Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Arti Allahu Akbar Kabiro? Doa Iftitah Yang Paling Populer Dikalangan Umat Muslim

Allahu Akbar Kabiro

Doa Iftitah Allahu Akbar Kabiro sangat populer dibaca Muslim baik dalam sholat wajib ataupun sunnah. Doa Allahu akbar kabiro ialah bagian dari doa iftitah pendek yang kerap dipakai sehari- hari.

Kalimat Allahu akbar kabiro yang merupakan penggalan dari doa iftitah dibaca pada dikala rakaat pertama dalam sholat fardhu atau sholat sunnah diantara takbiratul ihram serta bacaan surat Al Fatihah pada rakaat pertama.

Doa iftitah itu ialah bentuk penghambaan diri manusia pada Allah sebagaimana dalam Firman- Nya:

قُلْإِنَّصَلاتِيوَنُسُكِيوَمَحْيَايَوَمَمَاتِيلِلَّهِرَبِّالْعَالَمِينَ

Katakanlah, " Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah. Tuhan semesta alam." ( Al - Anam: 162 )

Hukum membaca doa iftitah sunnah serta dibaca sehabis takbiratul ihram pada rakaat pertama ataupun saat sebelum membaca Surat Al Fatihah.

Untuk makmum masbuq ataupun yang tertinggal dalam jemaah, bila sedang mendapati imam berdiri disunnahkan membaca doa iftitah. Tetapi, apabila mendapati imam telah membungkuk ataupun tahiyat tidak disunnahkan membaca doa iftitah.

Doa Iftitah Allahu Akbar Kabiro

Selanjutnya ini merupakan bacaan doa iftitah pendek yang didalamnya ada perkataan Allahu akbar kabiro arab latin serta artinya.

اللهُأَكْبَرُكَبِيرًا،وَالْحَمْدُلِلَّهِكَثِيرًا،وَسُبْحَانَاللهِبُكْرَةًوَأَصِيلً

Allaahu akbaru kabira walhamdulillaahi katsiira wa subhaanallaahi bukratan waashiilaa

Artinya: " Allah Maha Besar dengan sebesar - sebesarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang."

Meski doa iftitah bukanlah merupakan ketentuan wajib dalam sholat tetapi membaca doa iftitah ialah sebagai penyempurna sholat.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda," Shalat seseorang tidak sempurna hingga ia bertakbir memuji Allah dan menyanjung- Nya kemudian membaca Al Quran yang mudah baginya." ( HR. Abu Daud serta Hakim)

Apakah sah shalat tanpa membaca doa iftitah?

Hukum membaca doa iftitah pendek ialah sunnah, sunnah bacaan ini sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa iftitah bukan merupakan ketentuan wajib dalam sholat, tetapi membaca doa iftitah ialah sebagai penyempurna dalam sholat wajib ataupun sunnah.

Bila seseorang shalat kemudian tidak membaca doa iftitah, sehingga shalatnya adalah sah sebab membaca doa iftitah pada dasarnya merupakan sunnah.

Begitu pembahasan kami tentang Allahu akbar kabiro yang merupakan penggalan dari doa iftitah pendek serta kerap digunakan sehari - hari.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Apa Arti Allahu Akbar Kabiro? Doa Iftitah Yang Paling Populer Dikalangan Umat Muslim"