Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa arti dari Ihdina? Berikut Makna Rahasia yang Jarang Diketahui

Apa arti dari Ihdina

Arti Ihdina dalam Al Quran mempunyai maksud tunjukan kami. Kata ihdi ialah Fi’ lul amri( kata kerja perintah) yang artinya tunjukilah.

Kata Na pada ihdina merupakan dhamir munfasil jama’( kata ganti nama terpisah buat orang banyak). Secara redaksional ihdina maksudnya tunjuki kami. Lantas apa arti dari ihdina ini?

Kata Ihdhina berasal dari kata hidayah. Kata ini dituturkan sebanyak 144 kali di dalam Al Quran. Kata Ihdina tercantum kata kerja perintah.

Hidayah tidak sebatas memiliki satu arti. Allah SWT menerangkan pada semua hamba- Nya, permohonan utama seorang hamba ialah hidayah. Hidayah itu hendak mengantarkan hamba pada tingkatan tertinggi dalam kehidupan.

Apa Makna yang Tercantum dalam Kata Ihdina?

ٱهْدِنَا

Artinya: Tunjukilah kami

Makna yang tercantum dalam kata ihdina ialah Tunjukilah serta bimbinglah kami dan berilah Taufik untuk kita menuju jalan yang lurus, teguhkanlah kami di atasnya sampai kita berjumpa dengan- Mu kelak.

Ialah agama Islam yang merupakan Jalan yang nyata yang mengantarkan pada keridhoan Allah serta pada surga Nya yang sudah ditunjukkan oleh penutup para Rosul serta Para Nabi Allah, ialah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Sehingga tidak ada jalan menuju kebahagiaan untuk seorang hamba melainkan dengan Istiqomah di atas jalan itu.

Umat Islam tidak akan mendapatkan banyak petunjuk serta bimbingan, bila upaya penggalian ilmu terhadap Al Qur’an serta Al Hadits tidak dilakukan.

Hadits Shahih Riwayat Bukhari Muslim:” dari Sahal bin Sa’ ad adalah Nabi SAW bersabda kepada Ali, demi Allah, kila Allah SWT memberi hidayah kepada seorang karena apa yang engkau ajarkan, maka yang demikian itu lebih baik bagimu dari kekayaan hewan ternak yang merah- merah( sehat dan gemuk)”.

Hidayah pula dimaknai selaku seluruh bentuk kebajikan yang diharapkan: kesuksesan, kebahagiaan, sampai rumah tangga tenang. Tidak cuma itu, hidayah juga dapat dimaknai dari sumbernya. Sumber hidayah ialah Allah, Alquran, serta Rasulullah SAW.

Demikian yang bisa kita sampaikan mengenai apa arti dari ihdina yang merupakan tunjukilah kami yang bisa islamtwins.com sampaikan. Mudah - mudahan bermanfaat.

Wallahu’ alam Bissawab 

Posting Komentar untuk "Apa arti dari Ihdina? Berikut Makna Rahasia yang Jarang Diketahui"