-->

Lakum Dinukum Waliyadin Artinya Adalah? Toleransi Beragama dalam Urusan Beribadah Kepada Tuhan

hpk
Lakum Dinukum Waliyadin Artinya Adalah

Lakum dinukum waliyadin adalah lafaz dari surat Al Kafirun ayat 6 mengenai toleransi beragama. Secara bahasa ayat Lakum Dinukum Waliyadin artinya adalah untukmu agamamu dan untukku agamaku.

Kalimat ini ada dalam ayat terakhir surat Al kafirun. Surat ini amat populer sebab kandungannya mengarahkan kita buat bertoleransi antar pemeluk beragama.

Dalam agama Islam, banyak diajarkan sebagian prinsip kepercayaan yang wajib dianut oleh tiap mukmin. Dari sebagian prinsip kepercayaan itu banyak didapat dari kitab suci Al- Qur’ an, sebab Al- Qur’ an ialah pandangan hidup tiap mukmin.

Dalam kitab suci Alquran diperintahkan buat menghormati pengikut agama lain. Salah satu nya yakni perkataan yang baik sekali ialah perkataan“ lakum dinukum waliyadin”. Selanjutnya ini merupakan bacaan surat Al Kafirun ayat 6 mengenai toleransi beragama yang berbunyi Lakum dinukum waliyadin arab latin serta artinya.

Lakum Dinukum Waliyadin Arab, Latin dan Artinya

لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ

Lakum Diinukum Wa Liya diin

Artinya: “Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.” (QS. Al Kafirun : 6)

Surat Al Kafirun turun di kota Makkah alhasil surat itu masuk dalam kalangan surat Makkiyah. Al Kafirun artinya Orang - Orang Kafir, berjumlah 6 ayat, nomer surat ke 109, juz 30 dalam kitab suci Al Quran.

Arti ayat dari surat Al Kafirun bermuatan seruan pada orang- orang musyrik secara berterus terang kalau kalangan muslimin berlepas diri dari seluruh wujud ibadah kepada selain Allah Swt., yang mereka jalani secara lahir serta batin.

Seruan dari surat ini kalau orang musrik tidak menyembah Allah dengan ikhlas dalam beribadah, yakni mereka tidak beribadah murni hanya pada Allah. Ibadah yang dilakukan oleh orang- orang musyrik diiringi dengan kesyirikan serta bukanlah disebut ibadah.

Setelah itu dalam ayat ini, Allah mengancam orang - orang kafir dengan firman Nya yakni,“ Bagi kamu balasan atas amal perbuatanmu dan bagiku balasan atas amal perbuatanku.” 

Dalam ayat lain Allah berfirman:

وَلَنَآ اَعْمَالُنَا وَلَكُمْ اَعْمَالُكُمْ

Artinya: "Bagi kami amalan kami, bagi kamu amalan kamu." (al-Baqarah/2: 139)

Tafsir Surat Al Kafirun Ayat 1-6

Tafsir Surat Al Kafirun Ayat 1

Katakan, wahai orang - orang yang hatinya kufur sebab terhijab dari Allah, sampai matahatinya buta, kemudian hanya berpihak hawa nafsu, setan, dunia, serta seluruh perihal selain Allah.

Tafsir Surat Al Kafirun Ayat 2

Aku tidak menyembahmu, sebab yang kalian sembah bukanlah Tuhan. Namun khayalan mengenai Tuhan, atas nama Tuhan, alhasil jadi berhala- berhala kegelapan. Aku ialah Qalbu yang kemilau Cahaya Nya, tidak ingin memihak gairah nafsumu pada kegelapan.

Tafsir Surat Al Kafirun Ayat 3

Kalian juga tidak bakal sempat menuhankan apa yang aku sembah, sebab bila dirimu memasuki Cahaya Nya, bakal dibakar dalam siksa hijab di neraka kegelapanmu. Akulah dilimpahi Cahaya sampai bersambung dengan Nya. Kalian tidak.

Tafsir Surat Al Kafirun Ayat 4

Serta aku tidak memuja dalam perbudakan nafsumu begitu juga perbudakanmu. Tak mungkin saya memuja pada yang sesungguhnya tidak ada. Ilusimu hijab yang memblokir dirimu, sampai bayangan kau sembah selaku kenyataan.

Tafsir Surat Al Kafirun Ayat 5

Kalian dengan seluruh dusta kegelapanmu janganlah pernah mengklaim sudah memuja apa yang aku sembah. Janganlah lihat Cahaya Ku dengan mata gelap tertutupmu.

Tafsir Surat Al Kafirun Ayat 6

Bagimu agamamu yang memperbudak dirimu dalam siksa hijab, dengan kesesatan hawa nafsumu. Serta bagiku agamaku dengan limpahan Cahaya Ridho, Fadhal serta Rahmat Nya, sehingga aku menyembah Nya, Dari Nya, Kepada Nya, Bersama Nya, Bagi Nya. 

Nah, seperti itu artikel ulasan dari islamtwins.com perihal lafadz lakum dinukum waliyadin artinya adalah untukmu agamamu dan untukku agamaku. Demikian artikel tentang salah satu lafadz dalam bahasa Arab yang kerap dipakai dalam percakapan serta mudah- mudahan bermanfaat.

wallahu a'lam bishawab

0 Response to "Lakum Dinukum Waliyadin Artinya Adalah? Toleransi Beragama dalam Urusan Beribadah Kepada Tuhan"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close