Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Ruku Sesuai Sunnah Lengkap Beserta Artinya

Bacaan Doa Ruku

Doa ruku ialah suatu bacaan yang dibaca kala tengah melakukan salah satu gerakan salat yaitu ruku. Membungkuk merupakan salah satu bagian dari rukun sholat yang wajib dilakukan dikala mengerjakannya. Dalam melaksanakan gerakan rukuk, maka perlu dicermati pula bacaan doa ruku sesuai sunnah.

Dikutip dari buku Panduan Sholat oleh Nor Hadi, dijelaskan kalau ulama sudah sepakat kalau rukuk merupakan salah satu rukun sholat sesuai dengan firman Allah SWT:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱرْكَعُوا۟ وَٱسْجُدُوا۟ وَٱعْبُدُوا۟ رَبَّكُمْ وَٱفْعَلُوا۟ ٱلْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Yā ayyuhallażīna āmanurka'ụ wasjudụ wa'budụ rabbakum waf'alul-khaira la'allakum tufliḥụn

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, rukuklah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan." (QS. Al Hajj : 77)

Secara arti, ruku ialah gerakan salat yang biasa dilakukan saat sebelum melakukan gerakan sujud. Posisi ruku yakni menundukkan tubuh dengan tangan memegang bagian lutut sehingga bagian punggung sejajar dengan bagian leher.

Dikala posisi ruku ini, seorang mukmin wajib membacakan doa ruku. Doa ruku sendiri sesungguhnya lumayan pendek sehingga mudah buat dihafalkan. Selanjutnya ini merupakan sederet bacaan doa ruku yang sudah dihimpun dari bermacam sumber.

Bacaan Doa Ruku Sesuai Sunnah

Ruku ialah salah satu gerakan salat yang tidak bisa buat ditinggalkan. Madzhab Syafi’ iy memakai dalil shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari serta Imam Muslim yang berbunyi selaku selanjutnya:

عن أيب هريرة رضي هللا عنه يف قصة املسئ صالته "إن النيب صلى هللا عليه وسلم قال له: اركع حىت تطمئن راكعا. رواه البخاري ومسلم

Artinya: Dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu anhu mengenai orang yang salatnya dianggap buruk, bahwa Nabi SAW besabda kepadanya: kemudian ruku’lah hingga Thuma’ninah dalam keadaan ruku’. (HR. Bukhari & Muslim)

Sedemikan berartinya ruku sampai Nabi SAW menghimbau supaya ruku dilakukan dengan tu’ maninah. Buat itu, ikuti bacaan doa ruku berikut ini.

سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ

Subhaana robbiyal 'adziimi wabihamdih (sebanyak 3 kali.)

Artinya: "Maha suci Tuhan yang Maha Agung serta memujilah aku kepada-Nya."

Apakah bacaan ruku harus 3 kali? Ketika ruku, kamu diwajibkan buat membaca doa di atas sebanyak 3 kali sebelum kemudian melakukan gerakan i’ tidal. Bacaan doa ruku di atas lumayan pendek sehingga mudah dihafal.

وعن عقبة بن عامر رضي هللا عنه قال: قال: فكان رسول هللا صلى
هللا عليه وسلم إذا ركع قال سبحان ريب العظيم وحبمده ثالاث، وإذا
سجد قال سبحان ريب األعلى وحبمده ثالاث. قال أبو داود: وخناف أن ال تكون هذه لزايدة حمفوظة ويف رواهتا جمهول

Artinya: Dari sahabat Uqbah Bin Amir Radhiyallahu anha berkata: Nabi SAW ketika shalat pada ruku membaca: Subhana Robbiyal adzimi wabihamdih. 3 kali. Dan ketika sujud: Subhana Robbiyal A’la wabihamdih 3 kali. (HR. Abu Dawud)

Cara Rukuk Sesuai Sunnah

Doa Ruku Sesuai Sunnah

Secara biasa, rukuk dilakukan dengan cara menundukkan tubuh dan menaruh kedua tangan di atas lutut. Rukuk juga wajib dilakukan secara tumaninah.

Rasulullah SAW mempraktikkan rukuk dengan tubuh dibungkukkan hingga tulang belakang datar dengan kepala. Tidak hanya itu, Rasulullah SAW menaruh kedua telapak tangannya pada kedua lutut.

Ada pula posisi jari jemari direnggangkan sambil mencengkeram lutut serta merenggangkan lengan dari rusuk. Dalam suatu riwayat dituturkan bahwa: 

"Bila Rasulullah SAW rukuk, beliau tidak meninggikan kepalanya dan tidak pula merendahkannya." (HR Muslim)

Dalam riwayat lain pun disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sholat seseorang tidak sah jika ia tidak meluruskan punggungnya ketika mengerjakan rukuk atau sujud." (HR Abu Dawud)

Demikian informasi mengenai bacaan doa ruku sesuai sunnah yang dapat islamtwins.com sampaikan. Semoga informasi yang disajikan dalam artikel ini dapat berguna bagi anda dalam mengerjakan amalan ibadah salat.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Ruku Sesuai Sunnah Lengkap Beserta Artinya"