Wakafa Billahi Syahida Artinya Apa? Surat Al Fath Ayat 28

hpk
Wakafa Billahi Syahida Artinya

Wakafa Bilahi Syahida merupakan bagian dari Al-Fath ayat 28.  Untuk lebih jelasnya:Huwallahui Arsala Rasool Sallallahu Alayhi Wasallam Dinil-Haqqi Liuha-Hirha Alad-Dini Kullih, Wafaa Bilahi Saehidah.

Sedikit penjelasan tentang Surat Al-Fath. Surat Al-Fath merupakan surat atau ayat Madaniyyah yang diturunkan kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam di Madinah setelah Hijrah. Terdiri dari 29 ayat yaitu Juz 26 .

Lafadz wakafa billahi syahida ialah pengaalan dari surat Al Fath ayat 28. Surat ini tercantum surat Madaniyah, yakni surat yang turun dikota Madinah.

Selanjutnya merupakan arti wakafa billahi syahida dan tulisan arab serta latinnya.

وَكَفَىٰبِٱللَّهِشَهِيدًا

wa kafaa billaahi syahiidaa

Artinya: " Dan cukuplah Allah sebagai saksi."

Selanjutnya bacaan Al Quran Surat Al Fath ayat 28, dimana ada lafadz wakafa billahi syahida.

هُوَالَّذِيْٓاَرْسَلَرَسُوْلَهٗبِالْهُدٰىوَدِيْنِالْحَقِّلِيُظْهِرَهٗعَلَىالدِّيْنِكُلِّهٖۗوَكَفٰىبِاللّٰهِشَهِيْدًا

Huwallażii arsala rasulahu bil- hudaa wa diinil- haqqi liyuẓ- hirahụ alad- diini kullih, wa kafaa billaahi syahiidaa

Artinya:" Dialah yang mengutus Rasul- Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia mengunggulkan( agama tersebut) atas semua agama. Cukuplah Allah sebagai saksi."( QS. Al Fath: 28) 

Disebut al-Fat, yang dalam bahasa Arab berarti “kemenangan”, karena diambil dari ayat pertama surah ini.  Isi utama dari surah ini adalah tentang kemenangan akhir umat Islam, pahala iman, jihad dan keikhlasan, pengampunan atas kesalahan para pejuang, peringatan kepada orang-orang kafir dan umat Islam yang bodoh dan terakhir globalisasi agama Allah.  Ayat pertama berhubungan dengan kemenangan yang sebenarnya dan ayat ke-18 berhubungan dengan ikrar baiat Ridwan.

Nabi Muhammad, damai dan berkah besertanya, sangat senang dengan wahyu dari ayat pertama dari Surat ini.  Kebahagiaan ini digambarkan dalam kata-kata yang diriwayatkan oleh Sahih Bukhari;  Sungguh telah diwahyukan kepadaku sebuah surat yang lebih aku cintai dari apapun yang menyinari matahari.  Kegembiraan Nabi Muhammad saw adalah bahwa ayat-ayatnya menjelaskan kemenangan Nabi saw dalam pertempuran dan kesempurnaan berkah Allah.

Sementara itu, Surat Al-Fath ayat 28 berbicara tentang semua hukum Syam yang mengandung hikmah dan manfaat Allah subhanahu wa ta'ala serta petunjuk dan rahmat.  Oleh karena itu, Allah subhanahu wa ta'ala memberi tahu kita dalam hukum umum:

"Dialah yang telah mengutus rasul untuk membimbing agama yang benar agar mereka menang atas semua agama." 

Ini adalah pengetahuan berharga yang menunjukkan seseorang untuk tidak tersesat dan menjelaskan jalan yang baik dan jalan yang buruk. 

Dengan kata lain, itu adalah agama yang benar, penuh keadilan, penuh cinta dan kasih sayang.  Menurut para ahli tafsir, agama yang benar di sini adalah perbuatan baik yang menyucikan hati, mensucikan jiwa, memperbaiki akhlak dan mengangkat derajat.  Dengan bukti dan bukti dan kekuatan.  Anda, Muhammad, adalah Rasul, damai dan berkah atasnya.

Wakafa Billahi Shahida Arti serta Arab

Wakafa Bilahi Sihidah adalah penggalan dari Al-Fath ayat 28.  Berikut ini adalah Waqafa Bilahi Sihida bahasa Arab dan terjemahannya.

وَكَفَىٰ بِٱللَّهِ شَهِيدًا

Latin: Wa Kafaa Bilahih Shiida

Ini berarti:

Cukuplah Allah menjadi saksi.

Berikut ini adalah Surah Al-Fath ayat 28 dalam bahasa Arab dan terjemahannya.

لَّذِيٓ لَ لَهُۥ لْهُدَىٰ لْحَقِّ لِيُظْهِرَهُۥ لَى

Latin: Huwallahui Arsala Rasulullah Bil-Hudaa wa Dinil-Haqqi Liuha-Hirah 'Alad-Dini Qulih, Wafaa Bihih Shihidah (Suratul Fatih 28).

Ini berarti:

Dialah yang mengutus Rasul untuk memenangkan semua agama dan jalan yang lurus.  Cukuplah Allah menjadi saksi. (Surat Fatih: 28)

Tafsir Surah Al-Fath ayat 28 sesuai Al-Muyasar / Kementerian Agama Arab Saudi

28. Dialah yang mengutus rasul Muhammad dengan penjelasan yang jelas dan agama Islam agar Allah menang atas semua agama lain.  Cukuplah Allah bagimu, wahai Nabi, menjadi saksi bahwa Dia pasti akan menolongmu dan menjadikan agamamu menang atas agama-agama lain.

Itulah penjelasan Wakafa Bilahi Sihidah yang ditemukan dalam penggalan Surat Al-Fath ayat 28. . Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang islam.

0 Response to "Wakafa Billahi Syahida Artinya Apa? Surat Al Fath Ayat 28"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close