Perbaiki Sholatmu, Maka Allah akan Perbaiki Hidupmu

hpk
Perbaiki Sholatmu, Maka Allah akan Perbaiki Hidupmu

Orang yang tengah memperbaiki sholatnya sesungguhnya tengah memperbaiki semua hidupnya. Bila engkau mau memperbaiki hidupmu, sehingga mulailah dari memperbaiki sholatmu.

Bila kita tidak mengetahui wajib mengawali dari mana buat memperbaiki hidup kita, sehingga mulailah buat memperbaiki shalat kita serta memperbaiki diri kita. sebab dikala kita sanggup memperbaiki keduanya telah tentu Allah akan memperbaiki hidup kita.

Banyak kekeliruan yang kita jalani mungkin itu terencana ataupun tidak terencana, sampai kesimpulannya kita sampai pada titik dimana kita akan menanya“ Apa selamanya saya akan menjadi begini? Tanpa pergantian? Dari persoalan seperti itu akhirnya seorang mau memperbaiki diri menjadi yang lebih bagus.

Sampai, akhirnya timbul balik persoalan“ Lalu harus mulai dari mana?”. Nah, dikala persoalan itu timbul dibenakmu sehingga perbaiki dirimu lewat shalatmu.

Serta kenapa kita wajib memperbaiki shalat terlebih dulu untuk jadi lebih bagus? Karena Sholat ialah Pilar agama serta pula shalat merupakan ibadah yang sangat penting dalam menghamba pada Allah. Diantara banyak perbuatan buat beribadah pada Allah serta Rasul- Nya, sehingga perintah" Melaksanakan sholat" merupakan perihal yang sangat diprioritaskan.

Sesuai dengan sabda Allah SWT dalam

( QS. Ta Ha: 14):

"Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku".

Oleh sebab itu, Janganlah sempat kita melupakan shalat, Sebab terdapat jutaan orang di alam kuburan yang mau dihidupkan kembali cuma buat bersujud pada Allah sekali lagi. Serta janganlah sampai kita meleha- lehakan sholat sebab Allah senantiasa membakar dengan Hayya‘ alas shalah( marilah shalat), Hayya‘ alal falah( marilah mengarah kemenangan). Kalau jarak kemenangan cuma berkisar antara kening serta sajadah. 

Nabi Muhammad SAW menyampaikan pada umatnya kalau ibadah pertama yang dihisab ialah sholat. Imam an- Nawawi memaparkan dalam kitab Riyadhus Sholihin pada Bab 193 mengenai Perintah Menjaga Shalat Wajib serta Larangan dan Ancaman yang Amat Keras untuk yang Meninggalkannya menjelaskan suatu hadits dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad SAW bersabda,

Sesungguhnya kebaikan yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari akhir zaman ialah shalatnya. Hingga, bila shalatnya bagus, sungguh ia telah beruntung serta berhasil. Serta bila shalatnya rusak, sungguh ia sudah gagal serta rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, sehingga Allah Ta’ ala berfirman,‘ Lihatlah apakah hamba- Ku mempunyai shalat sunnah.’ Sehingga disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Setelah itu begitu pula dengan semua amalnya.”( HR. Tirmidzi, nomor. 413 serta An- Nasa’ i, nomor. 466)

Dari hadits di atas, bisa didapat sebagian khasiat, ialah:

Mendirikan sholat, sehingga baik amalannya. Siapa yang sholatnya tidak baik, sehingga amalannya tentu rusak.

Allah SWT sangat mencintai hambanya buat menyempurnakah sholat wajib dengan sholat sunnah selaku penutup kekurangannya.

Tidak hanya selaku ibadah yang pertama kali dihisab, sholat merupakan tempat buat memohon pertolongan pada Allah SWT. Allah SWT berfirman,

وَاسْتَعِينُوابِالصَّبْرِوَالصَّلَاةِۚوَإِنَّهَالَكَبِيرَةٌإِلَّاعَلَىالْخَاشِعِينَ

Artinya,“ Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang- orang yang khusyu.”( QS. Al- Baqarah: 45)

Tidak sampai itu saja, melengkapi sholat pula mencegah dari perbuatan keji serta munkar. Allah SWT berfirman,

اتْلُمَاأُوحِيَإِلَيْكَمِنَالْكِتَابِوَأَقِمِالصَّلَاةَۖإِنَّالصَّلَاةَتَنْهَىٰعَنِالْفَحْشَاءِوَالْمُنْكَرِۗوَلَذِكْرُاللَّهِأَكْبَرُۗوَاللَّهُيَعْلَمُمَاتَصْنَعُونَ

Artinya,“ Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab( Al Quran) dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari( perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah( sholat) adalah lebih besar( keutamaannya dari ibadat- ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Mudah- mudahan dengan mengenali arti dari tutur bijaksana perbaiki sholatmu hingga allah hendak perbaiki hidup kamu bisa menaikkan antusias buat melengkapi ibadah yang satu ini cocok dengan anutan Rasul Muhammad SAW.( MZM) 

0 Response to "Perbaiki Sholatmu, Maka Allah akan Perbaiki Hidupmu"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close