Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Attahiyatul Mubarakatus Lengkap, Doa Tahiyat Awal dan Tahiyat Akhir Lengkap

Doa Attahiyatul Mubarakatus Lengkap

Attahiyatul mubarakatus solawatut taiyibatu lillah termasuk bacaan dari doa tahiyat awal serta doa tahiyat akhir. Arti dari bacaan attahiyatul mubarakatus solawatut taiyibatu lillah ialah Segala penghormayan, keberkahan, curahan rahmat, kebaikan adalah untuk Allah. 

Untuk Kamu yang tengah mencari lafaz doa attahiyatul mubarakatus pada bacaan sholat buat dihafalkan, selanjutnya ini ialah bacaan doa tahiyat awal serta tahiyat akhir arab latin serta artinya yang ada kalimat Attahiyatul mubarakatus solawatut taiyibatu lillah.

Doa Attahiyatul Mubarakatus Solawatut Taiyibatu Lillah Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Doa Tahiyatul Awal

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

Attahiyatul mubarakatuhs-solawatut-taiyibatu lillah. Assalamu’alaika aiyuhan nabiyu warahmatullahi wabarakatuh. Assalamu’alaina wa’ala ibadillahis salihin. Asy-hadu alla ilaha illallah. Wa-asy-hadu anna Muhammadar rasulullah.

Artinya, “Segala penghormatan yang berkat solat yang baik adalah untuk Allah. Sejahtera atas engkau wahai Nabi dan rahmat Allah serta keberkatannya. Sejahtera ke atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang soleh. Aku naik saksi bahawa tiada Tuhan melainkan Allah dan aku naik saksi bahawasanya Muhammad itu adalah pesuruh Allah.”

Doa Tahiyatul Akhir

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allaahumma Shalli’Alaa Muhammad, Wa’Alaa Aali Muhammad. Kamaa Shallaita Alaa Ibraahiim Wa Alaa Aali Ibraahiim. Allahumma barik’Alaa Muhammad Wa Alaa Aali Muhammad. Kamaa Baarakta Alaa Ibraahiim Wa Alaa Aali Ibraahiim, Innaka Hamiidum Majiid.

Artinya, “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah’. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah ! Limpahilah rahmat kepada Nabi Muhammad”. “Ya Allah ! Limpahilah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad!. “Sebagaimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Diseluruh alam semesta Engkaulah yang terpuji, dan Maha Mulia”

Tata Cara Tahiyat Awal dan Akhir

Tahiyat Awal

  • Duduk di lantai dengan kedua kaki menjadi tumpuan pantat.
  • Gengam semua jari kecuali jari telunjuk tangan kanan yang mengarah ke kiblat. Pandangan mata ke arah jari telunjuk tersebut.
  • Membaca doa tahiyat awal dimana bacaannya tidak seutuh tahiyat akhir.

Tahiyat Akhir

  • Gerakan duduk di lantai.
  • Kedua kaki diletakkan di sebelah kanan pinggang.
  • Kaki kiri dibentangkan dan kaki kanan ditegakkan.

Perbedaan antara tahiyat awal dan tahiyat akhir adalah dengan dibacanya doa mohon perlindungan yang hanya di baca pada saat gerakan tahiyat akhir.

Demikian Artikel islamtwins tentang doa attahiyatul mubarakatus solawatut taiyibatu lillah termasuk bacaan dari doa tahiyat awal serta doa tahiyat akhir. Semoga dengan adanya postingan doa attahiyatul mubarakatus lengkap ini, bisa menambah wawasan kalian mengenai islam.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Doa Attahiyatul Mubarakatus Lengkap, Doa Tahiyat Awal dan Tahiyat Akhir Lengkap"