Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Barokah Ladzi Biyadihi mulku? Surat apa dan ayat keberapa​?

Barokah Ladzi Biyadihi mulku

Islamtwins.com - Barokah ladzi biyadihi mulku ialah salah satu ayat dalam Al Quran yang dalam hadist dibilang bisa berikan perlindungan dari siksa kubur untuk penghafalnya ialah surat Al Mulk.

Surat Al-Mulk ialah surat ke-67 dalam Alquran, yang terdiri dari 30 ayat.

Al-Mulk artinya kerajaan ataupun kekuasaan (julukan surat itu didapat dari tutur pada ayat awal surat Al-Mulk). Surat Al-Mulk pula diucap" At Tabaarak" yang maksudnya Maha Suci.

Ada banyak keistimewaan dari membaca surat Al- Mulk, di antara lain, menemukan syafaat serta diampuni dosanya, melindungi diri dari siksa kubur, menambah derajat serta menghilangkan kejelekan, memperoleh pertolongan pada hari akhir zaman, disayang oleh Rasulullah SAW, diserahkan balasan berkali lipat, dan menjauhkan diri dari maksiat.

Dalam riwayat Abdullah bin Masud, Rasulullah Saw. bersabda,“ Barangsiapa yang membaca Tabarokalladzi bi yadihil mulk tiap malam, sehingga Allah Swt. hendak menyelamatkannya dari siksa kubur.

“ Kami( para sahabat) di era Rasulullah Saw. memanggil surat itu Al Maniah (juru selamat dari siksa kubur), tercantum menghindari datangnya aksi kejam, menghalau siksa kubur serta kesengsaraan di Hari Akhir zaman.”

Sebab seperti itu, pemeluk Islam disarankan membaca surat Al Mulk tiap malam saat sebelum tidur buat memperoleh banyak keutamaannya.

Pengertian Ibnu Katsir mengatakan kalau Rasulullah Saw. belum beranjak tidur saat sebelum membaca Surat Al Mulk. Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, dari Jabir ra.,“ Rasulullah Saw. masih belum tidur saat sebelum membaca Alif lam mim tanzil serta Tabarakallazi biyadihil mulku.

Diriwayatkan pula dari Ibnu Abbas,“ Rasulullah Saw. bersabda,‘ Terdapat sesuatu surat yang membela pembacanya sampai memasukkannya ke dalam surga, ialah Tabarakallazi biyadihil mulku.’” 

Lalu Barokah Ladzi Biyadihi mulku? Surat apa dan ayat keberapa​?

Barokah Ladzi Biyadihi mulku?

Tabarokallazi biyadihil mulku wa huwa ala kulli syaiin qadir. Merupakan surat Al-Mulk ayat 1.

Yang artinya: Maha suci Allah yang di tangan-Nya-lah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Posting Komentar untuk "Barokah Ladzi Biyadihi mulku? Surat apa dan ayat keberapa​?"