Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Barakallah fii ilmi Artinya Apa? Berikut Penjelasan dan Contoh nya

Dengan niat yang baik, perkataan barakallah fii ilmi dapat memeriahkan suasana dan membuat orang yang menerimanya jadi lebih senang.

Ungkapan ini umumnya digunakan sebagai doa atau ucapan yang diberikan kepada seseorang yang sedang belajar atau menuntut ilmu.

Pada dasarnya, Islam mendorong umatnya untuk mencari pengetahuan dan mempelajari ilmu pengetahuan dengan sungguh-sungguh. Allah SWT juga memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk mencari ilmu dan menyebarkannya kepada umatnya.

Oleh karena itu, mengucapkan kalimat ini adalah cara yang baik untuk memberikan doa dan harapan yang baik kepada orang yang sedang berusaha meningkatkan pengetahuannya.

Salah satu perkataan ataupun doa yang sangat kerap dipakai pemeluk Mukmin ialah barakallah fii ilmi. Perkataan ini dipakai buat memberikan selamat pada seseorang yang sudah selesai melaksanakan pembelajaran mereka, semacam wisuda, lulus SMA, serta perayaan kelulusan yang lain.

Barakallah fii ilmi artinya" semoga Allah memberkahi ilmuku".

Barakallah fii ilmik artinya" Semoga Allah memberkahi ilmumu."

Barakallah fii ilmika artinya" Semoga Allah memberkahi ilmumu" dipakai khusus buat pria.

Barakallah fii ilmik Arab Latin

Barakallah fii ilmi Artinya Apa

Selanjutnya ini merupakan tulisan Barakallah fii ilmik arab:

باَرَكَاللهُفيعِلْمِك

"Barakallah fii ilmi" adalah ungkapan bahasa Arab yang terdiri dari tiga kata: "Barakallah", "fii", dan "ilmi". Mari kita jelaskan makna setiap kata dalam ungkapan ini:

1. Barakallah

Kata "Barakallah" berasal dari kata dasar "barakah" yang memiliki arti berkah atau keberkahan dalam bahasa Arab.

Ketika kita mengucapkan "Barakallah", artinya kita berdoa agar Allah memberikan berkah kepada seseorang atau sesuatu. Dalam konteks ini, ungkapan ini mengandung doa agar Allah memberikan berkah dalam ilmu seseorang.

2. Fii

Kata "fii" adalah preposisi dalam bahasa Arab yang berarti "di" atau "dalam". Dalam konteks ungkapan ini, "fii" menunjukkan bahwa berkah itu diharapkan terjadi atau ada dalam ilmu seseorang.

3. Ilmi

Kata "ilmi" berasal dari kata dasar "ilm" yang berarti ilmu atau pengetahuan. Dalam ungkapan ini, "ilmi" mengacu pada pengetahuan atau ilmu yang dimiliki atau sedang diperoleh oleh seseorang.

Jadi, secara keseluruhan, perkataan ini dapat diartikan sebagai "Semoga Allah memberikan berkah dalam ilmu kamu" atau "Semoga Allah memberkahi pengetahuan kamu".

Ungkapan ini adalah doa yang umumnya digunakan untuk memberikan harapan dan doa yang baik kepada seseorang yang sedang belajar atau menuntut ilmu, serta untuk memohon agar Allah memberikan berkah dalam proses pembelajaran dan pengembangan pengetahuannya.

Semoga ilmu yang diterima memperoleh keberkahan dari Allah, dapat berguna buat dunia serta akhirat. Lalu apa jawaban yang cocok untuk kalimat tersebut?

Jawaban yang dapat kamu berikan ialah Wa Fiika Barakallah artinya semoga Allah pula memberkahimu.

Selanjutnya ini merupakan contoh ucapan selamat wisuda islami buat referensimu.

  • " Alhamdulilah akhirnya lulus! Barakallah fii ilmi! Sahabat, terima kasih atas dorongan kamu serta pula perjuangan yang kita lalui bersama. Mudah - mudahan kedepannya kamu berhasil semua, amin."
  • " Barakallah fi ilmi temanku! Sehabis bertahun - tahun akhirnya kalian lulus pula, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali! Mudah - mudahan ilmu yang diperoleh berguna serta kedepannya kalian hendak menggapai cita - citamu."

Ketika mengucapkan kalimat kepada seseorang, kita berharap agar Allah memberkahi dan memberikan keberkahan dalam proses belajar dan penyerapan ilmu mereka.

Doa ini juga mencerminkan harapan kita bahwa ilmu yang mereka pelajari dapat memberikan manfaat bagi diri mereka sendiri, orang lain, dan masyarakat secara umum.

Dengan mengucapkan perkataan ini kepada seseorang, kita juga menyampaikan dukungan dan semangat untuk terus belajar dan mengembangkan pengetahuan mereka. Semoga Allah memberkahi setiap langkah dalam perjalanan mereka dalam mencari ilmu.

Semoga pembahasan kami mengenai Arti barakallah fii ilmi dapat menambah wawasan kalian tentang islam, Semoga bermanfaat.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Barakallah fii ilmi Artinya Apa? Berikut Penjelasan dan Contoh nya"