-->

Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazan, Doa Agar Terhindar Dari Lilitan Hutang

hpk
tulisan arab Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazan

Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazan merupakan doa supaya selamat dari lilitan hutang. Rasulullah SAW tiap selesai sholat kerap membaca doa ini.

Dalam suatu hadits yang diriwayatkan Abu Dawud, Rasulullah pula sempat mengajarkan doa allahumma inni audzubika minal hammi wal hazan supaya terbebas dari lilitan utang. Doa itu diajarkan pada Abu Umamah, seseorang laki - laki Anshar.

Diceritakan oleh Abu Said al Khudri pada suatu hari, Nabi Muhammad SAW masuk ke dalam masjid. Ternyata di dalam telah ada Abu Umamah yang bersandar sendirian. Rasulullah juga menyapa," Hai Abu Umamah, ada apa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat?"

Kepada Rasulullah, Abu Umamah berterus terang lagi kebingungan sebab tengah terbelit banyak pinjaman. Rasulullah juga mengajarkan pada Abu Umamah suatu doa yang bila dibaca dapat memgobati kebingungan serta dimudahkan dalam melunaskan utang.

Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazan artinya adalah Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari kebingungan dan kesedihan. Berikut tulisan arab allahumma inni audzubika minal hammi wal hazan beserta artinya yang merupakan doa supaya terhindar dari lilitan hutang.

Doa Agar Terhindar Dari Lilitan Hutang

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a'udzu bika minal hammi wal hazan wa a'udzu bika minal 'ajzi wal kasal wa a'udzu bika minal jubni wal bukhl wa a'udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari kebingungan dan kesedihan.Aku berlindung kepadaMu dari ketidak berdayaan dan kemalasan. Aku berlindung kepadaMu dari kepengengecutan dan kekikiran. Aku berlindung kepadaMu dari lilitan hutang dan penindasan orang."

Dalam Hadits Bukhari no 2222, diriwayatkan kalau Siti Aisyah radliallahu anha berkata kalau Rasulullah SAW senantiasa membaca doa terbebas dari utang dalam sholatnya. Ada pun doa itu berbunyi: 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

"Allahumma innii a'uudzu bika minal ma'tsami wal maghram"

Artinya, Ya Allah aku berlindung kepadamu dari berbuat dosa dan terlilit utang.

Seorang sahabat, semacam dituturkan dalam hadits itu, bertanya sebab Rasulullah banyak membaca doa terbebas dari utang. Rasulullah juga menanggapi, " Sesungguhnya seseorang bila tengah berhutang kala ia berbicara biasanya berbohong serta apabila berjanji kerap menyelisihinya ".

Rasulullah pula mengajarkan doa minta perlindungan dari dosa serta doa terbebas dari pinjaman semacam diriwayatkan dalam Hadits Bukhari no 5891. 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْكَسَلِ وَالْهَرَمِ وَالْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ النَّارِ وَعَذَابِ النَّارِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْغِنَى وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْفَقْرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ اللَّهُمَّ اغْسِلْ عَنِّي خَطَايَايَ بِمَاءِ الثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّ قَلْبِي مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَبَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ

Allahhumma Inni A'uudzubika minal kasali wal harami wal ma'tsami wal maghrami wamin fitnatil qabri wa'adzaabil qabri wamin fitnatin naari wa'azaabin naari wamin syarri fitnatil ghaniy wa a'uudzubika minal fitnatil faqri wa a'uudzubika min fitnatil masiihid dajjal,Allahummaghsil 'annii khathaayaya bimaais salji walbaradi wanaqqi qalbi minal khthaayaya kamaa naqqaitats tsaubal abyadi minad danas wabaa'id baini wabainal khathaayaya kamaa baa'adta bainal masyriqi wal maghribi

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, kepikunan, kesalahan dan terlilit hutang, dan dari fitnah kubur serta siksa kubur, dan dari fitnah neraka dan siksa neraka dan dari buruknya fitnah kekayaan dan aku berlindung kepada-Mu dari buruknya fitnah kefakiran serta aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Al Masih Ad Dajjal. Ya Allah, bersihkanlah kesalahan-kesalahanku dengan air salju dan air embun, sucikanlah hatiku dari kotoran-kotoran sebagaimana Engkau menyucikan baju yang putih dari kotoran. Dan jauhkanlah antara diriku dan kesalahan-kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat."

Cara Mengamalkan Doa Allahumma inni audzubika minal hammi

Bacaan Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazan ataupun doa terbebas dari hutang dapat diamalkan sehabis sholat fardu ataupun sunnah.

Doa itu pula dapat dibaca kapan saja saat diperlukan. Bacalah dengan penuh keseriusan serta hati yang ikhlas cuma karena Allah Subhanahu Wa Taala agar Allah mengabulkan permintaan yang kita panjatkan.

Seperti itu ulasan islamtwins.com mengenai Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazan yang artinya " Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari kebingungan dan kesedihan ". 

wallahu a'lam bishawab

0 Response to "Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazan, Doa Agar Terhindar Dari Lilitan Hutang"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close