Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bada Ashar itu Jam Berapa?

Islamtwins.com - Banyak muncul persoalan mengenai bada ashar itu jam berapa? Kapan dan apakah ada sholat bada ashar? Selanjutnya merupakan keterangan lengkapnya.

Sebagaimana yang kita tahu kalau terdapat waktu mustajab buat berdoa, salah satunya di hari jumat bada ashar.

Perihal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW kalau terdapat waktu di hari jumat yang kala kita berdoa, maka doa itu amat berkesempatan dikabulkan.

يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ فِيهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ

‘ Pada hari Jum’at ada dua belas jam ( pada siang hari ), di antara waktu itu terdapat waktu yang tidak ada seorang hamba mukmin juga memohon suatu pada Allah melainkan Ia hendak mengabulkan permintaannya. Oleh sebab itu, carilah ia di akhir waktu sehabis Ashar.’ [HR. Abu Dawud].

Keutamaan Waktu Ba'da Ashar

bada ashar itu jam berapa

Hadits diatas amat jelas mengatakan, "carilah ia di akhir waktu". Maksud dari bada ashar artinya ialah sehabis ashar. Sehingga, kita benar - benar menggunakan waktu ini selaku sarana buat menjemput pengkabulan dari Allah. Janganlah sampai kita melupakan waktu bada ashar dengan percuma.

Selanjutnya ini sebagian pemikiran ataupun anjuran dari ulama ataupun ajaran mengenai waktu bada ashar:

1. Tidak Pergi dari Masjid Sehabis Ashar

Tidak pergi dari masjid serta berdoa. Dipusatkan kala akhir waktu ahsar( menjelang petang), ini merupakan kedudukan tertinggi. Said bin Jubair bila shalat ashar tidaklah berbicara dengan seorangpun hingga tenggelam mentari. Panduan ini dikatakan oleh Syaikh Muhammad Shalih Al- Munajjid Hafidzahullah, yang menarangkan mengenai waktu mustajab bada ashar.

2. Duduk serta Berdoa menunggu hingga waktu ashar

Waktu bada ashar juga merupakan waktu yang baik untuk berzikir dan berdoa. Anda dapat menggunakan waktu ini untuk berdzikir, membaca Al-Qur'an, atau berdoa secara pribadi. Memperbanyak ibadah pada waktu ini dapat membantu memperkuat ikatan spiritual dengan Allah.

Berikut bacaan doa habis bada Ashar:

بِكَ مِن شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكِ َعَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فاَغْفِر لِيْ فَإِنهَّ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Allâhumma anta rabbî, lâ ilâha illâ anta khalaqtanî. Wa anâ 'abduka, wa anâ 'alâ 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu. A'ûdzu bika min syarri mâ shana'tu. Abû'u laka bini'matika 'alayya. Wa abû'u bidzanbî. Faghfirlî. Fa innahû lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta.

Artinya, "Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau". (HR Bukhari, dari Syaddad bin Aus)

Panduan ini difatwakan dalam As'Sual Wal Jawab nomor. 112165, disebut kalau duduk ditempatnya, rumah ataupun yang lain, berdoa pada Rabb-nya hingga akhir waktu sampai akhir waktu Ashar.

3. Membaca Al-Qur'an

Waktu bada ashar juga merupakan waktu yang dianjurkan untuk membaca Al-Qur'an. Anda dapat meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur'an, memahami maknanya, dan merenungkan ayat-ayat suci. Hal ini dapat membantu meningkatkan pemahaman agama dan mendekatkan diri kepada Allah.

4. Meningkatkan Ilmu dan Pembelajaran

Waktu bada ashar juga merupakan waktu yang cocok untuk meningkatkan pengetahuan dan pembelajaran. Anda dapat menggunakan waktu ini untuk membaca buku agama, mengikuti pelajaran atau kajian agama, atau mendengarkan ceramah keagamaan.

Berikut secara singkat mengenai anjuran para ulama mengenai bada ashar:

  • Tidak Pergi dari Masjid Sehabis Ashar
  • Duduk serta Berdoa menunggu hingga waktu ashar
  • Membaca Al-Qur'an
  • Meningkatkan Ilmu dan Pembelajaran

Bada Ashar itu Jam Berapa?

