurasi jaringan telepon. Jadi, perangkat Kalian dapat tersambung ke internet dengan benar.

Setting APN yang tak lebih cocok berpotensi mengakibatkan jaringan hilang alias error. Oleh sebab itu, silahkan cek setting APN yang ada di HP kalian untuk mengatasi kartu SIM yang tak ada layanan.

Sebenarnya, setting APN dapat berbeda-beda sebab tergantung dari provider yang digunakan. Jika ingin merubah pengaturan APN, silahkan klik menu Pengaturan lalu pilih Kartu SIM. Setelah itu, klik Jaringan Seluler lalu pilih alternatif APN.

5. Bersihkan File Cache

Cache merupakan file yang tersimpan dengan cara otomatis ketika perangkat sedang dipakai menjalankan aplikasi tertentu. Pada dasarnya, perpaduan data ini mempunyai manfaat mutlak untuk mengoptimalkan sistem.

Nah, SIM tak ada layanan dapat jadi sebab file cache yang menumpuk. Namun, file cache yang dimaksud dalam metode ini merupakan partition cache serta dalvik cache. Kedua tipe cache tersebut dapat dihapus dengan memasuki mode recovery terlebih dahulu.

6. Periksa Slot Kartu SIM

Kebanyakan device Android masa ketika ini terbukti menyediakan slot khusus untuk memori serta kartu SIM. Nah, konektor serta slot kartu tersebut dapat kotor terkena debu maupun kotoran.

Jika slot tak bersih, jadi pembacaan kartu SIM akan susah dilakukan. Hal ini dapat berdampak pada sinyal yang menghilang jadi menimbulkan pesan tak adanya layanan.

Oleh sebab itu, tutorial mengatasi kartu SIM tak ada layanan dalam permasalahan ini merupakan sebaiknya segera bersihkan slot kartu SIM di HP Kalian dengan tisu alias kain.

7. Cari Lokasi yang Tepat

Solusi ini berlaku apabila kalian baru saja berpindah ke daerah yang tak ada sinyal dari provider yang kalian gunakan. Umumnya, daerah semacam hutan, gunung, alias di pelosok desa tak dapat menjangkau sinyal.

Dalam permasalahan ini, biasanya kartu SIM terbaca tetapi tak ada layanan. Untuk mengatasi SIM yang terbaca tapi tak ada layanan merupakan dengan mencari lokasi lain.

Carilah daerah alias lokasi yang setidaknya sanggup menjangkau sinyal dari provider yang kalian gunakan. Sehingga sinyal dari kartu SIM kalian akan timbul serta dapat kembali normal.

8. Tes Kartu SIM ke HP Lain

Jika kalian berfokus bahwa tutorial mengatasi SIM tak ada layanan merupakan terkait dengan kartu SIM itu sendiri serta kalian tetap belum menemukan solusinya, jadi kemungkinan persoalan ini dikarenakan oleh device anda.

Jadi, cobalah untuk memindahkan kartu SIM tersebut ke HP lain jadi kalian dapat menyimpulkan bagaimana tutorial mengatasinya.

Apabila slot SIM dari HP yang rusak, jadi bawalah HP ke service center untuk diperbaiki. Namun apabila kartu SIM yang rusak, jadi kalian dapat mengganti kartu baru alias menukarnya dengan no yang sama melewati provider anda.

9. Menghubungi Customer Service Provider

Provider yang mengalami gangguan kerap kali menjadi penyebab hilangnya jaringan. Tidak hanya itu, gangguan ini tak jarang terjadi jadi membikin sinyal timbul serta hilang. Kalian pun akan mendapati pesan tak ada layanan kartu SIM semacam yang sedang dibahas di sini.

Untuk atasi faktor tersebut silahkan coba untuk menantikan beberapa hari hingga jaringan menjadi normal lagi. Jika telah ditunggu tapi tetap sama saja, sebaiknya hubungi no customer service provider terkait.

Pada dasarnya, menghubungi customer service caranya berbeda-beda. Hal ini tergantung dari tipe provider yang digunakan. Kalian dapat menghubungi CS melewati no telepon, email, sosial media, serta sebagainya.

10. Melakukan Reset HP

Bisa dibilang metode ini merupakan alternatif terbaru yang dapat dicoba. Namun, mengapa wajib hingga melakukan reset HP? Pada dasarnya, faktor ini berfungsi untuk mengembalikan pengaturan sistem semacam sedia kala, tergolong pengaturan jaringan yang kerap kali tak dapat mendeteksi kartu SIM.

Tak heran apabila alternatif factory reset terbukti tak sedikit diandalkan untuk atasi beberapa error yang ada di ponsel. Tak terkecuali ketika HP tak dapat mendeteksi layanan kartu SIM.

Nah, sekian ulasan tentang beberapa tutorial cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan sinyal atau sering disebut dengan tak ada layanan di atas dapat dilakukan dengan mudah supaya HP kembali normal. Sebaiknya coba satu per satu metode tersebut hingga sukses menemukan solusi yang tepat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan"