Sekaten Berasal Dari Kata Dalam Bahasa Arab Syahadatain yang artinya

hpk
Sekaten Berasal Dari Kata Dalam Bahasa Arab Syahadatain yang artinya

Sekaten berasal dari kata dalam bahasa Arab syahadatain yang artinya?

a. tradisi dua negara

b. kelahiran Nabi

c. dua keajaiban

d. dua kalimah syahadat

e. Semua jawaban benar

Jawaban: D. dua kalimah syahadat

Arti dari Bahasa Arab Syahadatain ke dalam bahasa Indonesia ialah 2 kalimat syahadat. Sekaten sendiri merupakan salah satu perayaan adat masyarakat Yogyakarta yang dilakukan dengan tujuan buat memeringati hari lahirnya Nabi Muhammad tiap tahunnya.

Pembahasan

Sekaten berasal dari kata Arab ialah: Syahadatain. Syahadatain ataupun 2 kalimat syahadat merupakan 2 kalimat yang membacanya merupakan bagian dari rukun islam. Maksud dari syahadatain yakni‘ dua kalimat syahadat’.

Syahadat itu berarti‘ persaksian serta pengakuan( ikrar) yang benar, diikrarkan dengan perkataan, serta dibenarkan dengan hati kalau tidak terdapat Tuhan selain Allah serta Muhammad merupakan rasul Allah’. Dengan begitu, sekaten jadi ikon dari kedekatan bahasa Indonesia dengan bahasa asing, khususnya Arab.

Sekaten ialah susunan aktivitas tahunan yang dijadikan selaku peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diadakan oleh Keraton Surakarta serta Yogyakarta. Sekaten bermula dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilaksanakan tiap bertepatan pada 5 hingga 11 Rabi’ ul Awal serta ditutup dengan seremoni Garebeg Mulud pada 12 Rabi’ ul Awal.

Ada 2 adat- istiadat yang dilakukan sepanjang Sekaten berlangsung, ialah Grebeg Muludan serta Numpak Wajik. Awal mula terdapatnya Sekaten ialah diawali dari kerajaan- kerajaan Islam di tanah Jawa pada era Kerajaan Demak.

Dua kalimat syahadat yang terdapat dalam rukun islam sesuai dengan hadis nabi yaitu:

Kalimat syhadat tauhid yang menjelaskan kalimat syahat tentang keyakinan kepada Allah. Lafadz dari kalimat syahadat yang merupakan kalimat syahadat tauhid menggunakan huruf hijaiyah اَشْهَدُاَنْلاَاِلهَاِلاَّاللهُ. Terjemhan dari lafadz dari kalimat syahadat tauhid ke dalam bahasa indonesia yang baik serta benar adalah saya bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah.

Jadi, sekaten berasal dari tutur dalam bahasa Arab syahadatain yang artinya D. Dua kalimat syahadat. 

0 Response to "Sekaten Berasal Dari Kata Dalam Bahasa Arab Syahadatain yang artinya"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close