Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Robbi Zidni ilma Warzuqni Fahma Artinya, Inilah Doa Sebelum Belajar Anjuran Nabi Muhammad SAW

Robbi Zidni ilma Warzuqni Fahma Artinya

Robbi zidni ilma warzuqni fahma adalah doa sebelum belajar. Doa sebelum belajar robbi zidni ilma warzuqni fahma artinya Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.

Setiap orang menginginkan belajar, karena belajar ialah cara yang berguna dalam setiap kehidupan seseorang buat memahami banyak perihal dalam kehidupan.

Untuk muslim, pembelajaran ialah salah satu wujud amal perbuatan yang bisa menghantarkan pada kebaikan. Supaya hasrat yang kita dapat semakin kuat, kita membutuhkan niat yang lurus dan doa selaku permohonan pada Allah SWT. Sesuai dari pernyataan hadist Rasulullah SAW selanjutnya.

Rasulullah shallallahu‘ alaihi wa sallam bersabda,

“ Sesungguhnya amal perbuatan tergantung pada niat, serta sebetulnya setiap orang hendak mendapatkan sesuai dengan yang beliau niatkan.“ ( HR. Al Bukhari serta Mukmin)

Doa Sebelum Belajar Robbi Zidni ilma Warzuqni Fahma Arab Latin dan Artinya

Selanjutnya ini merupakan doa sebelum belajar Robbi zidni ilma warzuqni fahma arab latin serta artinya.

رَبِّزِدْنِيعِلْمًاوَارْزُقْنِيفَهْمًاوَاجْعَلْنِيمِنَالصَّالِحِيْنَ

Rabbi zidni ilmā, warzuqnī fahmā, wajalnī minash sholihīn.

Artinya:" Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan. Berilah aku karunia agar dapat memahaminya. Dan jadikanlah aku termasuk orang- orang yang shalih."

Selanjutnya ini merupakan bacaan Surat Taha Ayat 114 arab latin serta artinya yang ada doa sebelum belajar Robbi zidni ilman.

فَتَعٰلَىاللّٰهُالْمَلِكُالْحَقُّۚوَلَاتَعْجَلْبِالْقُرْاٰنِمِنْقَبْلِاَنْيُّقْضٰٓىاِلَيْكَوَحْيُهٗۖوَقُلْرَّبِّزِدْنِيْعِلْمًا١١٤

Latin: Fa taālallāhul- malikul-ḥaqq, wa lā tajal bil- qur`āni ming qabli ay yuqḍā ilaika waḥyuhụ wa qur rabbi zidnī ilmā

Artinya:" Mahatinggi Allah, Raja yang sebenar - benarnya. Janganlah engkau ( Nabi Muhammad) tergesa - gesa ( membaca) Al Qur’ an sebelum selesai pewahyuannya kepadamu483) dan katakanlah,“ Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku”." ( QS Taha Ayat 114)

Ada pula doa sebelum belajar selain Robbi zidnii ilmaa, warzuqnii fahmaa, wajalnii minash- sholihiin yaitu

 رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi'a warzuqni fahma

Artinya: "Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, dan Islam sebagai agamaku, dan Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik."

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Allahummanfa'ni bima 'allamtani wa 'allimni ma yanfa'uni wa zidni 'ilman walhamdulillahi 'ala kulli halin.

Artinya: "Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu."

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma akhrijnaa min dhulumaatil wahmi, wa akrimnaa binuuril fahmi, waftah 'alainaa bima'rifatil ilmi, wasahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar raahimin

Artinya: "Ya Allah, keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan, dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman. Bukakanlah untuk kami dengan kemakrifatan ilmu dan mudahkanlah pintu karuniaMu bagi kami, wahat Dzat yang Maha Pengasih,"

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii

Artinya: "Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ, وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ, وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ, وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا

Allahumma innii a'uudzu bika min 'ilmin laa yanfa'u wa qolbin laa yakhsya'u wa du'aa-in laa yusma'u wa 'amalin laa yurfa'u

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, doa yang tidak didengar, dan amal yang tidak diterima."

 اَللّٰهُمَّ اَلْهِمْنَاعِلْمًانَفْقَهُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَنَوَاهِيَكَ وَارْزُقْنَافَهْمًانَعْلَمُ بِهٖ كَيْفَ نُنَاجِيْكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَا. اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَافَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ وَاِلْهَامَ الْمَلاَءِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allaahumma alhimnaa 'ilman nafqatu bihi awaa miraka wa nawaahiyaka warzuqnaa fahman na'lamu bihii kaifa nunaa jiika birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Ya Allah, karuniakanlah kepada kami pemahaman seperti pemahaman para Nabi, daya hapal seperti daya hapal para Rasul, dan ilham seperti ilham para malaikat yang selalu mendekatkan diri kepada Allah, berkat rahmat Engkau, wahai Dzat yang Paling Pengasih di antara para pengasih."

Doa Setelah Belajar Arab Latin dan Artinya

Doa Setelah Belajar

Setelah melakukan kegiatan belajar atau mengaji, para pencari ilmu juga sangat dianjurkan untuk membaca doa setelah belajar. Inilah doanya:

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tiba’ahu, wa arinal bathila bathilan warzuqnaj tinabahu

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya.”

Berdoa kala menuntut ilmu ialah salah satu ibadah yang diajarkan Rasulullah SAW. Demikianlah postingan dari Islamtwins.com mengenai Robbi zidni ilma warzuqni fahma artinya adalah doa sebelum belajar, mudah - mudahan apa yang kamu pelajari jadi berkah dunia akhirat. 

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Robbi Zidni ilma Warzuqni Fahma Artinya, Inilah Doa Sebelum Belajar Anjuran Nabi Muhammad SAW"