Siapa yang Pertama Kali Melintasi Sirotol Mustaqim?

hpk
Siapa yang Pertama Kali Melintasi Sirotol Mustaqim

Siapa yang pertama kali melintasi sirotol mustaqim? saat sebelum menanggapi persoalan itu, hendaknya kita ketahui terlebih dulu mengenai apa itu sirotol mustaqim, bukan?

Selaku pemeluk muslim, kita memercayai adanya jembatan sirotol mustaqim yaitu suatu jembatan yang dilewati oleh semua umat muslim kala berada di akhirat ataupun jalan lurus di atas api neraka jahanam.

Bila dipaparkan ke dalam bahasa indonesia jembatan sirotol mustaqim berarti jalan yang benar ataupun titian di neraka sebesar rambut serta tajam sekali.

Apa Itu Jembatan Sirotol Mustaqim?

Asal muasal jembatan sirotol mustaqim diceritakan awal kali bahwa terdapat seorang yang hendak melalui jembatan sirotol mustaqim ialah Rasulullah SAW bersama umatnya.

Kala menyeberang, tidak ada yang berani bersuara melainkan Rasulullah SAW. Dia kala menyebrangi jembatan sirotol mustaqim mengucapkan," Allahumma slim" yang berarti" Ya Allah, selamatkanlah".

Sementara itu, dalam Alquran, kata sirotol mustaqim dituturkan sebanyak 10 kali. Salah satunya yang tertera dalam Surat Al Imrat ayarr 51, yang berbunyi:

إِنَّٱللَّهَرَبِّىوَرَبُّكُمْفَٱعْبُدُوهُۗهَٰذَاصِرَٰطٌمُّسْتَقِيمٌ

Innallāha rabbī wa rabbukum fabudụh, hāżāṣirāṭum mustaqīm

Artinya:

" Sesungguhnya Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus,"( QS. Al Imran: 51)

Menurut dari berbagai sumber yang lain jembatan sirotol mustaqim ialah petunjuk yang lurus yang tertera dalam Surat Al Fatihah ayat 6 yang merujuk pada agama yang benar, yaitu Islam.

Kemudian apa makna yang tersirat dari jembatan sirotol mustaqim? Berikut makna yang tercantum dalam jembatan sirotol mustaqim, antara lain:

  • Islam merupakan suatu agama yang diberikan kenikmatan oleh Allah SWT serta bukan jalan untuk orang- orang yang dimurkai- Nya, bukan pula jalan untuk mereka yang sesat.
  • Islam merupakan orang- orang yang berpedoman kuat pada agama Allah SWT.
  • Agama yang benar merupakan agama yang dibawa oleh Nabi Ibrahim AS, setelah itu berikutnya diteruskan pada Nabi Muhammad SAW disempurnakan oleh Allah SWT.
  • Jalan Allah SWT yang memiliki segalanya yang terdapat di bumi serta hanya kepada- Nya segala hal dapat kembali.
  • Hanya Allah SWT tempat mengabdi untuk umat- Nya.

Siapa yang Pertama Kali Melintasi Sirotol Mustaqim?

Setelah kita ketahui mengenai apa itu jembatan sirotol mustaqim ini, selanjutnya akan kita sampaikan mengenai siapa yang pertama kali melintasi sirotol mustaqim yakni Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW setelah itu berdiri di tepi shirath seraya berharap,“ Rabbi, selamatkan, selamatkan!”. Bila terdapat umat- Nya yang sempat menyekutukan Allah dengan kesyirikan besar serta belum bertaubat saat sebelum kematiannya, akan mengakibatkan kekekalan di dalam neraka.

Begitu ulasan kami perihal Apa itu sirotol mustaqim dan juga siapakah sosok yang pertama kali melintasi sirotol mustaqim yang bisa kita berikan, mudah-mudahan berguna. 

0 Response to "Siapa yang Pertama Kali Melintasi Sirotol Mustaqim?"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close