Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat An Nasr Diturunkan di Kota Mana? Mekah Atau Madinah?

Surat An Nasr Diturunkan di Kota Mana

Islamtwins.com - Surat An Nasr ialah surat dengan urutan ke 110 dalam Al Quran serta termasuk dalam surat Madaniyyah, maksudnya Surat yang diturunkan di kota Madinah.

Kata An Nasr sendiri mempunyai makna pertolongan, tercantum ke dalam surah Al Qishar ialah surat dengan ayat-ayat pendek.

Tetapi, betapa bagusnya apabila seseorang mukmin sedikit lebih memahami identitas surat An Nasr. Walaupun cuma berisikan 3 ayat, surat ini memiliki informasi bernilai di dalamnya terpaut kemenangan Rasulullah SAW dalam penaklukan kota Mekah.

Surat An Nasr ialah surah ke-7 (terakhir) dari surah-surah yang diawali dengan kata "idzā" yang berarti memberitahukan keterangan waktu.

Apakah Surat An Nasr lalu diturunkan di kota Mekah?

Nyatanya, surat An Nasr tercantum dalam kalangan 3 surat juz amma yang diturunkan di luar kota Mekah. Bersama dengan 2 surat lain ialah, surat Al Bayyinah serta surat Al Zalzalah.

"Surat Al Bayyinah, Al Zalzalah, serta An Nasr merupakan surat Madaniyyah, yakni surat yang turun sehabis Rasulullah SAW hijrah ke Madinah," bunyi penjelasan dari buku Terjemahan Superlengkap Juz Amma buatan Ustaz Muchtam Al Bantani.

Perihal ini pula yang membuat ayat-ayat dalan surat An Nasr diucap selaku ayat as safari. As safari sendiri bermakna ayat yang diturunkan dikala Rasulullah SAW dalam berpergian, begitu juga dibeberkan oleh pakar hadits Al Baihaqi dalam kitab ad Dalail.

Al Baihaqi mengambil opini sahabat Ibnu Umar mengatakan, surat An Nasr diturunkan kala Rasulullah SAW berada di tengah-tengah hari Tasyrik. Persisnya dikala Rasulullah melakukan haji wada (perpisahan) di Mina.

Sampai setelah itu, surat An-Nasr disebut selaku surat terakhir yang diturunkan pada Rasulullah SAW beberapa bulan saat sebelum dia tutup usia. Di sisi lain, terdapat opini yang mengatakan surat An Nasr diturunkan kala Perang Khaibar.

Perihal itu di informasikan cendekiawan mukmin Quraish Shihab dalam buku Tafsir al-Misbah. Ia mengatakan, surat ini turun sehabis Pertempuran Khaibar ataupun perang antara umat Islam melawan Yahudi yang tinggal di oasis Khaybar pada 629 Masehi atau 8 Hijriah.

Selanjutnya merupakan bacaan surat An Nasr dalam bahasa arab, latin, serta artinya.

اِذَا جَاۤءَ نَصْرُ اللّٰهِ وَالْفَتْحُۙ

Iza jaa-a nas rullahi walfath

Artinya: Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. (QS. An Nasr: 1)

وَرَاَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُوْنَ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اَفْوَاجًاۙ

Wa ra-aitan naasa yadkhuluuna fii diinil laahi afwajah

Artinya: Dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah. (QS. An Nasr: 2)

فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُۗ اِنَّهٗ كَانَ تَوَّابًا ࣖ

Fa sab bih bihamdi rabbika was taghfir, innahu kaana tawwaaba

Artinya: Bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia Maha Penerima tobat. (QS. An Nasr: 3)

Bagi Ibnu Abbas, semacam dipaparkan dalam Tafsir Ibn Kathir, surat An Nasr tidak cuma menggambarkan kemenangan Islam serta menginformasikan kepergian Rasulullah SAW menghadap Allah SWT. Tetapi, ayat ini juga menerangkan kualitas kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.

Bila pemimpin lain turut memperingati kesuksesan sesudah berhasil melaksanakan revolusi, Nabi SAW senantiasa rendah hati serta hidup semacam biasa. Dia malah semakin mendekatkan diri dengan Allah SWT serta rendah hati sebab kesalahan serta ketidaksempurnaannya.

Walaupun pendek, surat An Nasr memiliki pesan yang amat berarti di baliknya. Mudah-mudahan pesan dari surat yang diturunkan di Kota Madinah ini menambahkan wawasanmu.

Demikian ulasan mengenai surat An Nasr diturunkan di kota mana beserta tulisan arab, latin serta artinya yang dapat fahri jelaskan, semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Surat An Nasr Diturunkan di Kota Mana? Mekah Atau Madinah?"