Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tulisan Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Serta Hukum Membalasnya

Tulisan Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tulisan wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh merupakan balasan salam dari Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hukum menanggapi salam Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh sendiri merupakan wajib, sepanjang tidak terdapat udzur. Dengan kata lain, membalas salam serupa perihalnya dengan kita mendo’ akan sesama mukmin dengan kebaikan berupa keselamatan dunia serta akhirat, rahmat, dan seluruh bentuk keberkahan dari Allah Swt.

Dengan membalas salam kita dapat memperkuat persatuan persaudaraan antara sesama mukmin. Lalu bagaimana tulisan wassalamualaikum yang benar? Berikut ini merupakan tulisan arab Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh arab bersama artinya.

Bagaimana Cara Menulis Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh?

وَالسَّلاَمُعَلَيْكُمْوَرَحْمَةُاللهِوَبَرَكَاتُهُ

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Artinya:" Dan semoga keamanan dan rahmat Allah serta keberkahan - Nya terlimpah juga kepadamu."

Disebutkan di atas kalau hukum menanggapi salam merupakan wajib. perihal itu selaras dengan hadits Nabi Muhammad SAWsebagai berikut:

Abu Hurairah berkata, bahwa Rasululah saw bersabda:“ Hak sesama Muslim ada 5: membalas salamnya, menjenguknya kala ia sakit, mengikuti jenazahnya yang dibawa ke kuburan, memenuhi undangannya serta ber-tasymit kala ia bersin.” ( HR. Bukhari no. 1164, Muslim nomor. 4022)

Apa Beda nya Assalamualaikum dan Wassalamualaikum?

Assalamualaikum diucapkan saat sebelum menyampaikan perkataan serta dipakai buat menyapa seseorang ataupun audiens. Ada pula kalimat wassalamualaikum ialah perkataan sapaan penutup yang diucapkan oleh orang yang bermukodimah. Kalimat itu sekalian menandai kalau mukodimah yang di informasikan sudah berakhir.

Kewajiban orang yang mendengar salam wajib menanggapi salam dengan Wassalamu’ alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, yang merupakan jawaban dari Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Seperti itu pembahasan tulisan arab Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh bersama artinya. 

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Tulisan Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Serta Hukum Membalasnya"