-->

Doa La ilaha illa Anta Subhanaka inni Kuntu Minadzolimin Artinya Apa?

hpk
Doa La ilaha illa Anta Subhanaka inni Kuntu Minadzolimin

Doa La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin artinya adalah“ Tidak ada tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang- orang zalim.”

La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin merupakan bagian dari Surat Al Anbiya ayat 87 yang dijadikan doa oleh Nabi Yunus AS di dalam perut ikan, yang dijadikan bacaan dzikir.

Cerita Nabi Yunus dikala berada di perut Paus banyak tercatat di kitab- kitab sejarah Islam. Sepanjang berada di perut paus itu, Nabi Yunus tidak henti- hentinya memanjatkan doa supaya Allah SWT menyelematkannya. Doa itu juga diabadikan dalam Alquran QS al- Anbiyaa ayat ke- 87.

Berikut ini bacaan Surat Al Anbiya ayat 87 yang ada tulisan La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin arab serta artinya.

La ilaha illa Anta Subhanaka inni Kuntu Minadzolimin Arab Latin dan Artinya

وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۚ ٨٧

Wa zan-nuni iz zahaba mugadiban fa zanna ala lan naqdira 'alaihi fa nada fiz-zulumati al la ilaha illa anta sub-hanaka inni kuntu minaz-zalimin

Artinya: "(Ingatlah pula) Zun Nun (Yunus) ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya. Maka, dia berdoa dalam kegelapan yang berlapis-lapis, “Tidak ada tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang zalim.”

Surat Al Anbiya turun di kota Makkah akibatnya surat ini masuk dalam kalangan surat Makkiyah. Al Anbiya artinya Para Nabi. Berjumlah 112 ayat, nomer surat ke 21, juz 17 dalam kitab suci Al Quran.

Dari Surat Al Anbiya ayat 87 banyak pelajaran yang bisa diambil salah satunya supaya bersabar dalam segala kesusahan. Surat Al Anbiya ayat 87 pula menerangkan alangkah beratnya ujian menjadi seorang Nabi.

Nabi Yunus lalu berupaya menunjukkan jalur kebaikan, memberikan berita mengenai terdapatnya surga serta neraka, dan mengajak mereka buat menyembah Allah SWT. Tetapi cuma sedikit dari mereka yang ingin menyambut ajarannya, selebihnya lebih memilih buat senantiasa memuja berhala dan bahkan memperolok - olokkan ajaran Nabi Yunus, perihal ini membuat dia marah serta putus asa.

Sehabis menerima petunjuk dari Allah SWT, Nabi Yunus menghadiri kaumnya serta mengantarkan informasi turunnya azab pada masyarakat Ninawa yang sungkan memuja kepada Allah SWT, sehabis itu dia memilih buat bergegas berangkat meninggalkan kaumnya.

Di tengah perjalanan, air laut mulai bergelombang serta membuat seluruh penumpang membuang barang- barangnya ke laut buat mengurangi muatan tetapi tetap tidak berhasil, hingga kesimpulannya mereka membuat undian buat melemparkan satu penumpang ke dalam laut.

3 kali undian, 3 kali pula nama Nabi Yunus yang keluar, ia akhirnya mengetahui serta membenarkan kesalahannya yang sudah meninggalkan masyarakat Ninawa, dikala dia mau menceburkan diri ke laut, datang seekor ikan paus besar yang langsung memakan beliau.

Situasi di dalam perut ikan paus yang pengap serta gelap tidak menyurutkan hasrat Nabi Yunus buat memohon ampunan kepada Allah SWT, sepanjang 40 hari dia tidak pernah berhenti berdzikir serta bertaubat, sampai kesimpulannya Allah SWT menerima taubatnya serta menginstruksikan ikan paus itu buat mengeluarkan Nabi Yunus di suatu pulau.

Dari cerita ini, terdapat beberapa pelajaran yang dapat diambil dari kisah nabi Yunus as yakni:

  • Sabar dalam Menyebarkan Kebaikan
  • Berserah Diri Kepada Allah SWT
  • Tidak Mudah Mengambil Keputusan Dikala Tengah Emosi
  • Banyak Mengingat Allah

Kapan Waktu Terbaik membaca doa Nabi Yunus?

Kapan Baca La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu Minadzolimin? yakni pada saat merasa gelisah serta takut. Dengan berdoa, maka seorang mukmin sudah berusaha menjalin komunikasi dengan Sang Khalik. Dari riwayat al Hakim dari Sa’ ad bin Abi Waqash menyebutkan, membaca 40 kali doa ini kala sakit, kemudian setelah itu ia meninggal, maka ia akan memperoleh pahala orang yang meninggal syahid. Riwayat ini didapat dari kitab ad Durr al Mantsur.

Seperti itu keterangan mengenai doa La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin yang merupakan bagian dari Surat Al Anbiya ayat 87 doa Nabi Yunus di dalam perut ikan, yang sekarang ini dijadikan bacaan dzikir.

0 Response to "Doa La ilaha illa Anta Subhanaka inni Kuntu Minadzolimin Artinya Apa? "

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close