Apa Beda nya Waalaikumsalam dan Waalaikumussalam?

hpk
Apa Beda nya Waalaikumsalam dan Waalaikumussalam?

Kerapkali, kita mengikuti orang menanggapi salam dengan perkataan Waalaikumussalam. Terdapat pula yang memakai jawaban Waalaikum salam. Lalu apa beda nya waalaikumsalam dan waalaikumussalam?

Orang yang mengucap " Assalamu alaikum " memperoleh banyak keistimewaan. Sebaliknya yang mendengar perkataan itu harus menjawabnya.

Dalam memberi salam pasti kita wajib menjawabnya sebab salam ialah ucapan sapaan yang memiliki doa keselamatan di dalamnya.

Tetapi kerapkali, kita mendengar orang menanggapi salam dengan perkataan Waalaikumussalam. Terdapat pula yang memakai balasan Waalaikumsalam.

Sekilas, kedua perkataan itu tidak mempunyai perbedaan dalam pengucapan. Namun, rupanya keduanya mempunyai perbedaan mendasar.

" Kalau menjawab salam, jawablah dengan kalimat waalaikumussalam, jangan waalaikum salam," ucap Ustadz Abdul Somad

Memang apa beda nya waalaikumsalam dan waalaikumussalam ini? Berikut Uraiannya:

Apa Beda nya Waalaikumsalam dan Waalaikumussalam?

وَعَلَيْكُمُالسَّلاَمُ

Arab latin: Waalaikumussalam

Artinya:" Dan semoga keselamatan terlimpah juga kepada kalian"

وَعَلَيْكُمُالسَّلاَمُوَرَحْمَةُاللهِوَبَرَكَاتُهُ

Arab latin: Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Artinya:" Dan semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah juga kepada kalian."

Keistimewaan menjawab salam dengan ucapan serta doa yang lebih baik sudah diterangkan dalam Al Quran surat An- Nisa ayat 86,

وَإِذَاحُيِّيتُمبِتَحِيَّةٍفَحَيُّوا۟بِأَحْسَنَمِنْهَآأَوْرُدُّوهَآۗإِنَّٱللَّهَكَانَعَلَىٰكُلِّشَىْءٍحَسِيبًا

Arab latin: Wa iżā huyyītum bitahiyyatin fa hayyụ bi`ahsana min- hā au ruddụhā, innallāha kāna alā kulli syai`in hasībā

Artinya:" Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih bagus dari padanya, atau balaslah penghormatan itu( dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu."

Perbedaan Waalaikumsalam dan Waalaikumussalam

Kata salam dalam perkataan as salamu alaikum memakai al marifat. Alhasil, sepatutnya perkataan itu dijawab dengan sepadan.

Sedangkan balasan yang sepadan yakni waalaikumussalam, bukan waalaikum salam.

Karena, kata salam di waalaikumussalam pula memakai isim( kata benda) marifat dengan al, berlainan dengan salam di waalaikum salam yang ialah isim nakirah, sehingga tanpa memakai al.

Kala salam memakai isim marifat, diisyarati dengan al, maksudnya salam( keselamatan) yang di informasikan berasal dari Allah. Namun, bila salam diucapkan dalam bentuk isim nakirah, tanpa terdapatnya al, artinya bersifat biasa serta tidak berasal dari Allah.

Sehingga, menanggapi salam dengan waalaikum salam tidak tepat serta tidak cocok dengan syariat. Sebab arti perkataan jawaban itu tidak sepadan dengan salam yang telah disampaikan.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai apa beda nya waalaikumsalam dan waalaikumussalam, semoga dengan adanya postingan ini dapat membantu anda dalam menambah wawasan mengenai islam. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Beda nya Waalaikumsalam dan Waalaikumussalam?"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close