Bolehkah Membaca Surat Al Mulk Sambil Tiduran? Simak Penjelasannya Berikut

hpk
Bolehkah Membaca Surat Al Mulk Sambil Tiduran?

Membaca Al-Qur'an adalah kewajiban bagi setiap Muslim.  Sama seperti berdoa, membaca Al-Qur'an memiliki moral.  Namun, terkadang kita menemukan seseorang membaca Al-Qur'an sambil berdiri di dalam bus atau menunggu angkutan umum.  Bahkan saat tidur.  Apakah sikap atau sikap seperti itu diperbolehkan menurut syariat?

Allah berfirman:

“Orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring.” (QS. Ali Imran: 191)

Allah berfirman:

“Apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring.” (QS. an-Nisa’: 103)

Dalam ayat ini, perintah untuk mengingat atau menyebut Allah sangat jelas. Zikrullah mencakup Al-Qur'an dan mencakup semua jenis bacaan seperti Tesbih, Tahleel, Tahmid dan Takbir.  Ini berarti bahwa diperbolehkan membaca Al-Qur'an sambil duduk, berdiri atau berbaring dalam situasi yang berbeda.

Fatwa Ibnu Baz menyebutkan bahwa Allah Ta'ala mengampuni dalam hal mengingat.

Nabi, saw, pernah tidur dan membaca Al-Qur'an.  Asiyah berkata: "Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berbaring di pangkuanku ketika aku sedang haid, lalu beliau membaca al-Quran.” (HR. Bukhari 297 & Muslim 719)

An-Nawawi berkata, "Hadits ini menunjukkan bahwa diperbolehkan membaca Al-Qur'an sambil berbaring."  (Sirh Shahih Muslim 3/211)

Oleh karena itu, berdiri, duduk, sujud, berbaring dan membaca Al-Qur'an semua diperbolehkan.  Ini adalah bagian dari kehendak Allah dan penghiburan dari-Nya.  Karena Al-Qur'an lebih dari hafalan (berdasarkan ayat di atas), lebih baik membaca sambil berbaring.

Bolehkah Membaca Surat Al Mulk Sambil Tiduran?

Jawabannya sangat diperbolehkan. 

Pada dasarnya posisi membaca Al-Qur'an sama dengan posisi membaca zikir kepada Allah SWT sehingga boleh dilakukan dalam keadaan berdiri, duduk dan tiduran. Jadi nggak masalah apabila Mama membacanya sembari beristirahat tiduran atau menjelang tidur. 

Namun perlu diingat, walaupun boleh membaca Al-Quran sambil tiduran tetap dianjurkan untuk membacanya dalam keadaan menghadap kiblat.

0 Response to "Bolehkah Membaca Surat Al Mulk Sambil Tiduran? Simak Penjelasannya Berikut"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close