2 Waktu Terbaik Membaca Surat Al Waqiah

hpk
Waktu Terbaik Membaca Surat Al Waqiah

Banyak yang bertanya-tanya tentang kapan waktu terbaik untuk membaca Surat Al Waqiah ini. Surat Al Waqiah sebaiknya dibaca setelah sholat Isya serta setelah sholat Subuh.

Waktu terbaik membaca Surat Al Waqiah disebutkan dalam beberapa hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, ialah pada malam hari serta dikala shalat subuh. Surat Al Waqiah artinya Hari Kiamat, surat ini berjumlah 96 ayat tercantum surah Makkiyyah yang turun pada masa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam belum hijrah ke Madinah.

Baca Juga Manfaat Membaca Surat Al Waqiah Setelah Sholat Maghrib, Terbebas dari Kemiskinan

Khasiat membaca Al-Quran mempunyai banyak keutamaan, tercantum kala membaca surat Al Waqiah ini. Salah satu keutamaan dari amalan membaca surat ini, Allah Taala hendak mempermudah serta menyukupkan rezeki hamba yang giat mengamalkannya, dan hendak dijauhkan dari kefakiran.

Dikutip dari bermacam sumber, inilah dalil-dalil yang mengatakan mengenai waktu yang terbaik dalam mengamalkan Surat Al Waqiah ini, antara lain:

1. Hadis diriwayatkan dari Ibnu Masud


عَنْعَبْدِاللَّهِبْنِمَسْعُودٍ،قَالَ:سَمِعْتُرَسُولَاللَّهِصَلَّىاللَّهُعَلَيْهِوسلميَقُولُ:"مَنْقَرَأَسُورَةَالْوَاقِعَةِكُلَّلَيْلَةٍلَمْتُصِبْهُفَاقَةٌأَبَدًا


Dari Abdullah ibnu Masud yang berkata kalau dia sempat mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ ah tiap malam, tentu tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya.

2. Hadis diriwayatkan dari Ibnu Masud


عَنِابْنِمَسْعُودٍ؛أَنَّرَسُولَاللَّهِصَلَّىاللهعليهوسلمقَالَ:"مَنْقَرَأَسُورَةَالْوَاقِعَةِفِيكُلِّلَيْلَةٍ،لَمْتُصِبْهُفَاقَةٌأَبَدًا


Dari Ibnu Masud, kalau Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam telah bersabda: Barang siapa membaca surat Al-Waqiah tiap malamnya, tentu tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya.

3. Hadis diriwayatkan dari Ibnu Asakir


مَنْقَرَأَسُورَةَالْوَاقِعَةِكُلَّلَيْلَةٍ،لَمْتُصِبْهُفَاقَةٌأَبَدًا


Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah tiap malam, tentu tidak akan terserang kemiskinan selamanya.” ( HR. Ibnu Asakir)

4. Hadis membaca Surat Al Waqiah dikala shalat subuh

Imam Ahmad meriwayatkan dari Jabir ibnu Samurah yang berkata kalau dulu Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dalam shalat subuhnya membaca surat Al-Waqiah serta surat- surat yang lain yang semisal.

Baca Juga Surah Al Waqiah Ayat 27-40 Agar Keinginan Terkabul

Keutamaan Surat Al Waqiah

Surat Al-Waqiah pula diketahui selaku salah satu surat yang diketahui selaku surat penuh berkah. Keberkahannya sanggup melenyapkan kemiskinan serta mendatangkan rezeki untuk siapa saja yang teratur membacanya tiap hari. Sebab itu, surat ini jadi populer sebagai surat pembuka pintu rezeki.

Keutamaan membaca surat Al Waqiah ini sebagaimana dialami oleh sebagian shahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Rasulullah mengarahkan mereka buat konsisten membaca surat Al- Waqi’ ah biar dimudahkan rezeki serta dihindari dari kesulitan. Sebab itu, apabila seseorang muslim mengamalkannya tiap hari, sehingga banyak khasiat yang bakal diterimanya. 

0 Response to "2 Waktu Terbaik Membaca Surat Al Waqiah"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close