Bada Ashar itu Jam Berapa

Perkiraan waktu sholat ashar tiap daerah di Indonesia mempunyai waktu yang berbeda ataupun selisih. Contohnya di Indonesia bagian tengah dengan barat. Nah silahkan Kamu memnggunakan estimasi ataupun analisa dari waktu sholat itu.

Contoh, di Jakarta waktu ashar pada jam 15:30 Wib, waktu maghrib jam 18:10 Wib. Jadi jam berapa bada ashar? Maka waktu bada ashar itu jam antara setelah pukul 15:30 WIB sampai sebelum 18:10 WIB dapat dibilang selaku bada ashar.

Memakai waktu itu buat berdoa. Memperbanyak doa serta sering-seringlah berdoa. Karena ibadah merupakan perihal yang direkomendasikan apalagi diwajibkan.

Apakah ada sholat bada ashar?

Apakah ada sholat bada ashar

Menyucikan hati melalui sholat merupakan perjalanan yang luhur, mengukir identitas diri sebagai umat Muslim yang teguh beriman pada Allah SWT. Tetapi, tatkala terungkaplah periode-periode haram atau larangan bahwa tidak ada shalat sunnah setelah shalat ‘Ashar, Rasulullah SAW pernah bersabda: 


عن أبي سَعِيدٍ الخُدْرِيّ رضي الله عنه قال: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «لاَ صَلاَةَ بَعْدَ الصُّبْحِ حَتَّى تَرْتَفِعَ الشَّمْسُ، وَلاَ صَلاَةَ بَعْدَ العَصْرِ حَتَّى تَغِيبَ الشَّمْسُ» 


Dari Abu Said Al Khudri RA, dia berkata, 

“Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada sholat setelah sholat Subuh sampai matahari meninggi dan tidak ada sholat setelah sholat ‘Ashar sampai matahari tenggelam” (HR Bukhari). Dalam riwayat lain disebutkan:


ثَلاَثُ سَاعَاتٍ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَنْهَانَا أَنْ نُصَلِّىَ فِيهِنَّ أَوْ أَنْ نَقْبُرَ فِيهِنَّ مَوْتَانَا حِينَ تَطْلُعُ الشَّمْسُ بَازِغَةً حَتَّى تَرْتَفِعَ وَحِينَ يَقُومُ قَائِمُ الظَّهِيرَةِ حَتَّى تَمِيلَ الشَّمْسُ وَحِينَ تَضَيَّفُ الشَّمْسُ لِلْغُرُوبِ حَتَّى تَغْرُبَ


Artinya: “Ada tiga waktu yang Rasulullah SAW melarang kami untuk sholat atau untuk menguburkan orang yang mati di antara kami, yaitu: (1) ketika matahari terbit (menyembur) sampai meninggi, (2) ketika matahari di atas kepala hingga tergelincir ke barat, (3) ketika matahari akan tenggelam hingga tenggelam sempurna” (HR Muslim). 

Mengapa Rasulullah melarang shalat dalam kedua waktu tersebut?

Menurut riwayat hadis yang digunakan oleh Imam Ahmad, larangan Rasulullah tersebut disebabkan oleh matahari yang terbit di antara dua tanduk setan dan terbenam di antara dua tanduk setan pula. Namun, jika terdapat kewajiban shalat yang terlewat atau keadaan tertentu yang membenarkannya, seperti shalat jenazah dan tahiyatul masjid, maka masih diperbolehkan. Juga, bagi seseorang yang terlelap dalam tidurnya, shalat boleh dilakukan saat ia bangun dan sadar.

Oleh karena itu, shalat ba'diyah subuh dan ashar tidak dianjurkan dalam agama Islam. Larangan yang disampaikan oleh Rasulullah sebagaimana yang telah disebutkan di atas dapat dijadikan bukti untuk tidak melaksanakan shalat rawatib pada setiap waktu. Kedua waktu tersebut termasuk dalam waktu yang dilarang untuk melaksanakan shalat tanpa alasan atau keadaan yang membenarkannya.

Seperti itu jawaban pertanyaan perihal bada ashar itu jam berapa? Mudah-mudahan dapat jadi rujukan untuk Anda.

Wallahu alam bishawab

Posting Komentar untuk "Bada Ashar itu Jam Berapa?"