Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lirik Sholawat Nabi Latin Lengkap Dengan Terjemahannya

lirik sholawat nabi latin

Islamtwins.com - Lirik sholawat Nabi latin serta terjemahan bisa menambahkan wawasan kalian terpaut dengan berbagai jenis sholawat yang memantapkan ibadah penuh ridho dari Allah SWT.

Membaca sholawat untuk Nabi Muhammad SAW merupakan perintah Allah SWT, semacam yang tertuang dalam Surat Al Ahzab ayat 56, sehingga mengamalkannya ditaksir ibadah.

Surat Al- Ahzab Ayat 56

إِنَّٱللَّهَوَمَلَٰٓئِكَتَهُۥيُصَلُّونَعَلَىٱلنَّبِىِّۚيَٰٓأَيُّهَاٱلَّذِينَءَامَنُوا۟صَلُّوا۟عَلَيْهِوَسَلِّمُوا۟تَسْلِيمًا

Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna alan- nabiyy, yā ayyuhallażīnaāmanụṣallụ alaihi wa sallimụ taslīmā

Artinya: Sesungguhnya Allah dan malaikat- malaikat- Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang- orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Dalam hadis riwayat muslim dipaparkan kalau“ Barang siapa yang membaca sholawat buat Nabi Muhammad SAW sebanyak seratus kali dalam satu hari, maka akan dibalas Rahmat Allah SWT sebanyak seribu kali pula”.

Baca Juga Ya Ahla Baitin Nabi Lirik Text Arab

Nabi Muhammad SAW bersabda“ Barangsiapa yang bersholawat kepadaku pada hari Jumat sebanyak 4 puluh kali maka Allah SWT hendak menghilangkan dosa- dosanya. Tiap pemeluk muslim yang memperbanyak sholawat pula hendak ditempatkan di sisi Nabi Muhammad SAW di surga.

Selanjutnya Kumpulan Lirik sholawat Nabi Muhammad SAW yang bersumber dari alim ulama. 

Kumpulan Lirik Sholawat Nabi Latin Lengkap Dengan Terjemahannya

Lirik Sholawat Nabi

Sebelum membahas lirik sholawat Nabi, penting untuk memahami pengertian dan asal-usul sholawat dalam Islam. Sholawat merupakan pujian dan doa yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW. Praktik melantunkan sholawat memiliki makna yang mendalam dalam kehidupan umat Muslim.

Salah satu elemen penting dalam melantunkan sholawat adalah lirik yang digunakan. Lirik sholawat memiliki keindahan tersendiri dan dapat menggugah perasaan yang mendalam. Berikut beberapa lirik sholawat nabi yang bisa anda lantunkan setiap saat:

1. Sholawat Tibbil Qulub

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا. وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا. وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allohumm sholli 'ala sayyidina Muhammadin, tibbil quluubi wa dawaa-iha wa 'aafiyatil abdaani wa syifa-iha, wa nuuril abshoori wa dliyaa-iha wa 'ala aalihi wa shahbihi wa sallim."

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada baginda kami Nabi Muhammad yang menjadi obat dan penyembuhan hati, penyehat dan penyelamat badan, cahaya dan sinar penglihatan, dan limpahkan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya, dan berilah kesejahteraan."

2. Sholawat Fatih

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ. وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ . وَالهَادِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ . صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Faatihi limaa ughliqa, wal khatimi limaa sabaqa, wan naashiril haqqaa bil haqqi, wal haadii ilaa shiraatin mustaqiim (ada yang baca 'shiraatikal mustaqiim'). Shallallaahu ‘alayhi, wa ‘alaa aalihii, wa ashhābihī haqqa qadrihī wa miqdaarihil ‘azhiim.

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.

