Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Berharap Pada Manusia, Berharap Hanya Kepada Allah

Jangan Berharap Pada Manusia

Ada kalanya ujian hidup yang dialami membuat seseorang putus asa. Kita sebaiknya jangan berharap pada manusia, berharaplah hanya kepada Allah SWT, penguasa alam semesta yang menciptakan manusia dengan sempurna.

Dalam ajaran Islam, Allah SWT ialah satu - satunya tempat bertumpu kaum Muslimin. Dikala tengah pilu serta terperosok, Allah yang jadi penyelamat serta dapat membantu umat- Nya menuntaskan apa pun permasalahan mereka.

Begitu juga firman Allah Swt dalam Surah Al Insyirah berikut ini:

وَاِلٰىرَبِّكَفَارْغَبْ

Artinya: dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap. ( Q.S 94: 8)

Berharap pada manusia merupakan sesuatu yang sia- sia. Artinya, walaupun Allah memberi bantuan lewat perantara manusia atas seizin- Nya, kuasa manusia tidak sebesar kuasa- Nya. Jadi, akan amat mengecewakan bila kemauan yang diharapkan tidak terjadi.

Berbeda bila berharap pada Allah. Walaupun harapannya tidak sesuai, tidak ada rasa kecewa yang timbul, karena Allah akan mengubah dengan rencana- Nya yang lebih indah. Begitu juga sabda Rasulullah dalam salah satu riwayatnya:

“ Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik.”( HR. Ahmad 5: 363. Syaikh Syu’ aib Al Arnauth berkata kalau sanad hadits ini shahih)

Ayat Jangan Berharap kepada Selain Allah

1. Al Ikhlas Ayat 2- 4

اَللّٰهُالصَّمَدُۚ( 1)لَمْيَلِدْوَلَمْيُوْلَدْۙ( 2)وَلَمْيَكُنْلَّهٗكُفُوًااَحَدٌ( 3)

Artinya:“ Allah tempat meminta segala sesuatu.( Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Serta tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.”

2. Al Insyirah: 8

وَاِلٰىرَبِّكَفَارْغَبْ

Artinya:“ Dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.”


3. Al Maidah: 23

قَالَرَجُلَانِمِنَالَّذِيْنَيَخَافُوْنَاَنْعَمَاللّٰهُعَلَيْهِمَاادْخُلُوْاعَلَيْهِمُالْبَابَۚفَاِذَادَخَلْتُمُوْهُفَاِنَّكُمْغٰلِبُوْنَەۙوَعَلَىاللّٰهِفَتَوَكَّلُوْٓااِنْكُنْتُمْمُّؤْمِنِيْنَ

Artinya:“ Berkatalah 2 orang laki- laki di antara mereka yang bertakwa, yang telah diberi nikmat oleh Allah,‘ Serbulah mereka melalui pintu gerbang( negeri) itu. Jika kamu memasukinya niscaya kamu akan menang. Serta bertawakallah kalian hanya kepada Allah, jika kamu orang- orang beriman.”

4. Al Ankabut: 41

مَثَلُالَّذِيْنَاتَّخَذُوْامِنْدُوْنِاللّٰهِاَوْلِيَاۤءَكَمَثَلِالْعَنْكَبُوْتِۚاِتَّخَذَتْبَيْتًاۗوَاِنَّاَوْهَنَالْبُيُوْتِلَبَيْتُالْعَنْكَبُوْتِۘلَوْكَانُوْايَعْلَمُوْنَ

Artinya:“ Perumpamaan orang- orang yang mengambil pelindung selain Allah adalah seperti laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba- laba kalau mereka mengetahui.”

Di bawah ini kita suguhkan pula kata- kata jangan berharap pada manusia quotes:

  • Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit yakni berharap pada manusia. kata - kata ali bin abi thalib tentang jangan berharap kepada manusia.
  • Jangan pernah berharap kepada manusia, jalani seluruhnya dengan jujur. Bertawakal diri serta cuma memohonlah pada Allah Swt.
  • Jangan berharap selain Allah, terlebih manusia; sebab kalian cuma akan kecewa.

Demikianlah pemahaman mengenai jangan berharap kepada manusia yang bisa kita sampaikan, berharap lah hanya kepada allah sebab Allah tempat meminta segala sesuatu. Mudah - mudahan bermanfaat.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Jangan Berharap Pada Manusia, Berharap Hanya Kepada Allah"