3. Sholawat Munjiyat

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْاَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ
وَتَقْضِيْ لَنَابِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ
وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَايَاتِ
مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin

sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il-ahwaali wal-aafaati

wa taqdhii lanaa bihaa jamii’al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii’is-sayyi’aati

wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati

min jamii’il-khairaati fil-hayaati wa ba’dal-mamaati


Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan membahayakan, dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan semua hajat kami dan membersihkan semua keburukan kami, mengangkat kami pada derajat tertinggi , menyampaikan kami pada puncak tujuan, dari semua kebaikan di waktu hidup dan sesudah mati".

4. Sholawat Nuril Anwar

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نُوْرِ اْلاَنْوَارِ وَسِرِّ اْلاَسْرَارِ وَتِرْيَاقِ اْلاَغْيَارِ وَمِفتَاحِ بَابِ الْيَسَارِ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدِ نِالْمُخْتَارِ وَالِهِ اْلاَطْهَرِ وَاَصْحَابِهِ اْلاَخْيَارِ عَدَدَ نِعَمِ اللّهِ وَاِفضَالِهِ

Allahumma sholli ‘ala nuril anwar wa sirril asrar wa tiryaqil aghyar wa miftahi babil yasar sayyidina wa maulana muhammadinil mukhtar wa alihil ath-har wa ash-habihil akhyar ‘adada ni’amillahi wa ifdhalih.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, belakang layer dari segenap rahasia, penawar sedih dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad Saw yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Mahakuasa dan karunia-Nya.”

5. Sholawat Bani Hasyim

 اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى النَّبِىِّ الْهَاشِمِىِّ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا

Allaahumma shalli ‘alan-nabiyil Haasyimiyyi Muhammadiw wa’alaa aalihi wa sallim tasliiman

Artinya:

“Ya Allah, berikanlah rahmat serta salam kepada seorang nabi keturunan Bangsawan Hasyim, yakni Muhammad beserta keluarganya, semoga tetap selamat dan sejahtera.”

6. Sholawat Shohibun Nasab

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَاحِبِ النَّسَبِ الشَّرِيْفِ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allohumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin shohibin nasabisy syarifi wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya:

Ya Allah, berikanlah shalawat dan salam sejahtera kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, pemilik nasab yang mulia dan semoga shalawat tercurah kepada para keluarga dan para sahabat beliau, dan juga berikanlah keselamatan.

7. Sholawat Jibril

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Shallallaahu ‘ala Muhammad

" (Ya Allah) berikanlah tambahan rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad."

8. Sholawat Nariyah

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allâhumma shalli shalâtan kâmilatan wa sallim salâman

tâmman `alâ sayyidinâ Muhammadinil-ladzi

tanhallu bihil-`uqadu wa tanfariju bihil-kurabu

wa tuqdlâ bihil-hawâiju wa tunâlu bihir-raghâ’ibu

wa husnul-khawâtimi wa yustasqal-ghamâmu

biwajhihil-karîmi wa `alâ âlihi

wa shahbihi fî kulli lamhatin wa nafasin

bi`adadi kulli ma`lûmilak

Terjemahan:

Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

9. Sholawat Badar 

صلاة الله وسلام الله على طه رسول الله

صلاة الله وسلام الله على يس حبيب الله

تواصلنا ببسم الله

وبالهادي رسول الله

وبالهادي رسول الله

وكل مجاهد، مجاهد لله

بأهل البدر يا الله

إلهي إلهي سلم الأمه

من الآفات والنقمة

إلهي إلهي سلم الأمه

من الآفات والنقمة

ومن هم ومن غمة

بأهل البدر يا الله

صلاة الله وسلام الله على طه رسول الله

صلاة الله وسلام الله على يس حبيب الله

تواصلنا ببسم الله

وبالهادي رسول الله

وبالهادي رسول الله

وكل مجاهد، مجاهد لله

بأهل البدر يا الله

إلهي إلهي سلم الأمه

من الآفات والنقمة

ومن هم ومن غمة

بأهل البدر يا الله

صلاة الله وسلام الله على طه رسول الله

صلاة الله وسلام الله على يس حبيب الله

تواصلنا ببسم الله

وبالهادي رسول الله

وبالهادي رسول الله

وكل مجاهد، مجاهد لله

بأهل البدر يا الله

صلاة الله وسلام الله على طه رسول الله

صلاة الله وسلام الله على يس حبيب الله

تواصلنا ببسم الله

وبالهادي رسول الله

وبالهادي رسول الله

وكل مجاهد، مجاهد لله

بأهل البدر يا الله


Sholaatullaah salaamullaah

Alaa Thooha rosuulillaah

Sholaatullaah salaamullaah

Alaa Yaasin habiibillaah

Tawassalna bi Bismillaah

Wabil Haaadi Rosulillaah

Wakulli mujaahidin lillaah

Bi ahlil badri yaa Allaah


Ilaahi sallimi ummah

Minal aafaati wannigmah

Wa min hammin wa min ghummah

Bi ahlil badri yaa Allaah


Ilaahi-ghfir wa akrimna binaili mathoolibin minna

Wadafi masaa-ati 'anna

Bi-ahlil badri yaa Allaah

Menyampaikan Kecintaan Umat Muslim melalui Lirik Sholawat Nabi

Kecintaan Umat Muslim melalui Lirik Sholawat Nabi

Lirik sholawat Nabi tidak hanya sekadar ungkapan rasa cinta, tetapi juga menjadi media bagi umat Muslim untuk mengungkapkan penghormatan dan kecintaan mereka kepada Nabi Muhammad SAW.

Melalui lirik lagu sholawat nabi yang indah, umat Muslim dapat mengekspresikan perasaan kecintaan, kagum, dan rasa syukur yang mendalam terhadap Nabi Muhammad SAW. Lirik-lirik ini menjadi sarana spiritual yang kuat untuk menyampaikan pesan-pesan cinta dan penghormatan kepada Nabi.

Dalam melantunkan lirik sholawat, umat Muslim menyampaikan kecintaan mereka kepada Nabi Muhammad SAW dengan penuh rasa. Lirik-lirik ini mengungkapkan penghormatan kepada kepribadian dan perjuangan Nabi, serta memuji sifat-sifat dan keutamaan yang dimiliki beliau.

Melalui lirik sholawat ya nabi, umat Muslim mengingatkan diri mereka sendiri dan mengajak orang lain untuk mencintai dan mengikuti teladan Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, lirik sholawat juga menjadi sarana untuk merasakan keindahan agama Islam dan kebersamaan dalam menyampaikan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Ketika umat Muslim bersama-sama melantunkan lirik sholawat ya nabi salam alaika, suasana kebersamaan dan kecintaan yang mendalam terhadap Nabi tercipta.

Lirik-lirik ini menjadi perekat dan memperkuat ikatan antarumat Muslim, mengingatkan mereka akan kebersamaan dalam agama yang sama dan kasih sayang yang mereka miliki terhadap Nabi Muhammad SAW.

Tak hanya itu, melalui lirik sholawat, umat Muslim juga mengungkapkan rasa syukur atas nikmat Islam dan kehadiran Nabi Muhammad SAW dalam hidup mereka.

Lirik-lirik sholawat mencerminkan rasa syukur yang mendalam atas petunjuk agama Islam yang diberikan oleh Nabi. Umat Muslim merasa beruntung dan bersyukur dapat memperoleh hidayah Islam dan memiliki sosok Nabi Muhammad SAW sebagai teladan dalam menjalani kehidupan.

Kesimpulan

Lirik sholawat Nabi merupakan bagian tak terpisahkan dalam melantunkan sholawat. Melalui lirik-lirik yang indah, umat Muslim dapat mengekspresikan rasa cinta, penghormatan, dan kecintaan mereka kepada Nabi Muhammad SAW.

Dalam setiap lirik lagu sholawat nabi terdapat makna yang mendalam dan menginspirasi. Semoga melalui artikel lirik sholawat nabi ini, kita dapat semakin mengapresiasi kekayaan lirik sholawat Nabi dan meningkatkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Lirik Sholawat Nabi Latin Lengkap Dengan Terjemahannya"